Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Analitis BMKG Gempa Maluku M 7,9: Subduksi Laut Banda

waktu baca 3 menit
Gempa Maluku subduksi Laut Banda, (Foto: shefali lincoln/unsplash)

Gempa Maluku subduksi Laut Banda, sains tekno sulawesitoday – Gempa bumi memiliki kekuatan M 7,9 mengguncangkan daerah Pantai Utara Maluku Barat Daya, Maluku, Selasa 10 Januari 2023 pagi hari.

Berdasar analitis gempa Tubuh Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi tektonik di Maluku ini berada di di laut pada jarak 136 Km arah Barat Laut Maluku Tenggara Barat, Maluku pada kedalaman 130 km.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam pengakuan persnya, analitis gempa Maluku berdasar lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa Maluku ini hari terhitung tipe gempa bumi menengah yang karena kegiatan subduksi Laut Banda.

“Hasil analitis proses sumber (gempa Maluku) memperlihatkan jika gempa bumi mempunyai proses gerakan naik atau thrust fault,” tutur Dwikorita.

Analitis imbas gempa Maluku

Imbas gempa Maluku dirasa terkuat di wilayah Saumlaki, dengan rasio intensif V MMI, yaitu getaran dirasa sebagian besar warga, hingga membuat beberapa orang terjaga.

Seterusnya guncangan gempa bumi di Maluku dirasa dengan rasio intensif VI MMI di wilayah Dobo, Tiakur.

Kemampuan guncangan ini bila dirasa di siang hari dirasa oleh banyak orang di rumah dan di luar oleh sebagian orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding mengeluarkan bunyi.

Dalam pada itu, imbas guncangan gempa Maluku dirasa sampai Papua. Di daerah Sorong, Kaimana, Alor, Waingapu, Waijelu, Lembata dengan rasio intensif III-IV MMI, jika di siang hari, gempa bumi ini dirasa oleh banyak orang di rumah.

Imbas gempa Maluku, guncangan memiliki kekuatan II-III MMI dirasa di wilayah Kairatu, Merauke, Nabire, Tanah Merah, Wamena, Bakunase, Kolhua, Sabu, Rote, Ende, Amarasi Selatan, Kota Kupang. Dan, di wilayah Ambon dan Piru II MMI, getaran gempa dirasa oleh sebagian orang, beberapa benda enteng yang digantung bergoyang.

Selain artikel Gempa Maluku subduksi Laut Banda, baca juga: Sesar Palu Koro Aktif, Kota Palu Diguncang Gempa M 3,5

Peringatan tsunami gempa Maluku usai

Berdasar hasil pemodelan tsunami, BMKG menulis gempa Maluku M 7,9 pada 10 Januari di Maluku Tenggara Barat, memperlihatkan ada kekuatan tsunami dengan tingkat teror Waspada dan Siaga.

Tetapi, analitis berdasar hasil pemodelan tsunami dengan patokan up-date (Mw 7,5), daerah itu tidak memperlihatkan ada kekuatan tsunami.

Dwikorita menerangkan berdasar pengamatan 4 Tide Gauge disekitaran sumber gempa bumi, yaitu di daerah Seira, Adaut, Lirang dan Larat, tidak memperlihatkan ada penyimpangan atau peralihan tinggi muka air laut yang berarti.

Peringatan awal tsunami gempa Maluku ini juga usai pada jam 03.43 WIB.

Diambil dari Twitter Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, kegiatan gempa susulan di daerah Maluku masih terjadi sampai jam 09.00 WIB sekitar 7 kali gempa susulan (after shock) dengan magnitudo paling besar M 5,7 dan paling kecil M 3,8. (rahma)

Selain artikel Gempa Maluku subduksi Laut Banda, baca juga: Ini Penjelasan Gempa Kerak Dangkal di Cianjur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *