Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

11 Gunung di Indonesia yang Pas buat Pendaki Pemula

waktu baca 7 menit
11 Gunung di Indonesia yang Pas buat Pendaki Pemula

Gunung di Indonesia, ragam sulawesitoday – Melihat pemandangan matahari keluar langsung dari pucuk gunung, menyaksikan bentangan lautan awan putih, pastilah seluruh orang ingin merasai pengalaman fantastis ini.

Akan tetapi untuk hingga sampai ke pucuk gunung, kadang-kadang kita mesti mengalahkan lajur pendakian yang tidak ringan dan termasuk sukar buat dijalankan oleh orang yang masih belum profesional dalam hiking.

Tetapi kamu tak perlu cemas. Buat kamu pendaki pemula yang pengin rasakan kemegahan pemandangan dari pucuk bukit-bukit tinggi ini, pegunungan yang ramah didaki buat beberapa pemula jadi bisa alternatif yang terbaik untuk latih fisikmu.

Ada beberapa plihan gunung di Indonesia yang sesuai buat didaki beberapa pemula. Berikut sudah  kupas 11 gunung di Indonesia yang kebanyakan menjadi tempat pujaan untuk pendaki pemula. Keelokannya pun tidak kalah dari pegunungan yang lajur pendakiannya susah, lho!

Saran Gunung Pujaan yang Sesuai Didaki Beberapa Pemula

Miliki gagasan ingin mendaki gunung saat kejadian 17 Agustus kelak? Apabila belum sempat mendaki gunung, ini sejumlah referensi gunung paling indah dan paling favorit yang pas didaki beberapa pemula. Yok, baca hingga habis!

  1. Gunung di Indonesia Pas untuk Pendaki Pemula, Gunung Nglanggeran, Yogyakarta

Memiliki rencana berlibur ke Yogyakarta? Disamping liburan kulineran serta budaya, kamu bisa pula mendaki Gunung Nglanggeran yang berada di Kabupaten Gunung Kidul. Dengan ketinggian 700 mdpl dan medan yang condong agak miring, gunung yang ini sangatlah pas buat kamu pendaki pemula serta cuman habiskan waktu 1 jam buat sampai ke pucuknya.

Kamu pula tidak usah takut saat menjumpai medan yang cukup licin serta batu karang lantaran telah ada tangga-tangga kayu dan tali yang dapat menolongmu untuk melalui medan itu.  Perjalanan ke dusun Nglanggeran dapat kamu menempuh sama waktu lebih kurang satu jam dari Yogyakarta. Apabila ingin bertambah lama nikmati situasi di gunung purba yang ini, kamu bisa juga membentuk tenda di tempat camping ground yang telah siap.

  1. Gunung di Indonesia Pas buat Pendaki Pemula, Gunung Andong, Jawa tengah

Ingin sekali berpetualang dan naik gunung sendiri? Gunung Andong yang berada di Magelang, Jawa tengah ini paling tepat untukmu. Dengan lajur pendakiannya yang ringan dan diperlengkapi dengan beberapa papan wejangan, kamu tidak usah takut sesat jalan di gunung berketinggian 1.762 mdpl ini.

Meski tidak begitu tinggi, kamu terus dapat memperoleh panorama yang menarik serta dapat saksikan secara langsung view ke Gunung Merbabu. Nach bila kamu mendaki ke Gunung Andong, janganlah lupa untuk menginap supaya kamu dapat nikmati panorama sunrise yang gemilang cantiknya. Biarpun hiking sendiri, tentunya bakal berasa membahagiakan dengan panorama yang dijajakan Gunung Andong.

Untuk kamu yang memerlukan info teranyar sekitar pendakian Gunung Andong Magelang, account Instagram @gunungandong dapat menjadi referensi.

  1. Gunung di Indonesia Sesuai untuk Pendaki Pemula, Gunung Prau, Jawa tengah

Masih dari Jawa tengah, ada lagi gunung yang paling pas untuk pendaki pemula, Gunung Prau. Berada di Daratan Tinggi Dieng, pasnya di Kampung Patak Banteng, pucuk Gunung Prau menjajakan bentangan lautan awan yang siap untuk memberikan hati mata dan menentramkan pemikiran kita. Gunung dengan tinggi gapai 2.565 mdpl ini bisa juga menjadi lokasi yang benar untuk kamu yang mau lihat cantiknya golden sunrise, lho.

Selainnya nikmati awan-awan elok dari pucuk Prau, kamu juga dapat memandang panorama pucuk Gunung Sindoro, Sumbing, Merapi serta Merbabu dari terlalu jauh. Cukup dengan pendakian sepanjang lebih kurang 3 jam, kamu bisa menapakkan kaki di pucuk Prau dan nikmati kemegahan satu diantaranya gunung dengan pucuk terluas di Indonesia ini.

  1. Gunung di Indonesia Pas buat Pendaki Pemula, Gunung Besar, Jawa Barat

Bila pengin memandang kecantikan bentangan padang bunga edelweis, Gunung Besar dapat jadi satu diantara referensi terpilih. Berada di Bogor, Jawa Barat, gunung masih terhitung sisi dari Taman Nasional Gunung Besar Pangrango ini benar-benar pas buat pendaki pemula ataupun yang udah eksper. Buat kamu yang pemula, dapat mendaki gunung berketinggian 2.958 mdpl ini lewat lajur Cibodas yang medannya kurang begitu curam sama waktu menempuh lebih kurang 6 jam.

Kecuali padang edelweis, sepanjang perjalanan mata kamu akan dimanja dengan panorama air terjun Cibereum, nikmati hangatnya sumber air panas, sampai telaga. Sebab terletak yang tidak jauh dari Jakarta, Gunung Besar sangatlah sesuai buat melepaskan kepenatan saat akhir minggu. Untuk ketujuan kesana, kamu dapat naik kereta api dengan maksud Stasiun Bogor, lalu naik angkutan kota ke terminal Barangsiang buat selanjutnya disangkut dengan angkot ketujuan Cibodas.

  1. Gunung di Indonesia Pas buat Pendaki Pemula, Gunung Papandayan, Jawa Barat

Berada di Garut, Jawa Barat, Gunung Papandayan menaruh beragam daya pikat yang siap buat menganakemaskan beberapa pencinta alam. Sepanjang perjalanan ke arah pucuk gunung berketinggian 2.265 ini, kamu akan disajikan dengan panorama kawah-kawah belerang seperti Kawah Baru, Kawah Manuk, Kawah Mas, dan Kawah Nangklak.

Perjalanan ketujuan pucuk yang dilakukan dalam saat lebih kurang 4 jam ini ditanggung akan tidak membuat kamu suntuk sebab kamu akan menjumpai padang bunga Edelweis yang luas yang memiliki nama Tegal Alun, sekalian memandang ke-eksotis-an rimba mati dengan ranting pohon-pohonan yang udah jadi kering.

  1. Gunung di Indonesia Pas buat Pendaki Pemula, Gunung Ijen, Jawa Timur

Pengin lihat secara langsung pemandangan blue fire yang memesona dan cuma ada 2 di dunia? Mendaki Gunung Ijen yok! Yap, satu diantaranya area yang miliki pemandangan blue fire yang mengagumkan ialah Indonesia, terutamanya Banyuwangi, Jawa Timur, serta satu kembali ada di Islandia. Gunung berketinggian 2.443 mdpl ini juga pas buat kamu beberapa pendaki pemula. Namun masih tetap waspada ya, karena di sejumlah titik lintasannya cukup terjal dan berpasir.

Di Gunung Ijen, kamu dapat bisa melihat rutinitas banyak penambang belerang tradisionil, serta di waktu gelap, persisnya waktu malam dan pagi buta, kamu akan terasa mujur dapat nikmati cantiknya petunjuk api biru di Kawah Ijen.

