Ini Enam Fakta Menarik Prancis, Produsen Pertanian Utama di Eropa

waktu baca 6 menit
Ini Enam Fakta Menarik Prancis, Produsen Pertanian Utama di Eropa

Fakta menarik Prancis, ragam sulawesitoday – Prancis berada di barat laut Eropa, dengan ibukota Paris. Luas daerahnya capai 549.087 km persegi atau sedikit luas dari Pulau Sumatera. Negara ini mempunyai komunitas sekitaran 67 juta jiwa pada 2020, menurut nationonline.org, dan menjadi satu diantara negara paling padat ke-19 di dunia.

Negara yang sekarang dipegang Presiden Emmanuel Macron ini berperanan benar-benar berarti dalam soal internasional, dengan bekas koloni setiap pojok dunia. Ditambah, Prancis ialah satu dari 5 anggota masih tetap Dewan Keamanan PBB.

Negara ini sudah lama jadi jembatan geografis, ekonomi, dan bahasa yang menyambungkan Eropa utara dan selatan, dan dikenali sebagai produsen pertanian paling penting di Eropa dan salah satunya kemampuan industri terpenting di dunia.

BACA JUGA: Mirip Timur Tengah, Ini Rekomendasi Tujuh Wisata Gurun Pasir di Indonesia

Berikut enam fakta menarik Prancis yang diringkas dari beragam sumber.

  1. Fakta Menarik Prancis, Mekanisme Pemerintah

Prancis adalah negara paling tua di dunia yang sempat berwujud kerajaan di bawah satu penguasa di Era Tengah. Sekarang ini, kewenangan pusat ada di tangan negara, walau beberapa otonomi dikasih ke pemda dalam beberapa dasawarsa paling akhir.

Orang Prancis melihat negara sebagai penjaga khusus kebebasan, dan negara pada gilirannya sediakan program sarana yang baik hati untuk masyarakatnya, dimulai dari pengajaran gratis sampai perawatan kesehatan dan gagasan pensiun. Walau demikian, kecondongan sentralis ini kerap berlawanan dengan jati diri kuno bangsa Prancis yang lain, yakni tekanan dominasi pribadi.

Tentang ini sejarawan Jules Michelet memberi komentar, “Inggris ialah sebuah kerajaan, Jerman ialah sebuah bangsa, sebuah ras, Prancis ialah sebuah individu.” Mencuplik dari situs Britannica, Senin, 10 Oktober 2022, negarawan Charles de Gaulle sempat juga berkata, “Cuma bahaya yang bisa menjadikan satu Prancis. Seorang tidak dapat memaksa persatuan mendadak di negara yang mempunyai 265 tipe keju.”

  1. Fakta Menarik Prancis, Budaya

Budaya Prancis sudah menebar jauh dan benar-benar memengaruhi perubahan seni dan ilmu dan pengetahuan, terutamanya antropologi, filsafat, dan sosiologi. Dalam mayoritas sejarahnya, Prancis berperanan sentra dalam budaya Eropa.

Dengan timbulnya kolonialisme dan perdagangan global, Prancis capai pasar dunia. Style artistik, kulineran, dan baju Prancis mempengaruhi budaya tinggi dan terkenal beberapa negara di penjuru dunia, khususnya Paris yang berjulukan Kota Model.

Paris sebagai kota terpopuler pada tengah era ke-19 yang berjulukan ville lumire atau kota sinar. Pembangunannya dipegang oleh Georges-Eugène, Baron Haussman, yang memiliki komitmen pada misi Napoleon III mengenai sebuah kota kekinian yang bebas dari rawa-rawa koleris dan gang-gang kuno yang padat, dan jalan lebar dan gagasan reguler. Paris sekarang menjelma sebagai kota megapolitan paling besar di Eropa yang jantungnya masih bisa dilewati dengan jalan kaki pada malam hari.

  1. Fakta Menarik Prancis, Keadaan Geografis

Prancis berada di dekat ujung barat dataran besar Eurasia, mayoritas antara garis lintang 42° dan 51° LU. Pada dasarnya berwujud heksagonal, daerah benuanya bersebelahan di timur laut dengan Belgia dan Luksemburg, di timur oleh Jerman, Swiss, dan Italia, di selatan oleh Laut Mediterania, Spanyol, dan Andorra, di barat oleh Teluk Biscay, dan di barat laut oleh Selat Inggris (La Manche).

Di utara, Prancis menghadap tenggara Inggris melewati Selat Dover (Cocok de Calais) yang sempit. Monaco ialah wilayah kantong mandiri di pantai selatan, dan pulau Corsica di Mediterania diberlakukan sebagai sisi integral dari negara.

Lanscape Prancis mayoritas terbagi dalam daratan rendah, daratan tinggi, dan block gunung yang lebih tua. Skema ini memimpin di atas pegunungan yang lebih muda dan tinggi, seperti Pegunungan Alpen dan Pyrenees. Keberagaman tanahnya ciri khas Eropa Kontinental.

Tiga daerah geologis khusus bisa diperbedakan dalam beberapa sisa rangka pegunungan kuno yang membuat daratan utara dan barat. Sementara pegunungan lipatan muda yang semakin tinggi ada di selatan dan tenggara, terhitung Alpen dan Pyrenees, dengan daratan sempit yang mengikutinya.

Selain artikel fakta menarik Prancis, simak juga: Mirip Timur Tengah, Ini Rekomendasi Tujuh Wisata Gurun Pasir di Indonesia

  1. Fakta Menarik Prancis, Bermacam Dialek Bahasa

Bahasa Prancis ialah bahasa nasional, diucap dan diberikan di mana saja. Tetapi, dialek dan aksen menyebar luas di wilayah perdesaan, dan beberapa orang condong melestarikan rutinitas ilmu bahasa wilayah mereka baik lewat adat atau lewat pengembalian suka-rela dan tersengaja ke aksen wilayah tertentu.

Kecondongan ini terkuat di wilayah tepian Prancis. Pada bagian timur dan utara negara tersebut, bahasa Alsatian dan Flemish (Belanda) ialah bahasa Jermanik; di selatan, Occitan (Provençal atau Languedoc), Corsica, dan Catalan memperlihatkan dampak bahasa Latin.

Breton ialah bahasa Celtic yang berkaitan dalam bahasa yang dipakai di sejumlah sisi barat Kepulauan Inggris (khususnya Wales), dan Basque ialah bahasa yang terisolasi. Sesudah pengenalan pengajaran dasar universal sepanjang Republik Ke-3 pada 1872, pemakaian bahasa wilayah benar-benar didesak untuk kebutuhan persatuan nasional, dan siswa yang memakainya dijatuhi hukuman.

Sebagai reaksi atas bertambahnya sentimen regional, bahasa-bahasa ini sudah dikenalkan di beberapa sekolah dan kampus, khususnya karena beberapa salah satunya, seperti Occitan, Basque, dan Breton, sudah menjaga adat sastra. Imigrasi belakangan ini sudah mengenalkan beragam bahasa non-Eropa, khususnya bahasa Arab.

  1. Fakta Menarik Prancis, Pertanian

Cuaca Prancis biasanya memberikan keuntungan untuk budidaya. Mayoritas daerah Prancis berada pada bagian selatan zone beriklim sedang, walau zone subtropis mencakup tepian selatannya.

Curahan hujan banyak di mayoritas Prancis, jadi suplai air biasanya tidak jadi permasalahan. Suplai ikan yang cukup di Samudra Atlantik dan Laut Mediterania sediakan sumber daya tambahan.

Sementara, daerah dataran Prancis yang luas lebih dari setengahnya ialah tempat pertanian atau penggembalaan dan seperempatnya kembali berhutan. Relief dan tanah yang bervariatif di negara ini dan zone cuaca yang kontras makin tingkatkan kekuatan ini.

Pertanian mengaryakan relatif sedikit orang, sekitaran tiga persen dari angkatan kerja dan cuma memberi kontributor kecil pada PDB yakni sekitaran dua persen. Tetapi Prancis ialah negara pertanian terpenting Uni Eropa, menyumbangkan lebih dari seperlima dari keseluruhan nilai output, dan sendiri bertanggungjawab atas lebih dari sepertiga produksi minyak sayur, sereal, dan anggur UE.

Prancis sebagai pengekspor komoditas pertanian khusus dunia, dan sekitaran seperdelapan dari keseluruhan nilai export negara yang kelihatan berkaitan dengan pertanian dan produk minuman dan makanan berkaitan. Prancis mempunyai tempat pertanian yang bisa dipakai selebar nyaris 74 juta hektar (30 juta hektare), lebih dari tiga perlimanya dipakai untuk pertanian yang subur.

  1. Fakta Menarik Prancis, Ekonomi Prancis

Prancis adalah kemampuan ekonomi khusus dunia, sejajar dengan beberapa negara seperti Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Italia, dan Inggris. Status keuangannya menggambarkan masa perkembangan yang belum sempat terjadi awalnya yang berjalan sepanjang mayoritas masa pascaperang sampai tengah 1970-an.

Di antara 1960—1973 saja, kenaikan produk lokal bruto (PDB) rerata nyaris enam % tiap tahun. Sebagai buntut dari kritis minyak pada 1970-an, tingkat perkembangan cukup moderat dan pengangguran bertambah secara signifikan. Di akhir 1980-an, pengembangan yang kuat terlihat kembali. Trend ini bersambung, walau di tingkat yang lebih rendah, sampai era ke-21. Tetapi, negara tersebut alami kontraksi karena keadaan wabah Covid-19 pada 2020 dengan tingkat kemajuan ekonomi -11 persen. (rf)

Tersebut beberapa fakta menarik Prancis. Mudah-mudahan bermanfaat.

Selain artikel fakta menarik Prancis, simak juga: 12 Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris untuk Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *