Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Bupati Verna Ajak Warga Poso Menjaga Biota Laut

waktu baca 2 menit
Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Bupati Verna Ajak Warga Poso Menjaga Biota Laut

Hari lingkungan hidup sedunia, berita sulawesitoday – Moment Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Hari Laut Sedunia tanggal 5 dan 8 Juni 2022, Bupati Verna Inkriwang ajak warga Poso menjaga biota laut.

“Jaga laut dari pencemaran, kerusakan biota laut, serta tindakan lainnya yang bisa merusak ekosistem laut sebagai sumber hidup dan kehidupan umat manusia,” ungkap Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang, dalam sambutannya dibacakan Kadis Perikanan dan Kelautan Poso, Drs Syahrun Nasir, di Poso, Minggu 5 Juni 2022.

Ia mengatakan, tema kegiatan “satu laut untuk masa depan bersama” dianggap sudah sesuai dengan hari lingkungan hidup sedunia.

Terumbu karang kata dia, merupakan bagian ekosistem laut yang harus terjaga kelestariannya.

“Terumbu karang merupakan bagian ekosistem laut yang menjadi tempat hidup ikan yang dibutuhkan manusia khususnya dalam bidang pangan,” tuturnya.

Ia melanjutkan, merusak terumbu karang secara tidak langsung akan merusak masa depan generasi kita.

Ikan laut sebutnya, memiliki nutrisi yang tinggi untuk pertumbuhan anak-anak serta memiliki zat-zat makro molekul tubuh seperti lemak tinggi, vitamin, omega3 dan mineral yang diperlukan anak untuk perkembangan otaknya.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Bupati Verna Ajak Warga Poso Menjaga Biota Laut

“Kekayaan biota laut Indonesia seperti terumbu karang yang juga banyak terdapat di laut  Poso menyebabkan  ikan laut  banyak terdapat di Poso yang harus disyukuri sebagai nikmat dari Tuhan Yang Maha Kuasa,” tegasnya.

Ia menuturkan, salah satu bentuk kesyukuran kita tentu saja dengan menjaganya serta memperbaiki terumbu karang yang rusak.

Kerusakan terumbu karang kata dia, akibat ulah segelintir orang memanfaatkan menangkap ikan dengan cara membom. Itu merusak berbagai ekosistem laut.

“Kami saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas aksi kepeduliaan kita pada hari ini. Serta hari laut sedunia dengan melakukan sebuah aksi nyata dan mulia yaitu  transplantasi terumbu karang,” ucapnya.

Diketahui, Poso Energy menggandeng beberapa komunitas pencinta laut seperti  Kandepe Topelinja Community dan Apnea Poso Community merehabilitasi ekosistem laut melalui Transplantasi Terumbu Karang di Pantai Madale Poso Minggu, 05 Juni 2022.

Kegiatan itu dilaksanakan sebagai bentuk perhatian para pemerhati laut dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Hari Laut Sedunia tanggal 5 dan 8 Juni 2022. (**/Pemda Poso)

Selain berita Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Poso, baca juga: Spesies Terumbu Karang di Pulau Bakalan Terancam Punah

tags: hari lingkunganhidupsedunia diperingati setiap tanggal,hari lingkunganhidup,hari lingkunganhidup diperingati setiap tanggal,hari lingkunganhidup 2021,hari hari lingkungan hidup,hari sampah sedunia,hari lingkungan,hari lingkungan sedunia,lingkungan hidupsedunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.