Hasil FP2 MotoGP Inggris: Fabio Quartararo Catat Waktu Tercepat

waktu baca 4 menit
Foto Istimewa

Berita Olahraga, sulawesitoday sports – Hasil Latihan Bebas (FP2) MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Jumat 5 Agustus 2022 sore. Fabio Quartararo mencatatkan waktu tercepat

Juara Dunia dan pemimpin klasemen sementara MotoGP 2022 itu mencatat waktu putaran 1 menit 58,946 detik. Pembalap, tim Monster Energy Yamaha MotoGP itu hanya unggul 0,154 detik dari Joan Mir (Suzuki Ecstar) di tempat kedua.

Maverick Vinales (Aprilia Racing) berada di urutan ketiga, terpaut 0,177 dari El Diablo. Johann Zarco (Prima Pramac Racing) dan Aleix Espargaro (Aprilia Racing) menempati posisi lima besar di FP2.

Keberhasilan Aprilia menempatkan kedua pebalap di lima besar FP2 bukanlah suatu kebetulan. Untuk sebagian besar sesi kedua, Espargaro berada di urutan kedua dalam klasemen MotoGP dan Vinales terlihat memimpin 2-1 untuk waktu terlama.

Baca: Usai Kena Kasus Doping, Andrea Iannone Kembali Jajal MotoGP?

Suzuki GSX-RR juga tampak menjanjikan di Silverstone setelah Alex Rins mundur dari posisi ketujuh di FP2, tepat di belakang Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing).

Dengan dominasi pebalap Aprilia, Rins mampu bertahan cukup lama di P1, terutama menjelang akhir sesi. Melihat performanya, Rins tidak bisa dipungkiri karena ia mengincar podium ketiga berturut-turut di MotoGP Inggris setelah menang pada 2019 dan kedua pada 2021 pada balapan pada Minggu 7 Agustus 2022.

Enea Bastianini (Gresini Racing), Jack Miller (Ducati Lenovo) dan Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team) berada di 10 besar FP2.

Inovasi Ducati di GP Inggris, terlihat pada motor Bastianini di FP2. Ekor Desmosedici GP21 memiliki beberapa sayap kecil yang sekilas menyerupai tubuh Stegosaurus, salah satu spesies dinosaurus.

Belum di ketahui apa fungsi yang tepat dari sayap-mini yang tampak tidak beraturan ini.

Fabio Quartararo terlihat canggung dengan motornya di awal sesi FP2. Dia tampaknya berusaha mencari posisi yang nyaman untuk bahu kirinya, tidak diketahui apakah ini karena setelan baju balap baru atau apakah dia mengalami cedera.

Hanya lima menit memasuki sesi, rookie Darryn Binder (WithU RNF Yamaha Racing) jatuh di Tikungan 7 di Sirkuit Silverstone. Johann Zarco mengalami kecelakaan serupa di sesi FP1 di venue yang sama, Stowe.

Waktu terbaik Zarco di FP1 diperpanjang menjadi 10 menit di FP2. Pada titik ini, Aleix Espargaro mampu melaju hampir 0,4 detik lebih cepat dan memenangkan P1 pada waktu gabungan.

waktu Espargaro 1 menit 59,681 detik adalah waktu lap tercepat yang baru saja dibuat Zarco pagi itu.

Di pertengahan sesi FP2 yang berlangsung 45 menit seperti FP1, Espargaro masih memimpin, hanya 0,056 detik di depan rekan setimnya Maverick Vinales di P2. Quartararo berada di urutan ketiga pada saat itu, terpaut 0,252 detik.

Acungan jempol untuk El Diablo dan memang demikian. Setelah lima upaya pada waktu putaran yang baik, termasuk dengan melibas area untuk long lap penalty di Tikungan 14, rekornya mendekati rekor putaran di sirkuit Silverstone.

Sekitar 20 menit menuju final, Alex Rins berada di P1 dengan waktu 1:59.246 setelah menukar ban Suzuki GSX-RR dengan ban depan dan belakang yang lebiuh soft.

Pada awalnya ia hanya unggul 0,1 detik dari Espargaro di P2, tetapi kemudian meningkat menjadi 0,435 detik.

Jack Miller juga sepertinya menemukan alurnya seperti di P3. Namun belum lama ini, pebalap Australia itu juga mengalami kecelakaan di Turn 7, area yang sama dengan insiden Binder dan Zarco di FP1.

Selama 10 menit terakhir, 10 posisi teratas telah diambil oleh Rins, Espargaro, Miller, Vinales, Oliveira, Quartararo, Takaaki Nakagami (LCR Honda), Jorge Martin (Pramac Racing), Mir dan Brad Binder (Red Bull KTM Factory ) Kesepuluh pembalap tersebut memiliki selisih hampir 0,9 detik.

Dengan kurang dari lima menit tersisa di sesi, Mir naik ke P2 untuk menempatkan Suzuki di 1-2. Mir kemudian menyalip ke Rins di P1.

Namun situasi ini tidak berlangsung lama karena Fabio Quartararo menjadi pebalap pertama di kelas MotoGP yang mencatat hasil waktu putaran di bawah 1:59 di GP Inggris 2022 dan menyelesaikan FP2 di puncak.

Hasil FP2 MotoGP Inggris:  

  1. Fabio Quartararo – Monster Energy Yamaha – Yamaha
  2. Joan Mir – Team SUZUKI ECSTAR – Suzuki
  3. Maverick Vinales – Aprilia Racing – Aprilia
  4. Johann Zarco – Prima Pramac Racing – Ducati
  5. Aleix Espargaro – Aprilia Racing – Aprilia
  6. Miguel Oliveira – Red Bull KTM Factory Racing – KTM
  7. Alex Rins – Team SUZUKI ECSTAR – Suzuki
  8. Enea Bastianini – Gresini Racing – Ducati
  9. Jack Miller – Ducati Lenovo Team – Ducati
  10. Marco Bezzecchi – Mooney VR46 Racing Team – Ducati
  11. Francesco Bagnaia – Ducati Lenovo Team – Ducati
  12. Luca Marini – Mooney VR46 Racing Team – Ducati
  13. Jorge Martin – Prima Pramac Racing – Ducati
  14. Alex Marquez – LCR Honda CASTROL – Honda
  15. Stefan Bradl – Honda HRC – Honda
  16. Pol Espargaro – Repsol Honda Team – Honda
  17. Fabio di Giannantonio – Gresini Racing – Ducati
  18. Takaaki Nakagami – LCR Honda IDEMITSU – Honda
  19. Andrea Dovizioso – WithU Yamaha RNF – Yamaha
  20. Franco Morbidelli – Monster Energy Yamaha – Yamaha
  21. Brad Binder – Red Bull KTM Factory Racing – KTM
  22. Remy Gardner – Tech 3 KTM Factory Racing – KTM
  23. Darryn Binder – WithU Yamaha RNF – Yamaha
  24. Raul Fernandez – Tech 3 KTM Factory Racing – KTM (*/Ikh)

Baca: Tiga Kesempatan Penentu Takaaki Nakagami di LCR Honda

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *