Instagram Akan Lindungi Pengguna dari Kiriman Foto Vulgar di DM

waktu baca 3 menit
Instagram Akan Lindungi Pengguna dari Kiriman Foto Vulgar di DM

Fitur Instagram pelindung kiriman foto vulgar, sains tekno sulawesitoday – Sosial media garapan Meta, Instagram disampaikan sedang meningkatkan fitur membuat perlindungan pemakainya dari kiriman foto vulgar terhitung foto yang berisi ketelanjangan di Direct Message (DM) Instagram.

Keputusan untuk meningkatkan fitur Instagram pelindung kiriman foto vulgar karena Meta ingin memberikan pemakainya kontrol sekalian pilihan untuk menangani kiriman foto telanjang atau pesan vulgar yang lain.

Walau demikian, fitur itu masih juga dalam tahapan eksperimen. Salah seorang pengembang program namanya Alessandro Paluzzi mendapatkan peluang untuk menyaksikan dan manfaatkan fitur ini.

Hasil tangkapan monitor fitur itu diupload ke Twitter dengan handle @alex193a, Selasa 20 September 2022.

Dalam uploadnya, Paluzzi ikut mengikutkan hasil tangkapan monitor dari fitur itu yang namanya “Nudity Protection” (Pelindungan Ketelanjangan).

Dari foto di atas ada empat langkah Instagram membuat perlindungan pemakai dari kiriman foto tidak pantas.

Yang pertama ialah tehnologi yang dipunyai piranti Anda (pengguna) akan tutupi foto yang memiliki kandungan elemen ketelanjangan dalam pesan chat. Instagram, dalam masalah ini, tidak bisa terhubung gambar itu.

Kedua ialah foto yang dikirim akan tertutupi, alias diburamkan lebih dahulu, oleh mekanisme Instagram. Foto vulgar masih tetap dapat ada, bila pemakai memilih untuk masih tetap menyaksikan gambar itu.

Point yang ketiga, pemakai akan diberi beberapa panduan agar masih tetap aman dan bisa menangani persoalan saat dikirimkan foto vulgar. Paling akhir, fitur itu bisa diaktifkan atau tidak diaktifkan seperti keinginan pemakai.

Berdasar claim Meta, kebaruan tehnologi ini tidak memberi akses ke perusahaan untuk menyaksikan gambar asli yang dikirimkan ke DM IG. Karena perusahaan ingin jaga pribadi pemakainya.

“Kami bekerja bersama dengan beberapa pakar untuk pastikan sejumlah fitur baru ini jaga pribadi orang, sekalian memberikan pemakai kendalian atas pesan yang diterima (di DM IG),” tutur Liz Fernandez sebagai jubir Meta, diambil┬ádari The Verge, Jumat 23 September 2022.

Selain informasi fitur Instagram pelindung kiriman foto vulgar, baca juga: Ini 8 Tips Memakai Fitur Aplikasi Google Maps Perlu Kamu Coba

Eksperimen dari fitur “Pelindungan Ketelanjangan” Instagram akan diuraikan lebih detil di sejumlah minggu kedepan.

Adapun fitur baru ini disetarakan dengan fitur “Hidden Words”, yang telah dikeluarkan Instagram pada April 2021 kemarin.

Fitur “Hidden Words” memungkinkannya pemakai untuk menghindari dari beberapa pesan yang berisi hujatan, penghinaan, olokan, caci-maki, dan yang lain.

Aspek yang kemungkinan menggerakkan Meta mengetes coba fitur di atas karena laporan yang diketemukan oleh Center for Countering Digital Hate (organisasi nonprofit di Inggris).

Laporan itu menulis jika Instagram sudah tidak berhasil tindak lanjuti 90 % kasus pengiriman pesan kasar berbasiskan gambar ke wanita populer.

Disamping itu, riset dari The Pew Research Center mendapati penemuan yang sama. Penemuan itu melaporan sekitar 33 % wanita Amerika Serikat yang berumur di bawah umur 35 tahun alami penghinaan seksual secara online. (rf)

Selain informasi fitur Instagram pelindung kiriman foto vulgar, baca juga: 10 Filter IG Aesthetic Terbaik 2022 dan Langkah Memakainya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *