Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Ikuti Tiga Tips Sukses Merintis Bisnis Kuliner

waktu baca 3 menit
Ikuti Tiga Tips Sukses Merintis Bisnis Kuliner. (Foto: iStock)

Tips Sukses Bisnis Kuliner, ragam sulawesitoday Bisnis kuliner sebagai salah satunya usaha yang dinilai tidak pernah redup. Meskipun begitu, masih banyak orang yang belum ketahui seperti apa kunci sukses merintisnya.

Kemungkinan, beberapa dari Sahabat yang berpikiran hal itu terkait dengan tips operasional dan tehnis berkaitan membuat usaha kuliner. Tetapi bukan itu saja, ada banyak kunci sukses yang lain penting diingat.

Pemilik Best Friend Forever Chips (BFF Chips), Nurchaeti, salah satunya bisnis keripik pisang lokal yang telah memasuki pasar luar Negeri, membagi beberapa tips sukses membuat usaha kuliner yang penting diawali dari diri kita.

 

  1. Tidak Terjebak Trend Jangka Pendek

Banyak perintis usaha kuliner yang sekedar ikuti trend dalam mengurus dan meningkatkan produknya sendiri.

Nurchaeti menyebutkan, tetapkan produk yang hendak kita jual dan konsentrasi. Banyak pelaku Usaha Micro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) yang cuma ikuti trend yang waktunya hanya sebentar atau dalam waktu jangka pendek.

Menurut Nurchaeti, hal itu tidak salah dan memang dibolehkan. Tetapi, jika kita ingin membuat bisnis yang settle dan sustainable, Sahabat perlu tentukan produk khusus apa yang ingin dipasarkan.

Janganlah sampai, merek dan produk lari dari konsentrasi awalnya cuma untuk ikuti trend yang sebentar.

 

  1. Konsisten Dalam Pasarkan Produk

Membangun bisnis kuliner membutuhkan konsisten. Bertahan di dalam standar yang serupa semenjak awalnya ialah hal yang penting terus dijaga, bahkan juga diperkembangkan supaya lebih bagus kembali.

Nurchaeti mengungkapkan, jika hari ini kita ingin post content promo di sosial media sekali, ya hal tersebut konsisten dilakukan secara berkelanjutan, ingin produksi dalam jumlah tertentu.

 

  1. Disiplin Jalankan Bisnis

Kata disiplin kemungkinan benar-benar berat untuk yang baru memulai. Tetapi, hal itu yang penting dimasukkan semenjak awalnya, terhitung saat Sahabat membuat sebuah bisnis.

Nurchaeti mengakui, yang sangat sulit Jika berbicara teori, disiplin itu gampang. Disiplin permasalahan keuangan, permasalahan waktu, dan yang lain.

Aplikasikan hal itu ke diri kita dan berikan ke beberapa orang yang turut turut serta dan menolong Sahabat dalam meniti usaha, seperti keluarga dan beberapa karyawan.

Nurchaeti menambah, ketiga hal itu sebagai kunci dasar yang perlu dimiliki seorang pelaku UMKM kuliner. Hal itu cuma bisa diaplikasikan oleh niat dan tekad diri kita.

Jika ingin jadi pebisnis kuliner pemula, mulai dengan memberikan ketiga hal itu pada diri kita lebih dulu. Sedangkan untuk lainnya, itu hanya permasalahan tekhnis, seperti pemasaran dan yang lain.

Menurut Nurchaeti persoalan tehnis itu bisa didalami dan dikerjakan oleh tim, tidak cuma Sahabat sendiri. Kemudian, sebagai seorang pebisnis, meskipun yang mengawali dan mengikutsertakan bagian keluarga saja, kitalah yang menjadi pimpinannya.

Ibarat tubuh, kita ialah kepala, tubuh dan ekornya akan ikuti gerakan kepala. Maka, jika kita sebagai pimpinan saja ogah-ogahan, mereka akan malas juga. Oleh sebab itu, konsep leadership by example penting diaplikasikan dalam membuat usaha, terhitung dalam masalah ini, bisnis kuliner. (WS)

Selain artikel Ikuti Tiga Tips Sukses Merintis Bisnis Kuliner, baca juga:Simak Lima Tips Sukses Jadi Pebisnis di Era Digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *