Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Ini 10 Tempat Wisata Bisa Dikunjungi di Aceh

waktu baca 4 menit

Tempat Wisata di Aceh, ragam sulawesitoday Aceh ialah propinsi di ujung Pulau Sumatera yang mempunyai bermacam tempat wisata, dimulai dari wisata bahari sampai wisata alam.

Keelokan alam yang mempesona membuat bermacam tempat wisata di Aceh seharusnya tidak dilewati, terlebih bila kamu sedang bertandang ke situ.

 

  1. Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar ini ada di atas Daratan Tinggi Kabupaten Gayo, dan bisa dilakukan perjalanan sekitar tujuh jam lamanya dari Banda Aceh.

Saat menuju ke danau yang dikelilingi bukit ini, pengunjung bisa sewa kapal kecil untuk berlayar ke tengah danau. Pemandangan yang cantik membuat tempat wisata Aceh ini sayang untuk dilewati.

 

  1. Goa Sarang

Goa Sarang ini berada di Pulau Weh, Kabupaten Aceh Besar. Objek wisata ini sampai disebut Goa Sarang, karena banyaknya ditemukan burung walet bersarang di sini.

Jika disaksikan, mulut Goa ini langsung menghadap ke laut. Maka dari itu, bila cuaca sedang ceria, sahabat yang melancong kesini bisa menyaksikannya.

Panorama matahari tenggelam (sunset) di Goa Sarang jadikan daya magnet di tempat wisata Aceh ini demikian sayang untuk dilewati.

 

  1. Pelabuhan Pantai Menye

Danau Laut Tawar tawarkan lokasi-lokasi wisata, satu diantaranya ialah pelabuhan kayu di Pantai Menye.

Bentuk pelabuhan ini serupa sandaran perahu yang dibuat di pinggir Danau Laut Tawar, Takengon, Kabupaten Aceh Tengah.

Untuk mencapai tempat wisata Aceh ini, pengunjung dapat memakai kendaraan beroda 2 dan beroda 4.

 

  1. Buntul Rintis

Objek wisata Buntul Rintis berada di Dusun Tensaren, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh tengah.

Objek wisata ini berbentuk bukit-bukit yang mempunyai beberapa sarana. Jika berkunjung di sana sahabat bisa mendapati spot foto dengan beragam ide.

Kemudian, ada juga beberapa spot favorite, seperti sepeda gantung, replika kincir angin besar, dan spot kupu-kupu.

 

  1. Air Terjun Blang Kolam

Objek wisata Air Terjun Blang Kolam bisa ditemui di tengah rimba di Dusun Sido Muliyo, Nisam Di antara. Letaknya bisa di kata terpencil. Tapi bagi sahabat diharap tidak perlu cemas.

Walau demikian, sarana di tempat wisata Air Terjun Blang Kolam Aceh ini cukup komplet. Sahabat berkunjung ke situ tetap dapat menemui Warung milik Masyarakat di tempat.

 

  1. Pucok Krueng

Pucok Krueng ialah tempat wisata berbentuk goa dengan kolam warna biru. Likasi wisata satu ini berada di Dusun Mon Ikeun, Kabupaten Aceh Besar.

Akses ke arah objek wisata ini agak sedikit sulit susah. Karena, sahabat ingin berkunjung dan untuk tiba harus melalui lajur curam yang belum diaspal di sekitaran perkebunan Masyarakat. Namun, setiba di sana capek yang dirasakan terbayar dengan suasananya yang indah.

 

  1. Pulau Keluang

Secara geografis, Lokasi Pulau Keluang berada di Kecamatan Jaya, atau sekitar 78 km dari Banda Aceh.

Pulau Keluang menjadi satu diantara tempat wisata yang wajib dikunjungi di Aceh. Untuk toba di pulau itu, sahabat hanya bisa melalui akses laut dengan menyewa kapal milik Masyarakat tempat.

 

  1. Air Terjun Silelangit

Uniknya Objek wisata Air Terjun Silelangit ini bertingkat lalu dikitari Pepohonan. Lokasinya berada di Daerah Singgersing, Kecamatan Sulat Daulat, Kota Subulussalam.

Mengutip situs Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Propinsi Aceh, Air Terjun Silelangit bisa dijangkau memakai perahu sama waktu menempuh sekitaran satu jam dari Singgersing.

 

  1. Tugu Nol Kilo Meter

Posisi Tugu kilo meter nol berada tepat di Kota Sabang, Aceh. Bangunan ikonic dengan tinggi 22,5 mtr, meniru senjata tradisional Aceh, yaitu rencong. Nah, di sini juga sahabat bisa menikmati suasananya.

Ketika berada di sini, sahabat dapat menyaksikan panorama lautan dari ketinggian. Uniknya lagi, ketika usai berkunjung di tempat ini, biasanya sahabat bisa menerima sertifikat dari pihak Dinas Pariwisata, Kota Sabang, sebagai tanda pernah berkunjung.

 

  1. Museum Tsunami

Yang terakhir dapat dikunjungi yaitu Museum Tsunami Aceh, sebagai salah satunya tempat wisata di Aceh.

Museum ini sebagai monumen untuk mengenang kembali musibah gempa bumi dan tsunami yang menerjang Aceh pada tahun 2004 silam.

Bangunan yang berada di Banda Aceh ini, banyak menyimpan benda yang kemudian menggambarkan dahsyatnya dua musibah itu. Di Museum ini, sekrang telah jadi pusat pengajaran dan penyelamatan bila sewaktu – waktu terjadi musibah Tsunam. (WS)

Selain artikel Ini 10 Tempat Wisata Bisa Dikunjungi di Aceh, baca juga:10 Tempat Wisata di Yogyakarta  Hits dan Kekinian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *