Harga Telur Ayam Sentuh 60 Ribu Rupiah Per Rak

waktu baca 3 menit
Harga Telur Ayam Sentuh 60 Ribu Rupiah Per Rak

Berita parigi moutong, sulawesitoday – Harga telur ayam ras di pasar tradisional Parigi, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah alami kenaikan, tembus 60 ribu rupiah per rak.

“Kenaikan harga telur ayam membuat daya beli warga menurun,” ungkap salah satu pedagang di pasar tradisional Parigi, Hj. Asia kepada wartawan, Selasa 30 Agustus 2022.

Menurut Asia, awalnya harga telur ayam dijual dengan harga Rp 40-45 ribu per rak. Tetapi, saat ini dijual dengan harga Rp 60 ribu per rak ke konsumen setianya. Karena, harga belinya dari agen Rp 57-58 ribu per rak.

BACA JUGA: Warga Tonggolobibi Donggala Hilang Saat memancing Ikan Gabus

Katanya, peningkatan harga telur terjadi dalam waktu tiga minggu.

“Jika yang saya ecer harga bervariatif, ukuran besar saya jual Rp 2.500 dan yang kecil dipasarkan Rp 2.000 per butir,” terangnya.

Diakuinya belum mengetahui jelas apa pemicu hingga harga telur naik semacam ini.

” Apakah ini karena harga pakan ayam mahal atau bagaimana saya belum mengetahui,” katanya.

Tetapi demikian ucapnya, telur sebagai bahan dasar. Hingga, tetap ada konsumen walau cuma dengan jumlah sedikit.

“Umumnya, konsumen setia saya membeli sampai satu rak, tetapi sekarang ini mereka tinggal membeli 1/2 rak, atau ketengan per butir,” ucapnya.

Ia mengharap, harga telur di pasaran segera stabil. Hingga, harga jual ke pembeli kembali seperti awalnya.

“Saya harap harga telur lekas turun. Agar konsumen telur kembali lancar,” harapannya.

Baca juga: Ini Modus Bisnis Ilegal Telur Penyu di Morowali

Rusli salah satunya peternak ayam ras di Parigi menjelaskan, jika harga jual telur ke pedagang di Parigi sekarang ini, dengan harga Rp 55 ribu per rak, baik mereka mengambil langsung di kandang atau diantarkan ke arah tempat beberapa pedagang di pasar.

“Sama harga dengan membeli langsung ke kandang atau yang saya antara ke arah tempat mereka di pasar,” katanya.

Peningkatan harga ini kata Rusli terjadi beberapa minggu paling akhir. Diakuinya, mendapat info tekait peningkatan harga itu, dari beberapa agen telur ayam di Sulawesi Selatan atau Kota Palu.

“Maka kita ikuti harga itu, hingga harga semuanya sama dan harga di pasar sekarang ini, sekitar Rp 60 ribu,” tutur ia.

Peningkatan harga telur sekarang ini menurut dia, tidak berpengaruh pada pakan ayam. Karena, harga pakan sekarang ini masih konstan dan gampang didapatkan.

“Untuk sekarang ini harga pakan masih konstan. Saya belikan Rp 470 ribu per karung. Jika naik umumnya sampai Rp 500 ribu lebih perkarung,” terangnya.

Sebagai peternak mandiri, dia mengharap ada kontribusi pakan ayam, seperti jagung dari pemda Parigi Moutong untuk kesejahteraan peternak di Parigi Moutong.” Gagasannya, kami akan membuat asosiasi peternak di Parigi,” katanya.

Ia menambah, telur ayam di kandangnya dapat terkumpul sekitaran 160 rak dalam satu hari, selanjutnya dijual.” Telur ini saya tawarkan cuma khusus di parigi saja, tidak ada ke lain tempat,” tutupnya. (rf)

Baca juga: Satgas Ops Tinombala Grebek Arena Judi Sabung Ayam di Kota Palu

Leave a Reply

Your email address will not be published.