Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Ikuti Tutorial Untuk Mengatasi Troubleshooting Jaringan

waktu baca 3 menit
Ikuti Tutorial Untuk Mengatasi Troubleshooting Jaringan. (Foto: iStock)

Mengatasi Troubleshooting Jaringan, ragam sulawesitoday – Mengatasi troubleshooting jaringan sebagai salah satunya langkah yang sering dipakai saat jaringan Internet memiliki masalah.

Troubleshoot jaringan ialah rangkaian cara untuk meminimalisir potensi-potensi permasalahan satu demi satu sebelumnya terakhir mendapati sumber permasalahan yang terjadi pada computer.

Ada tiga cara khusus saat lakukan troubleshooting jaringan, dimulai dari menutup permasalahan, troubleshooting permasalahan, apabila dibutuhkan mengontak technical dukungan yang akurat.

Lokasi atau tempat pada computer yang dapat ditangani dengan troubleshooting jaringan ialah mekanisme operasi computer, program, processor atau CPU, firewall, hard drive, kompak state drive, dan server.

mengatasi troubleshooting jaringan dapat dilaksanakan dengan beberapa sistem. Walau tidak seluruhnya orang dapat mengatasi hal itu secara berdikari, minimal sahabat dapat ikuti panduan berikut untuk mencoba.

Untuk memperjelasnya, berikut langkah mengatasi troubleshooting jaringan yang dapat sahabat kerjakan secara cermat:

Yakinkan ada Pertanda Seru

Hal pertama kali yang perlu dilaksanakan, yaitu pastikan computer mempunyai pertanda seru warna kuning di bagian sudut kanan sisi bawah computer. Bila ada sisi itu, maknanya computer tidak dapat tersambung dengan akses Internet.

Diambil dari situs Qword, untuk dapat mengatasi permasalahan itu sahabat dapat ikuti panduan berikut ini:

● Masuk menu Kontrol Panel dan tentukan ‘Jaringan atau Network and Share Center’.

● Klik pilihan ‘Change Adapter Setting’ dan klik kanan dalam menu ‘Wireless Network Connection’ dan pilij menu ‘Properties’.

● Selanjutnya klik 2x pada bagian ‘Internet Protocol Version 4′. Nanti, monitor computer tampilkan detil dari IP address dalam computer.

● Kosongkan semua IP address dengan pilih ‘Obtain an IP Address Automatically’ dan klik OK.

● Tunggu sampai IP addrees yang dari DHCP server hotspot ada.

● Perhatikan ikon wireless connection pada sistem tray telah berbeda. Computer bisa dipakai jika pertanda seru warna kuning telah lenyap.

● Ada permasalahan pada WiFi Card Netbook

 

Jika langkah awal gagal, peluang ada persoalan di bagian WiFi Card piranti. Keadaan ini umum terjadi pada hardware yang memiliki masalah. Langkah mengatasi permasalahan itu dapat dilaksanakan dengan beberapa langkah berikut ini:

● Masuk pada menu Piranti Manajer.

● Lalu, ke sisi ‘Network Adapter’ dan klik sisi kanan ‘Hardware WiFi’ pada computer dan klik Uninstal.

● Ketika teridentifikasi mekanisme driver, nanti secara automatis dapat terinstal kembali. Tentukan ‘Scan for Hardware Change’ agar mekanisme bisa teridentifikasi dan lakukan instal ulangi.

● Jika piranti manajer sudah tertutup, pada hotspot Wi-Fi akan balik secara automatis, hingga Internet dapat dipakai secara normal.

● Lakukan Re-start Modem

Kadang berlangsungnya troubleshoot jaringan bisa saja karena ada permasalahan modem eror. Keadaan ini dapat disebabkan karena mekanisme atau hardware. Oleh karena itu lakukan re-start jadi jalan keluar terbaik supaya mekanisme dapat kembali seperti yang lalu.

Sahabat dapat mengawali ulangi modem lewat tombol fisik pada bagian ruter atau lewat program.

 

Lewat Network Troubleshooter

Langkah mengatasi troubleshooting jaringan bisa juga dilaksanakan dengan mengecek Network Troubleshooter pada Windows dan ikuti tutorial di bawah ini.

● Klik kanan pada ikon Wi-Fi pada sudut bawah computer.

● Pilih “Troubleshoot Problems”.

● Tunggu proses “Detecting Problems” sampai usai. Bila ada persoalan, monitor akan tampilkan pertanda seru warna kuning di bagian yang memiliki masalah.

● Selanjutnya, turuti panduannya untuk membenahi. (WS)

Selain artikel Ikuti Tutorial Untuk Mengatasi Troubleshooting Jaringan, baca juga:IMEI Handphone Tidak Terdaftar, Begini Alur Pendaftarannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *