Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Harga Barang Melonjak, DPR: Perlu Operasi Pasar

waktu baca 2 menit
Foto: Operasi pasar. Harga Barang Melonjak, DPR: Perlu Operasi Pasar.

Ekonomi, sulawesitoday — Anggota DPR RI, Aria Bima berkata, buat menanggulangi harga barang melonjak menjelang tahun baru, wajib segera dicoba operasi pasar serta instrumen lain.

“Barang lainnya juga ikutan naik, setelah kemarin minyak goreng. Ini yang wajib dicoba upaya- upaya buat segera turun. Kita hendak ketahui desain apa yang wajib segera dicoba apakah dalam wujud operasi pasar,” ucapnya sela sosialisasi peran BUMN buat pemberdayaan umat di Klaten, Jawa Tengah, Selasa 28 Desember 2021.

Beliau berkata, mesti terdapat bantuan yang karakternya temporer buat minyak goreng. Bila biayanya tidak turun serta sifatnya permanen, wajib melaksanakan domestic market obligation( DMO) buat pembelian CPO.

Baca juga: Pertamina Naikkan Harga Jual Elpiji Nonsubsidi

“Rapat khusus Bersama Menteri Perdagangan untuk penilaian hal supply serta demand dari kasus peningkatan harga keperluan pokok. Harapannya peningkatan ini bersifat temporer disebab kasus distribusi,” tutur dia.

Baca juga: Apple Diprediksi Hilangkan Notch di iPhone 14

DPR RI segera memanggil Menteri Perdagangan buat segera memantapkan harga beberapa barang yang meningkat menjelang tahun terkini.

Baca juga: Ratusan Kepala Keluarga Terdampak Banjir di Rokan Hulu

“Secepatnya kami panggil Menteri Perdagangan dalam peranannya selaku pengawasan. Jika hargakomoditas minyak goreng tidak lekas turun, operasi pasar wajib segera dicoba,” tuturnya.

Beberapa harga barang melonjak di pasar konvensional Kota Solo. Sesudah minyak goreng, harga barang lain, semacam telur serta cabe, juga naik.

Baca juga: DPRD Parimo Harap Bantuan Peralatan Usaha Pedagang Pasar Terus Digelontorkan

” Kemarin kita telah rapat terkait minyak goreng namun nyatanya disaat ini minyak goreng telah hingga ke Rp33. 000 per kg. Ini sudah lampu kuning, ini butuh diperhatikan sebab harga wajarnya Rp11. 000,” tandasnya.

Baca juga: Polres Sigi Musnahkan Ribuan Liter Miras Sitaan

Politisi PDIP itu membenarkan beberapa harga barang melonjak naik dikala Natal serta Tahun Terkini. Tetapi bila tidak lekas turun, dikhawatirkan hendak mempengaruhi inflasi.

“Kalau terkait daya beli warga dengan pendapatan kecil akan sungguh terpengaruh,” tutupnya. (**)

Baca juga: Pemerintah akan Menghapus BBM Premium dan Pertalite

Leave a Reply

Your email address will not be published.