Parigi Moutong Ingin Jaga Ekosistem Laut Lewat Hutan Bakau

waktu baca 2 menit
Parigi Moutong Ingin Jaga Ekosistem Laut Lewat Hutan Bakau

Hutan bakau Parigi Moutong, berita parigi moutong – Pemerintah daerah (Pemda) Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, mengupayakan peningkatan hutan bakau guna menjaga ekosistem laut di Kawasan Teluk Tomini.

“Panjang garis pantai Parigi Moutong sekitar 472 kilometer. Olehnya, hutan bakau sangat penting sebagai habitat makhluk hidup,” ungkap Kepala Bidang Penaatan dan Penataan Lingkungan Hidup (PPLH) Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Parigi Moutong, Muh Idrus, di Parigi, Senin 31 Oktober 2022.

baca juga: 10 Tips Hidup Hemat Tekan Pengeluaran

Ia mengemukakan, upaya dilakukan pemerintah setempat sebagai bagian dalam melakukan penataan lingkungan hidup pada kawasan pesisir, yang mana 22 kecamatan yang berada di pesisir dari 23 kecamatan di kabupaten itu diberdayakan menanam bakau, sekaligus memperingati momentum bulan cinta laut.

Hutan bakau, kata dia, memberikan perlindungan bagi makhluk hidup khususnya biota laut, sekaligus dapat menjadi tanggul alami sebagai penahan abrasi pantai.

“Hutan bakau juga dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata, lalu dapat juga dimanfaatkan untuk budidaya kepiting merah menggunakan menggunakan teknologi crab ball guna peningkatan ekonomi warga pesisir,” tutur Idrus.

Baca juga: Ungkap Rindu, Anak Binaan LPKA Palu Ciptakan Puisi untuk Sang Ibu

Ia menjelaskan, penanaman bakau dilaksanakan serentak pada 20 November 2022 bersamaan dengan peringatan hari ikan Nasional (Harkanas) di 88 titik yang telah tetapkan pemerintah setempat.

Langkah ini, katanya, sejalan dengan program prioritas Pemda yakni Parimo hijau yang dituangkan dalam perencanaan pembangunan tahun 2023, hutan bakau masuk dalam pengembangan berkelanjutan pada kawasan pesisir.

“Keseimbangan lingkungan penting dilakukan demi kelangsungan makhluk hidup, termasuk manusia yang tinggal didalamnya,” ujar Idrus.

Ia menambahkan, meski kawasan pesisir pantai kabupaten itu bukan kawasan konservasi, namun sudah menjadi kewajiban masyarakat menjaga kelangsungan alam sekitar, supaya tidak menimbulkan dampak berlebihan terhadap ekologi.

“Kami berharap masyarakat merawat dan menjaga kelangsungan bakau untuk diwariskan kepada generasi akan datang,” tutupnya. (rf)

Selain berita Hutan bakau Parigi Moutong, baca juga: Seluruh Wilayah Pesisir Pantai di Parigi Moutong Banjir ROB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *