Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Ini Inovasi Layanan Publik Kemenkumham Selama 2021

waktu baca 2 menit
Foto: Menkumham Yasonna Laoly. Ini Inovasi Layanan Publik Kemenkumham Selama 2021.

Sulawesitoday — Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia selama tahun 2021 ini sudah melahirkan banyak inovasi layanan publik Kemenkumham yang positif ataupun administrasi perkantoran, guna tingkatkan kemampuan yang berakibat pada pulihnya ekonomi selaku akibat dari wabah covid19.

“Tujuan kita melakukan transformasi digital adalah untuk merespon secara cepat situasi yang muncul sebagai dampak Covid19 ini, salah satunya adalah kondisi menurunnya tingkat perekonomian masyarakat,” kata Yasonna dalam kegiatan Refleksi Akhir Tahun 2021 Kemenkumham, di Jakarta, Rabu 29 Desember 2021.

Inovasi layanan publik Kemenkumham dengan membuat kebijaksanaan penyekatan warga negara asing yang masuk ke Indonesia. Hal itu berfungsi untuk kontrol wabah Covid19.

Baca juga: Puluhan Ribu Pecandu Narkoba Direhabilitasi Selama 2021

Dan kebijaksanaan pemberian perpaduan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) buat kurangi kepadatan hunian lembaga pemasyarakatan.

Sebagian dari inovasi layanan publik Kemenkumham itu kesimpulannya mendapat apresiasi.

Apresiasi terhadap inovasi layanan publik Kemenkumham diantaranya terbaik Digital Awards 2021 atas Inovasi Layanan Kekayaan Intelektual serta Layanan Sosialisasi, terbaik 99 Inovasi Layanan masyarakat Aplikasi VERASI, terbaik 45 Apresiasi perlombaan Inovasi Jasa masyarakat (KIPP) atas Layanan SIPKUMHAM dari Kementerian PAN- RB, serta terbaik 25 Inovasi Pos Aduan di 50 Denominasi Gereja di Manokwari.

Tidak hanya itu, tahun 2021 Kemenkumham pula merengkuh opini Wajar Tanpa Dispensasi( WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan( BPK) kali ke- 10 dengan cara beruntun.

Serta mencapai sebutan Role model Pelayanan Publik Ramah Kalangan Rentan Oleh KemenPAN- RB.

“Kemenkumham juga mencapai sebagian apresiasi di tingkat dasar kegiatan ataupun orang,” sebutnya.

Seperti sebutan Area Birokrasi Bersih serta Melayani( WBBM) buat 6 satker serta kawasan Bebas dari Korupsi( WBK) buat 49 satker oleh Departemen PAN- RB, Maksimum Leader on Digital Implementation atas Apresiasi terbaik Digital Awards 2021 di Aspek Teknologi Digital( IT& Telco) Jenis Lembaga Penguasa, apresiasi KPK pada Kemenkumham atas peliputan serta pengaturan gratifikasi.

Kemudian, sebutan” sungguh Baik” pada aplikasi Sistem Merit dari Komisi Aparatur Sipil Negara, serta Tingkatan I Jenis Kementerian atau Badan Pengelola Jabatan Fungsional Kesehatan Terbaik dalam Aktifitas Pemberian Apresiasi JFK Awards Jenjang Nasional Tahun 2021 oleh Kementerian Kesehatan. (**)

Baca juga: Ratusan Peserta Ikut Seleksi CPNS Hari Pertama Kanwil Kemenkumham Sulteng

Leave a Reply

Your email address will not be published.