Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Final Pekan Tilawatil Quran ke 52 di Parigi Moutong Berjalan Sukses

waktu baca 6 menit
Final Pekan Tilawatil Quran ke 52 di Parigi Moutong Berjalan Sukses

Berita parigi moutong, sulawesitoday.com – Final kegiatan tahunan Pekan Tilawatil Quran (PTQ) ke – 52 Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) ToliToli di Kabupaten Parigi Moutong berjalan sukses, aman dan lancar.

bertempat di Aula Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Parigi  Moutong, Selasa 5 April 2022.

Di awal 1 Ramadhan 1443 H, telah diselenggarakan babak penyisihan pada lomba Pekan Tilawatil Quran di Kabupaten ToliToli.

Sebanyak 21 peserta ikut dan menghasilkan enam peserta Qori dan Qoriah terbaik untuk masuk ke babak final.

Dari enam peserta itu, dua orang terpilih yang akan mewakili RRI ToliToli pada PTQ tingkat Nasional yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat tepatnya 13 Ramadhan 1443 H / 2022 M di Nangroh Aceh Darusaalam.

Adapun enam peserta masuk ke babak final hasil dari babak penyisihan itu adalah Faradibah Magfirah berasal dari Kabupaten ToliToli, Alan R Usman berasal dari Kabupaten Buol, Ningsih berasal dari Kabupaten Parigi Moutong, Dandi, berasal dari Kabupaten ToliToli, Iin Dzulfaiza berasal dari Kabupaten Parigi Moutong dan Moh Ridwan berasal dari Kabupaten Parigi Moutong.

Dari hasil seleksi ke enam peserta itu menghasilkan peserta Qori terbaik I, II dan III dan peserta Qoriah terbaik I, II dan III.

Selain berita Final Pekan Tilawatil Quran ke 52 di Parigi Moutong Berjalan Sukses, baca juga: Polisi Bongkar Jaringan Narkotika di Tolitoli, Sulteng

Untuk juara I Tilawah Qori dan juara I Tilawah Qoriah akan mewakili LPP RRI ToliToli ke tingkat Nasional di Nangroh Aceh Darissalam, mereka adalah Alan R Usman (Qori) asal Kabupaten Buol dan Ningsih (Qoriah) asal Kabupaten Parigi Moutong.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Parigi Moutong Drs Muslimin MSi saat menyampaikan sambutan pada acara penutupan kegiataan itu mengatakan, selaku Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Parigi Moutong ia merasa bangga dan berterima kasih kepada RRI ToliToli yang menunjuk Kantor Kementerian Agama Parigi Moutong sebagai tempat pelaksanaan PTQ ke- 52 LPP RRI ToliToli.

“Saya merasa bangga dan berterima kasih kepada RRI ToliToli yang menunjuk Kabupaten Parigi Moutong sebagai tempat pelaksanaan babak final Pekan Tilawatil Qur’an kali ini. Saya Berharap kegiatan ini insya allah akan menjadi ladang pahala yang berlipat ganda di bulan Ramadhan,” ucapnya.

Sambung Muslimin, selaku Kepala Kementrian Agama Kabupaten Parigi Moutong memohon maaf jika dalam pelaksanaan kegiatan itu ada hal hal yang kurang berkenan agar dapat disampaikan sebagai bahan evaluasi kedepan jika dipercayakan kembali menjadi tuan rumah PTQ.

Sementara itu Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten ToliToli H Muchlis MM saat diberikan kesempatan menyampaikan sambutan mengatakan, kegiatan Pekan Tilawatil Qur’an merupakan Kegiatan yang dilaksanakan oleh RRI ToliToli disetiap moment Bulan Ramadhan.

Menurutnya, ada dua hal mendasari ia untuk datang ke Parigi Moutong, yaitu pertama karena kedekatan ia dengan Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Parigi Moutong Muslimin, dan kedua untuk memberi Support kepada rekan rekan atau peserta baik dari Kabupaten Buol, Kabupaten ToliToli maupun tuan rumah final PTQ Kabupaten Parigi Moutong.

“Perlu diketahui bahwa pemenang juara I baik kategori Qori ataupun Qoriah pada PTQ kali ini akan mewakili LPP RRI ToliToli untuk persiapan pemberangkatan ke Aceh tingkat Nasional mengikuti lomba Tilawatil Quran antar RRI. Mudah mudahan peserta  ditingkat Nasional nanti bisa memberikan prestasi yang terbaik,” harapnya.

Kepala LPP RRI ToliToli Hardi SH mengatakan, keberadaan RRI saat ini berada di semua kalangan maupun golongan, bahkan keyakinan dan aliran.

