Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Indonesia Kutuk Aksi Bakar Al-Quran di Swedia

waktu baca 2 menit
Indonesia Kutuk Aksi Bakar Al-Quran di Swedia, (Foto: Reuters)

Indonesia kutuk aksi bakar Al-Quran di Swedia, berita sulawesitoday – Indonesia lewat Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) kutuk keras aksi pembakaran Alquran yang sudah dilakukan politisi Swedia Rasmus Paludan di Stockholm, Sabtu 21 Januari 2023.

Aksi pembakaran Paludan, dilaksanakan saat demo melawan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, yang minta Swedia tidak lagi membuat perlindungan aktivis Kurdi di negaranya.

Keinginan itu dikatakan Erdogan sebagai salah satunya persyaratan bila Swedia ingin memperoleh restu Turki masuk Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

“Indonesia menyumpah keras aksi pembakaran kitab suci Al-Qur’an oleh Rasmus Paludan, politikus Swedia, di Stockholm 21 Januari 2023,” catat Kemenlu di akun Twitter pada Minggu 22 Januari 2023.

Kemenlu menyebutkan aksi penistaan kitab suci ini sudah mencederai dan mencemari toleran umat beragama.

Kemenlu menggarisbawahi kebebasan berekspresif harus dilaksanakan secara bertanggungjawab.

Awalnya, aksi pembakaran salinan Alquran dalam demonstrasi itu dilaksanakan Rasmus Paludan, warga Denmark pimpinan partai politik sayap kanan, Hard Line.

Paludan yang berwarganegara Swedia itu dijumpai dalam beberapa aksi demonya di masa lampau seringkali lakukan pembakaran Alquran.

Tidak ada pengakuan langsung dari Paludan, namun pada pernyataan ijin demonstrasi ke kepolisian Swedia, Paludan mengeklaim protesnya dilaksanakan melawan usaha Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk memengaruhi kebebasan berekspresif di negara tersebut.

Menyikapi peristiwa ini, Menteri Luar Negeri Swedia Tobias Billström menjelaskan hasutan Islamofobia benar-benar menakutkan.

“Swedia mempunyai kebebasan berekspresif yang luas, tapi itu tak berarti jika Pemerintahan Swedia, atau saya sendiri, memberikan dukungan opini yang diutarakan,” kata Billstrom lewat account Twitter-nya.

Sementara itu, di Istanbul, Turki, beberapa ratus pengunjuk rasa membakar bendera Swedia di depan konsulat negara itu sebagai tanggapan pembakaran salinan Alquran di Stockholm itu. (rhmn)

Selain berita Indonesia kutuk aksi bakar Al-Quran di Swedia, simak juga: Aksi Bakar Al-Quran di Swedia, Perdana Menteri Sebut Sangat Tidak Sopan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *