Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Tujuh Hacker Paling Terkenal di Dunia Selain Bjorka

waktu baca 4 menit
Tujuh Hacker Paling Terkenal di Dunia Selain Bjorka

Hacker paling terkenal di dunia selain Bjorka, berita sulawesitoday – Akhir-akhir ini peretas (hacker) Bjorka ramai dibicarakan khalayak. Bjorka mengklaim sudah mengungkapkan dokumen negara dan mendapatkan beberapa data personal beberapa petinggi.

Bahkan juga, ia melawan pemerintahan Indonesia. Untuk menangani ini, Presiden Joko Widodo membuat tim khusus untuk tangkap Bjorka.

Bjorka ialah satu diantara beberapa peretas yang membuat khalayak ramai. Saat sebelum Bjorka ada banyak peretas yang lain membuat tindakan melawan sampai terkenal di dunia.

Siapa mereka? Baca daftar peretas paling terkenal di dunia, seperti dikutip Makeuseof, Jumat 16 September 2022:

1.Kevin Mitnick

Kevin Mitnick ialah kriminil komputer yang paling dicari dalam riwayat Amerika Serikat (AS). Ceritanya sampai dibikin film yang dengan judul Track Down. Beberapa orang yang menyebutnya sebagai hacker terbaik dunia selama hidup. Ia meretas jaringan Digital Equipment Corporation, mekanisme pertahanan nasional, dan mengambil data rahasia perusahaan. Sesudah jalani rangkaian hukuman, ia saat ini jadi konselor dan pembicara khalayak untuk keamanan computer.

2.Jonathan James

Cerita Jonathan James ialah cerita yang ironis. James mulai lakukan peretasan saat di bawah usia. Salah satunya laganya ialah meretas jaringan Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) dan mengambil code sumber, aset yang sama dengan 1,7 juta dolar AS untuk pelajari langkah kerja Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Mengakibatkan, NASA harus tutup jaringannya sepanjang tiga minggu dengan ongkos 41 ribu dolar AS. Di tahun 2007, beberapa perusahaan terkenal jadi korban beragam gempuran jaringan beresiko. Walau James menyanggah turut serta, ia diduga dan diselidik. Satu tahun selanjutnya ia bunuh diri.

3.Albert Gonzales

Albert Gonzalez adalah peretas komputer terbaik di dunia. Ia pimpin barisan peretas namanya ShadowCrew. Selain mengambil dan jual nomor kartu credit, ShadowCrew membuat paspor palsu, kartu asuransi kesehatan, dan akte kelahiran untuk kejahatan perampokan identitas.

Gonzales sukses kumpulkan lebih dari 170 juta nomor kartu credit dan kartu ATM sepanjang dua tahun. Karena kelakuannya, ia dijatuhkan hukuman penjara sepanjang 20 tahun dan direncanakan bebas di tahun 2025.

4.Gary McKinnon

Gary McKinnon yang dikenali sebagai “Solo” di internet, diperhitungkan mengoordinasikan peretasan komputer militer paling besar selama hidup. Sepanjang masa 13 bulan dari Februari 2001 sampai Maret 2002, McKinnon secara ilegal terhubung 97 komputer punya Angkatan Membawa senjata AS dan NASA.

Ia mengeklaim cuma cari info mengenai penganiayaan energi bebas dan penutupan UFO. Tetapi, menurut kewenangan AS, ia hapus beberapa file penting dan membuat lebih dari 300 komputer tidak bisa dioperasionalkan yang menyebabkan kerusakan lebih dari 700 ribu dolar AS.

Selain berita Hacker Paling Terkenal di Dunia Selain Bjorka, baca juga: Berikut 10 Orang Paling Kaya di Dunia, Ada Siapa Saja?

5.Julian Assange

Julian Assange mulai meretas pada umur 16 tahun bernama “Mendax”; Sepanjang empat tahun, dia terhubung beragam jaringan pemerintah, perusahaan, dan pendidikan terhitung Pentagon, NASA, Lockheed Martin, Citibank, dan Stanford University.

Di tahun 2006, Assange membuat WikiLeaks sebagai basis untuk menerbitkan kebocoran informasi dan dokumen rahasia dari sumber anonim. AS mengeluarkan penyidikan pada Assange pada 2010.

6.Guccifer 2.0

Sampai sekarang ini, tidak ada yang mengetahui figur di balik Guccifer 2.0. Ia dapat berbentuk orang atau barisan yang menyaru. Nama itu memberikan penghormatan ke peretas Rumania yang dikenali sebagai “Guccifer” yang kerap menarget petinggi pemerintahan AS dan figur politik yang lain.

Sepanjang Pemilihan Presiden AS 2016, jaringan Konvensi Nasional Demokrat diretas. Beberapa ribu dokumen bocor di WikiLeaks dan lain tempat. Guccifer 2.0 lenyap pas saat sebelum Pemilihan Presiden AS 2016, selanjutnya ada kembali sekali pada Januari 2017 untuk memperjelas tidak mempunyai jalinan dengan intelijen Rusia.

7.Anonymous

Anonymous kemungkinan sebagai peretas paling terkenal sepanjang waktu. Anonymous bukan seseorang tetapi satu kelompok peretas yang terdesentralisasi tanpa keanggotaan. Siapa saja dapat melakukan tindakan atas nama Anonymous.

Semenjak keberadaannya di tahun 2003, Anonymous sudah dikreditkan dengan serangan Amazon, PayPal, Sony, Gereja Baptis Westboro, Gereja Scientology, sisi dari situs gelap, dan pemerintahan Australia, India, Suriah, dan AS. Anonymous meneruskan hacktivismenya sampai ini hari. Semenjak 2011, dua barisan peretasan berkaitan sudah ada dari Anonymous: LulzSec dan AntiSec. (rf/**)

Selain berita Hacker Paling Terkenal di Dunia Selain Bjorka, baca juga: Peretas Bisa Akses Data Pelanggan Samsung

Leave a Reply

Your email address will not be published.