Ia menyebut, kegiatannya tidak hanya Islam saja, akan tetapi semua agama dan semua golongan mendapatkan tempat yang sama untuk memberikan informasi siaran melalui LPP RRI ToliToli.

Kata Hardi, keberadaan RRI ToliToli juga sebagai sarana penyampaian informasi, pendidikan, hiburan dan siar Islam termasuk melalui kegiatan Pekan Tilawahtil Qur’an yang diselenggarakan setiap tahunnya.

Hardi menambahkan, Pelaksanaan Final Pekan Tilawatil Qur’an di Kabupaten Parigi Moutong juga merupakan usulan langsung dari Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu.

“Saya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong atas terlaksananya kegiatan final PTQ ini. Sebelumnya kami audiensi dengan bapaK Bupati Parigi Moutong, kebetulan RRI ToliToli dari tahun lalu sudah bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong. Saya sampaikan bahwa ada kegiatan PTQ RRI di ToliToli, bapak Bupati sarankan bagaimana jika finalnya dilaksanakan di Kabupaten Parigi Moutong, dan akhirnya tanpa berpikir panjang kami menyetujui itu dan terlaksanalah kegiatan final PTQ hari ini di Parigi Moutong,” imbuhnya.

Bupati Parigi Moutong diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Parigi Moutong Drs Samin Latandu saat menutup kegiatan menyampaikan ucapan terima kasih dan menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada panitia pelaksana atas terselenggaranya kegiatan PTQ ke-52 LPP RRI ToliToli.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong saya memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana atas terlaksananya kegiatan ini,” tuturnya.

Lanjut Samin, kegiatan PTQ bertujuan untuk pembinaan mental spiritual bagi umat muslim dalam memahami dan menguji kemampuan pendalaman kitab suci Al Qur’an sebagai pedoman dalam beragama, sehingga dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari hari.

“Saya berharap agar  penyelenggaraan PTQ kali ini sebagai momentum untuk meningkatkan penghayatan, pemahaman dan pengamalan Al Qur’an dalam kehidupan kita,”Terangnya.

“Para Qori dan Qoriah yang mendapat peringkat terbaik I pada ajang PTQ kali ini,akan mewakili RRI ToliToli di tingkat Nasional yang akan di laksanakan dari tanggal 13-17 Ramadhan 1443 H di Takengon Kabupaten Aceh Tengah Provinsi Nagroh Aceh Darussalam. Olehnya bagi pemenangnya teruslah berlatih dan berlatih agar meraih terbaik ditingkat Nasional nanti,” pintanya.

Ia juga berpesan kepada Qori dan Qoriah yang mendapat kejuaraan agar jangan berbangga diri dengan hasil yang telah dicapai, akan tetapi teruslah belajar sehingga nantinya dapat mengharumkan nama daerah diajang selanjutnya.

Selain berita Final Pekan Tilawatil Quran ke 52 di Parigi Moutong Berjalan Sukses, baca juga: Ratusan Massa Kembali Demo Tolak Tambang di Kasimbar

Adapun putusan dewan Hakim tentang

Pemenang PTQ LPP RRI TOLI-TOLI ke 52 Tahun 2022 memutuskan Bahwa Pemenang lomba adalah :

QORI

– Kategori Qori Terbaik I Perwakilan Kabupaten Buol Atas Nama Alan R Usman

– Kategori Qori Terbaik II

Perwakilan Kabupaten ToliToli Atas Nama Dandi

-Kategori Qori Terbaik III Perwakilan Kabupaten Parigi Moutong atas Nama Moh Ridwan

  1. QORIAH

– Kategori Qoriah Terbaik I Perwakilan Kabupaten Parigi Moutong Atas Nama Ningsih.

– Kategori Qoriah Terbaik II Perwakilan Kabupaten ToliToli Atas Nama Faradibah Magfirah

– Kategori Qoriah Terbaik III Perwakilan Kabupaten Parigi Moutong Atas Nama Iin Dzulfaiza.

Peserta pemanang lomba PTQ mendapatkan piala, piagam dan uang pembinaan atau bonus dari LPP RRI ToliToli.

Untuk diketahui, LPP RRI ToliToli telah bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong dari segi penyebaran informasi sejak tahun 2021 melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Parigi Moutong Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), dan tahun 2022 dilanjutkan kembali kerjsamanya.

RRI ToliToli wilayah kerja penyebaran informasi disegala bidang saat ini adalah bersama Kabupaten Buol, Kabupaten ToliToli dan Kabupaten Parigi Moutong.

Selain berita Final Pekan Tilawatil Quran ke 52 di Parigi Moutong Berjalan Sukses, baca juga: Polisi Ungkap Sejumlah Penanganan Kasus 2021 di Tolitoli

Leave a Reply

Your email address will not be published.