Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Indonesia Ekspor Kopi Ratusan Ton ke Mesir

waktu baca 2 menit
Foto: Illustrasi kopi.

Ekonomi, sulawesitoday — Indonesia ekspor kopi sebanyak 120 ton ke Mesir. Di tahun 2021, pengiriman terakhir pada 23 Desember 2021 di Bandar Lampung.

Niat Indonesia ekspor kopi hendak terus dicoba secara regular di tahun 2022. MoU yang sudah ditandatangani PPI dengan pihak Mesir pada event Trade Expo Indonesia Digital Edition 2021.

PPI bersama buyer sudah menandatangani kontrak terkait Indonesia ekspor kopi ke Mesir sebanyak 600 ton terhitung mulai bulan September sampai Desember 2021 setara dengan USD 1.200.000.

Baca juga: Kasus Korupsi Mafia Pelabuhan Tanjung Priok Mulai Diselidiki

Direktur Utama PPI, Nina Sulistyowati mengatakan kalau ekspor kopi ini dicoba dengan kerja sama dengan petani lokal yang bertujuan buat mendesak perkembangan ekonomi nasional.

Tidak hanya itu, ekspor dicoba buat mengekspos kemampuan komoditi Indonesia buat penuhi permintan kopi di luar negara. Pada periode September-Desember 2021, PPI mengambil tipe kopi robusta dari Lampung serta Sumatera Selatan.

“Kopi itu mempunyai cita rasa unik yang dipengaruhi oleh metode pengolahannya serta kekhasan hawa wilayah,” ucap Nina.

Kedepannya, PPI dalam end state selaku supply chain ekosistem pangan, hendak berperan selaku ekspor gateway.

“Kami hendak senantiasa memandang potensi- potensi komoditas yang dipunyai Indonesia serta paling utama bawa produk klaster pangan ke pasar internasional. Kami pula sudah melaksanakan pembicaraan terhadap sebagian negeri yang mempunyai atensi lumayan besar kepada kopi Indonesia,” lanjutnya.

Direktur Komersial serta Pengembangan PPI, sekalian selaku Pimpinan Dewan Kopi Nusantara, Andry Tanudjaja menyebut kalau ekspor kopi yang telah berjalan di PPI ini hendak jadi momentum pengembangan ekspor yang terus ditingkatkan di PPI.

Ekspor itu merupakan selaku salah satu stagging pada strategic initiative new PPI pasca- merger dengan BGR.

PPI sendiri mempunyai produk kopi dengan brand Covare yang dihasilkan oleh petani Indonesia dari bermacam wilayah, dengan varian semacam Aceh Gayo, Sumatera Mandailing, Sumatera Toba, Papua Blend, serta Papua Wamena.

Tidak hanya itu pula offtaker segala kopi dari daerah Indonesia yang populer kualitasnya di mancanegara. (**)

Baca juga: Program Pengurangan Risiko Bencana di Donggala Resmi Berjalan

Leave a Reply

Your email address will not be published.