Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Ini Langkah Dinkes Kota Palu Cegah Kasus Keracunan Pangan

waktu baca 2 menit
Foto: Illustrasi. Ini Langkah Dinkes Kota Palu Cegah Kasus Keracunan Pangan.

Berita kota palu, sulawesitoday — Dinkes Kota Palu, Provinsi Sulteng, lakukan beberapa langkah kongkrit cegah kasus keracunan pangan.

“Ada tim ditugaskan tim melakukan pemeriksaan tempat dan proses pengolahan hingga uji sampel bahan makanan,” ungkap Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan Dinkes Kota Palu, Rochmat Jasin, di Kota Palu, Kamis, 6 januari 2022.

Penugasan tim pencegahan kasus keracunan pangan di Kota Palu kata dia, guna memastikan tidak ada penggunaan bahan-bahan kimia agar aman dikonsumsi masyarakat.

Baca juga: Ciri Khas Papeda Kuliner Asal Papua

Tidak lain pelaku Upaya Mikro Kecil serta Menengah( UMKM), spesialnya mereka yang menjajakan kuliner, pula dicoba kontrol oleh aparat kesehatan bertugas serupa dengan Balai Pengawasan Obat serta Santapan( BPOM).

“Tahun 2021 luang terjalin KLB di Palu dampak keracunan santapan. Kita bersama BPOM sudah melaksanakan percobaan ilustrasi,” sebut Rochmat.

Baca juga: Website DPMPTSP Parimo Resmi Diluncurkan

Walaupun permasalahan semacam ini sedikit di ibu kota Sulteng, tuturnya, tetapi usaha penangkalan senantiasa wajib dicoba, sebab kemampuan KLB keracunan pangan bila saja dapat terjalin bila penyajian santapan ataupun penjamu lupa dalam cara pengerjaan.

“Sebab pemicu tidak cuma diakibatkan materi kimia, bibit penyakit pula dapat membawa dampak. Hal santapan harus higenis, tujuannya buat menjauhi keracunan, sedemikian itu juga jajanan- jajanan yang lain, kebersihan wajib diprioritaskan,” tutur Rochmat.

Baca juga: Pacar Korban, Pelaku Pembunuhan Mahasiswi IAIN Palu

Untuk memaksimalkan pengawasan, Dinkes Palu mengaitkan Puskesmas turut menolong, supaya hidangan di konsumsi warga aman kebersihan serta membagikan akibat khasiat kepada badan.

Selain penugasan tim pencegahan kasus keracunan pangan, Dinkes Kota Palu juga menegaskan penjaminan santapan ataupun perhotelan serta restoran supaya senantiasa mencermati kehigenisan tempat pengerjaan materi santapan.

Baca juga: Kamera Tilang Elektronik Kota Palu: Diharapkan Warga Taat Hukum

“Kehigenisan itu berarti dicermati, janganlah hingga dapur pengerjaan beradu dengan materi- materi kimia yang malah bisa mengusik kesehatan untuk pelanggan,” ucapnya.

Ia menambahkan, berartinya pengerjaan materi santapan yang higenis buat menjauhi kemampuan terbentuknya permasalahan dampak keracunan pangan yang akibat terburuknya dapat dapat berakhir kematian bila tidak ditangani dengan cara sungguh- sungguh. (**)

Baca juga: Tim Stunting Parimo Raih Penghargaan Inovatif se-Sulteng

Leave a Reply

Your email address will not be published.