  1. Gunung di Indonesia Sesuai buat Pendaki Pemula, Gunung Penanggungan, Jawa Timur

Mau sekali mendaki Gunung Semeru? Eit saat sebelum mengalahkan gunung dengan tinggi 3.676 mdpl ini, lebih baiknya kamu latihan dahulu dengan mendaki Gunung Penanggungan yang disebut selaku miniatur Semeru. Gunung yang berada di Mojokerto, Jawa Timur ini miliki pucuk yang tandus serta serupa dengan Gunung Semeru. Buat gapai ke pucuknya, cuman diperlukan waktu lebih kurang 4 jam lewat lajur Tamiajeng, Trawas.

Akan tetapi bila kamu pengin rasakan keadaan pendakian yang tidak sama, kamu dapat melalui lajur Jolotundo serta mendapati candi-candi tua warisan riwayat. Biarpun lajur pendakiannya termasuk tidak begitu berat untuk yang baru memulai, kamu tetaplah harus waspada lantaran gunung berketinggian 1.653 mdpl ini punyai kemiringan sampai 65 derajat.

  1. Gunung di Indonesia Sesuai buat Pendaki Pemula, Gunung Batur, Bali

Berlibur ke Bali tidak terus mesti main ke pantai. Terkadang kamu harus berusaha untuk mendaki di Gunung Batur yang berada di wilayah Kintamani. Gunung dengan ketinggian 1.717 mdpl ini sangat ramah buat kamu yang anyar pertamanya hiking, lho. Buat gapai ke pucuknya, cuma diperlukan waktu amat lama 3 jam dengan trackking yang tidaklah terlalu sukar.

Sesampainya di pucuk, kamu dapat dihidangkan dengan panorama satu diantara kaldera paling indah di dunia dengan pusatnya Danau Batur. Apabila berpeluang buat mendaki gunung ini, luangkan waktu buat menginap serta memburu sunrise di pagi hari. Menyaksikan keelokan matahari muncul dari pucuk Gunung Batur pastilah akan membikin kamu berdecak terpukau.

  1. Gunung di Indonesia Pas buat Pendaki Pemula, Gunung Pulosari, Banten

Bila kamu cari pendakian yang tidak jauh dari Jakarta, Gunung Pulosari yang berada di Pandeglang, Banten ini dapat saja opsi pendakian yang termasuk benar-benar ramah untuk pendaki pemula. Gunung Pulosari dengan ketinggian 1.346 mdpl ini tergolong gunung berapi masih aktif.

Sepanjang perjalanan ketujuan pucuknya yang cuma memakan banyak waktu lebih kurang 3 jam, kamu dapat nikmati pemandangan rimba dengan type tumbuhan yang banyak, Curug Putri, dan Kawah Ratu yang elok. Di pucuk Pulosari, kamu bisa pula melihat cantiknya matahari muncul yang dapat melenyapkan rasa penat waktu pendakian.

  1. Gunung di Indonesia Pas buat Pendaki Pemula, Gunung Kelimutu, Flores

Last but not least, ada Gunung Kelimutu di Flores yang juga pas buat kamu yang anyar pertama mendaki gunung. Gunung yang berada di Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur, telah siap buat memanjakanmu dengan panorama Danau Kelimutu tiga warna yang paling mengagumkan.

Buat hingga ke pucuk Kelimutu, cuman diperlukan waktu kurang lebih 1/2 jam dengan lajur pendakian gampang yang udah disajikan oleh pengurus Taman Nasional Gunung Kelimutu.

  1. Gunung di Indonesia Sesuai buat Pendaki Pemula, Gunung Bromo

Gunung yang ada di propinsi Jawa Timur ini berada di empat tempat kabupaten, ialah Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Lumajang. Gunung dengan ketinggian 2.329 mdpl ini menjadi salah satunya arah tamasya tenar di Jawa Timur. (rf)

Baca juga: Berikut Tempat Penginapan Murah di Batu Malang Dibawah 100 Ribu

Leave a Reply

Your email address will not be published.