Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Ini Tiga Tips Perbaiki Kualitas Jam Tidur

waktu baca 2 menit
Ini Tiga Tips Perbaiki Kualitas Jam Tidur. (Foto: iStock)

Perbaiki Kualitas Tidur, ragam sulawesitoday Umumnya, manusia dengan bentang umur 18-40 tahun memerlukan waktu tidur tujuh sampai delapan jam tiap hari.

Waktu tidur yang cukup ini banyak memiliki faedah, seperti perkuat mekanisme ketahanan tubuh, sampai tingkatkan fokus dan ingatan.

Walau demikian, beberapa dari kita yang kesusahan atau abai dalam mengelola waktu tidur karena beragam argumen. Walau sebenarnya, kegiatan ini sebagai sisi penting dari gaya hidup sehat yang perlu tercukupi.

Untuk menangani permasalahan itu, berikut sejumlah panduan yang dapat kita coba untuk membenahi kualitas jam tidur.

 

  1. Tetapkan Waktu Tidur Secara Teratur

Pertama kali yang dapat dilakukan ialah tentukan waktu tidur. Misalnya, kita mengelola waktu tidur pada pukul 10 malam di hari awal. Karena itu, pada hari selanjutnya coba latih kita untuk kembali tidur di jam yang serupa.

Kerjakan hal itu secara konsisten. Dengan demikian, badan kita nanti akan automatis membuat transisi tidur dalam tubuh. Hingga tiap jam 10 malam, kita akan berasa mengantuk dan tertidur.

Supaya panduan ini sukses, coba jauhi hal yang membuat kita susah tidur, seperti mematikan smartphone, netbook, atau game video. Selanjutnya buat badan kita santai sampai tertidur.

 

  1. Buat Tempat Tidur Yang Nyaman

Mengatur tempat tidur atau kamar dengan senyaman mungkin. Kita dapat mengatur status bantal dan membereskannya Juga bisa dengan menurunkan lampu kamar, menambah penyejuk ruang, dan alunan musik untuk membuat situasi yang tenang. Tetapi, itu semua bergantung perasaan nyaman semasing.

 

  1. Olahraga Teratur

Bila dua langkah di atas belum dapat membantu dalam membenahi kualitas tidur, coba dengan berolahraga secara teratur.

Kita dapat lakukan joging pada pagi hari atau olahraga yang lain yang membuat badan menjadi lebih sehat.

Bahkan juga, menurut riset yang sudah dilakukan Northwestern University, beberapa orang dengan insomnia yang lakukan olahraga aerobik dengan teratur disampaikan alami kenaikan kualitas tidur dan akui tidak gampang capek pada siang hari. (WS)

Selain artikel Ini Tiga Tips Perbaiki Kualitas Jam Tidur, baca juga:Empat Tips Simpel Menjaga Kesehatan Mental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *