Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Pakai Kostum Tentara Salib, Fans Inggris Dilarang Masuk Stadion

waktu baca 3 menit
Pakai Kostum Tentara Salib, Fans Inggris Dilarang Masuk Stadion

Fans Inggris Dilarang Masuk Stadion, sulawesitoday sports – Seorang supporter Tim nasional Inggris alami peristiwa kurang menyenangkan ketika akan melihat Piala Dunia 2022 di Qatar. Ia dilarang masuk ke stadion untuk melihat jalannya laga karena menggunakan kostum tentara salib.

Dalam sebuah video yang diupload di sosial media, kelihatan seorang fans Inggris kenakan kostum tentara salib tidak dibolehkan masuk stadion tim keamanan. Penampikan yang sudah dilakukan tim keamanan itu pasti bukan tanpa ada alasan.

Merilis dari Sportbible, Jumat 25 November 2022, kostum Tentara Salib beresiko mengusik warga lokal di Qatar karena Perang Salib yang terjadi pada 1095 dan 1291 mengikutsertakan tentara Kristen saat merampas Yerusalem dan wilayah sekelilingnya dari kekuasaan Islam.

Akhirnya, jubir barisan antirasisme Kick It Out sudah mengirim teguran keras ke semua fans Tim nasional Inggris berkaitan pemakaian kostum itu.

“Kami akan merekomendasikan beberapa fans yang mendatangi laga Piala Dunia tidak untuk menggunakan baju tertentu, seperti kostum-kostum yang sebagai wakil kesatria atau tentara salib karena tidak diterima di Qatar dan beberapa negara Islam yang lain,” catat Kick It Out, dikutip dari Sportbible.

“Sama seperti yang dikatakan Kementerian Luar Negeri Inggris, yang dikeluarkan saat sebelum kompetisi, mengatakan jika fans harus melatih diri dengan rutinitas di tempat, dan kami akan menggerakkan fans untuk patuhi ini.”

Walau begitu, tetap ada beberapa supporter Tim nasional Inggris yang kelihatan kenakan kostum Tentara Salib pada awal mula Piala Dunia 2022.

Selain berita Fans Inggris Dilarang Masuk Stadion, simak juga: Berikut Prediksi Belanda Vs Ekuador di Piala Dunia 2022

Mengusik Warga Qatar

Direktur Tell Mama, sebuah project Inggris yang mengawasi Islamofobia, Iman Atta, berbicara ke The Telegraph lewat Sportbible.

“Fans kami harus sadar jika ada beberapa hal yang bisa mengusik warga Qatar, seperti minum secara terbuka atau kenakan pakaian Kesatria Salib yang monumental itu. Itu mempunyai implementasi yang paling negatif di daerah,” kata Iman Atta.

“Kami juga paham jika ini tidak dilaksanakan secara menyengaja untuk mengusik penduduk Qatar. Tetapi, karena kemauan untuk memberikan dukungan Inggris,” imbuhnya

“Tetapi, kami benar-benar yakin pada konsep jika tiap Piala Dunia harus mempunyai lingkungan dengan beberapa fans bisa terbuka, nikmati apa yang ingin mereka gunakan dan merasakan aman dan terjaga. Konsep ini jadi satu antara yang kami yakin, walau di Qatar orang harus waspada dan sadar akan kesensitifan yang dalam,” sebut Atta.

Di lain sisi, Inggris memulai pertandingan pertama di Piala Dunia 2022 dengan mulus. Tim bimbingan Gareth Southgate itu sukses menang mutlak atas Iran dengan score 6-2.

Setelah itu Harry Kane dkk. akan berjumpa Amerika Serikat pada pertandingan kedua Group B Piala Dunia 2022 di Al Bayt Fase, Sabtu pagi hari WIB 26 November 2022. Selanjutnya di pertandingan paling akhir group B, Inggris akan menantang Wales pada Selasa 29 November 2022. (rf)

Selain berita Fans Inggris Dilarang Masuk Stadion, simak juga: Prospek Tiga Bek Muda Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *