Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Ini Makanan Unik Sulawesi Tengah Populer di Kota Palu

waktu baca 9 menit
makanan unik Sulawesi Tengah populer di Kota Palu (Foto: Illustrasi)

Sulawesitoday.com – Mempunyai makanan yang unik dengan cita-rasa asam dan pedas jadi rasa yang sangat menguasai di Sulawesi tengah. Gak boleh akui pencinta kulineran pedas apabila belum coba makanan ciri khas dari propinsi ini. Ini makanan unik Sulawesi Tengah populer di Kota Palu.

Sulawesi tengah atau bisa lebih diketahui berikut nama Sulteng adalah satu propinsi yang ada di dalam tengah pulau Sulawesi yang masuk area Waktu Indonesia tengah atau yang dipersingkat WITA. Sulawesi tengah punya Ibu-kota yang memiliki nama Kota Palu. Di Sulawesi tengah sendiri miliki sangat banyak tempat liburan namun juga liburan kulineran.

Tamasya kulineran di wilayah ini pun tak kalah dari makanan dari beberapa daerah lain. Beberapa ciri makanan ciri khas yang datang dari Sulawesi tengah memprioritaskan rasa pedas dan asam. Oleh karena itu tidak aneh bila rerata masakan ciri khas yang datang dari propinsi yang beribukota di Kota Palu ini punya rasa asam dan pedas yang lebih menguasai.

Terdapat sejumlah makanan unik dari propinsi ini yang udah termashyur di kelompok liburan kulineran di Indonesia. Katakan saja seperti Kaledo, satu diantaranya makanan sebagai keunikan Kota Palu. Ada sekian banyak makanan yang kemungkinan belum kedapatan oleh orang di luar Pulau Sulawesi, juga ada yang punya kemiripan dengan makanan di lain tempat.

Daftar Isi makanan unik Sulawesi Tengah populer di Kota Palu

Kaledo sebagai makanan ciri khas berasal dari Kota Palu. Makanan ini berwujud sup kaldu yang dibikin gunakan daging sapi dan tulang sumsum. Dengan secara pemrosesan yang direbus dalam waktu lama maka dari itu hasilkan daging yang halus dengan kaldu yang kental.

Metode rebusnya pun termasuk unik. Di mana sewaktu air yang dipakai mulai menyusut dapat ditambahkan lagi sampai tulang sumsum atau daging sapi yang dipakai menjadi bahan penting sudah memulai terkelupas. Saat daging telah terkelupas baru input bumbu yang lain buat memperkokoh rasa daging sapi serta tulang sumsum itu.

Uda dada atau dalam Bahasa Indonesia bermakna kuah santan adalah makanan yang menjajakan kuah santan dengan wewangian ciri khas. Makanan ini rata-rata dibikin memanfaatkan ayam daerah atau ikan cakalang. Tapi, rata-rata tempat makan di Sulawesi tengah cuma tawarkan 1 menu saja dari 2 opsi di antara uta dada ayam daerah atau uta dada ikan cakalang.

Kuah santan yang punya wewangian unik ini menjajakan rasa santan yang pedas dan sedikit asam. Rasa yang telah menjadi ciri-ciri khusus buat beberapa penduduk di propinsi yang bertempat di salah satunya pulau paling besar di Indonesia itu.

Palumara sebagai salah satunya makanan ciri khas dari Kota Palu. Dari namanya sendiri diambil dari gestur orang yang selesai konsumsi makanan ini. Di mana mereka dapat tampak mirip orang yang tengah emosi. Ini dipicu rasa pedas yang disediakan oleh palumara yang termasuk benar-benar pedas. Kecuali rasa pedas palumara pun ambil rasa asam buat berpaduan dengan rasa pedas.

Palumara dibikin memakai material dasar ikan sebagai uniknya Kota Palu yakni ikan duet atau penja. Ini yang bikin ada nama palu di muka nama masakan yang ini. Untuk kamu penggemar masakan pedas, tidak ada kelirunya coba palumara salah satunya masakan ciri khas dari Kota Palu ini.

Dari namanya akan membuat banyak pembaca ingat dengan satu diantaranya masakan yang memiliki nama tidak jauh berbeda yakni uta dada. Ke-2  makanan ini termasuk serupa sebab gunakan santan jadi satu diantaranya bahan pentingnya. Tersebut mengapa membikin ke-2  makanan ini punya langkah penyampaian yang hampir mendekati, tapi bahan dalam ke-2  makanan ini tidak sama.

Uta kelo atau yang mempunyai makna sayur daun kelor atau merunggai dibikin lewat cara disantan lalu saran beberapa potongan ikan, dan potongan pisang kepok menjadi pendampingnya. Rasa yang disuguhkan termasuk unik hingga membuat beberapa pelancong yang cobanya berasa kurang senang kalau cuman habiskan 1 jatah saja.

Makanan unik seterusnya ialah lalampa, punyai wujud seperti lemper. Tetapi, isi pada lalampa selisih jauh dari lemper. Lalampa merupakan makanan yang berisi beras ketan, santan, beberapa bumbu unik, dan ikan cakalang sebagai bahan penting dari makanan ini. Seluruh bahan itu dikemas ke dalam daun pisang sampai berupa lonjong lalu dibakar.

Ini makanan unik Sulawesi Tengah populer di Kota Palu, baca juga: Ini Puluhan Makanan Khas Sulawesi Tengah untuk Jadi Referensi Anda

Teknik masak lalampa yakni dengan dibakar. Seusai dikemas memakai daun pisang selanjutnya akan dibakar. Makanan ini miliki wewangian unik dari ikan cakalang yang jadi salah satunya berbahan. Rasa yang dibuat lantas tidak serupa dengan makanan yang diolah lewat langkah dikukus.

Satu kembali makanan yang tawarkan rasa pedas dan asam. Makanan itu yang memiliki nama onyop. Onyop adalah makanan yang bersifat bubuk dari sagu yang dihidangkan bersama belimbing asam dan lemon jeruk. Rata-rata onyop bakal dimakan gunakan kuah asam ikan maka hasilkan rasa yang berbaur di antara asam serta pedas.

Buat langkah masaknya diawali dari sagu yang diuleni lantas dikukus. Banyak yang omong kulineran ciri khas yang berikut serupa dengan papeda. Maka dari itu dapat disebut onyop merupakan papedanya Sulawesi tengah karena mempunyai kecocokan ialah sagu menjadi material dasarnya.

Seterusnya ada makanan semacam sambal. Barangkali beberapa orang bakal merasa makan ini ialah sambal teri atau sambal goreng. Memanglah sedikit terdapat keserupaan pada dwi sale dan sambal teri atau sambal goreng, adalah sama ambil ikan teri menjadi bahan tambahan untuk tawarkan rasa pedas yang tidak sama. Tetapi, ke-2  makanan ini sebetulnya tidak serupa.

Duet sale adalah makanan asal dari Kota Palu. Makanan ini dibikin dari ikan teri yang telah dikeringkan lalu diolah dengan cabe merah, tomat, serta bawang merah. Rasa yang dijajakan yakni pedas yang menakjubkan berasa, jadi untuk kamu yang menggemari makanan pedas terutama sambal coba buat ada ke Sulawesi tengah serta nikmati dwi sale.

Milu siram adalah makanan sejenis kuah dari jagung yang menjadi salah satunya makanan unik berasal dari Sulawesi tengah. Makanan ini dibikin dari jagung muda yang oleh warga di tempat disebutkan binte biluhuta. Bukan sekedar jagung tapi ada sekian banyak bahan yang lain yang dapat dijumpai di milu siram yakni toping ikan atau udang.

Antiknya makanan yang satu berikut mempunyai beberapa model rasa buat banyak penikmatnya. Rasa yang disediakan merupakan pedas, manis, serta asin . Maka untuk kamu yang ingin cobanya dapat sesuaikan dengan rasa yang kamu senang.

Tinutuan punya kecocokan dengan bubur manado, akan tetapi bubur yang berikut mempunyai kandungan sayur yang semakin banyak ketimbang dengan bubur manado. Oleh maka itu, tinutuan sebagai rujukan makanan untuk kamu yang kurang senang dengan sayur.

Dengan sejumlah sayur yang dibuat jadi bubur bikin tinutuan jadi kaya faedah. Dengan konsumsi makanan yang berikut saat pagi hari untuk makan pagi dapat meningkatkan tenaga orang yang mengonsumsinya. Lantaran itu tinutuan biasa dikonsumsi pada pagi hari jadi substitusi bubur serta nasi.

Seterusnya merupakan makanan yang umum dikonsumsi jadi makanan ringan atau cemilan. Makanan ini namanya labia dange atau dapat juga di kenal bernama sagu dange. Masalah ini sebab material dasar dari makanan ini dibikin gunakan sagu.

Langkah pembikinan labia dange atau sagu dange dengan mengolah sagu memakai wajan yang dipanaskan dengan tungku dari tanah liat. Dengan langkah pemrosesan yang simpel ini bikin rasa yang dibuat juga unik di lidah. Umumnya labia dange atau sagu dange dikonsumsi bersama ikan atau gula merah.

Satu kembali makanan ciri khas dari Sulawesi tengah berbahan dasar sagu. Makanan yang memiliki nama kapurung ini punyai cita-rasa yang renyah. Sagu yang dikombinasikan dengan kaldu ikan, sayur, buah mangga, dan daging udang ini akan membikin bermacam rasa di lidah. Bukan hanya renyah tetapi rasa pedas dari kaldu ikan dan asam dari mangga dapat bikin beberapa rasa di lidah.

Mulanya sagu akan diolah terlebih dulu. Lantas bakal disiram kaldu ikan, dan memasukkan sayur, buah mangga, dan paling akhir merupakan daging udang. Imbuhkan cabe buat kamu yang menyenangi makanan pedas.

Makanan unik selanjutnya yakni kue yang namanya kue buroncong. Kue ini ialah snack atau makanan ringan yang terkenal di Kota Palu. Material dasar pembikinan kue buroncong yaitu santan, gula, telur ayam, serta kelapa muda.

Untuk cara membuat kue buroncong diawali dengan memanasi santan, lalu input gula, telur ayam, dan kelapa parut setelah itu aduk sampai rata. Sesudah itu tinggal saran adonan ke cetakan lalu input ke dalam oven dan nantikan sampai masak.

Seterusnya ada kue paranggi yang umum diketahui bernama bolu gula. Berbahan dasar adalah gula merah bikin manis dari kue paranggi begitu terasa di lidah. Kue ini masuk ke daftar kue yang perlu dicoba kalau kamu liburan ke Sulteng.

Cara membuat kue ini diawali dengan mengiris tipis gula merah, setelah itu input telur yang udah dikocak, baking soda, gula pasir, serta terigu lalu aduk sampai rata. Sehabis telah tercampur rata input ke cetakan dan kukus sampai masak.

Nasi jagung adalah makanan primer alternatif nasi asal dari suku kaili sebagai suku berasal dari Sulteng. Nasi jagung umumnya dikonsumsi dengan uta kelo yang disebut salah satunya makanan unik dari Sulteng juga.

Teknik pembikinannya dengan memendam jagung, beras, dan garam di pada air. Lantas saran paduan itu ke dalam panci yang berisi air yang telah dipanaskan. Tinggal nantikan nasi itu masak dan siap di makan.

Bukan hanya ganda sale saja sebagai makanan semacam sambal sebagai ciri-ciri Propinsi yang beribukota di Kota Palu itu.  Ada sambal ikan roa yang tersohor dengan cita-rasa pedasnya.

Makanan yang miliki material dasar ikan roa sama dengan namanya ini punyai gabungan di antara ikan roa, bawang merah, tomat, cabai rawit, gula, dan garam ini akan berasa tidak sama dengan sambal secara umum. Ikan roa yang telah dibikin bersih lalu digabung berbahan yang lain dan dilembutkan hingga sampai sama rata. Di saat telah sama rata sambal ikan roa siap dilahap.

Sulawesi tengah memang tidak begitu tenar masalah soal tamasya kulineran. Tapi, hal demikian tidak bermakna tak ada makanan ciri khas yang nikmat buat di makan di Propinsi dari Ibu-kota Palu itu.  Faktanya beberapa makanan di atas udah sukses memancing ketertarikan dari banyak pelancong sewaktu ada liburan ke Sulteng, walaupun beberapa model bisa pula dijumpai di propinsi yang lain di Pulau Sulawesi.

Ini makanan unik Sulawesi Tengah populer di Kota Palu, Baca juga: Ciri Khas Papeda Kuliner Asal Papua

Rekomendasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.