Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Enea Bastianini Libas Bagnaia di MotoGP Aragon

waktu baca 3 menit
Enea Bastianini Libas Bagnaia di MotoGP Aragon Foto/Istimewa

Berita Olahraga, sulawesitoday sports – Enea Bastianini menjadi yang terbaik dan berhasil libas Frasesco Bagnaia pada lomba MotoGP Aragon Sirkut MotorLand, Minggu 18 September 2022.

Luar biasa. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan performa Enea Bastianini (Gresini Racing) di balapan MotoGP Aragon, mulai dari posisi ketiga di grid di belakang duo tim pabrikan Ducati-Lenovo Francesco Bagnaia dan Jack Miller, La Bestia (The Beast) berhasil libas Bagnaia dan memenangkan balapan 23 putaran.

Bagi Bastianini, ini adalah kemenangan ketiganya atau podium keempat musim ini di MotoGP. Sebelumnya, Juara Dunia Moto2 2020 itu menjadi yang terbaik di GP Qatar (balapan satu), GP Amerika (keempat) dan GP Prancis (ketujuh).

Bagi Bastianini, ini juga merupakan podium pertamanya berturut-turut di kategori MotoGP, setelah finis P2 pada balapan sebelumnya di Misano, GP San Marino.

Tempat kedua ditempati oleh Bagnaia, yang start dari pole position dan meski tidak meraih kemenangan kelima berturut-turut di MotoGP, pembalap Italia itu cukup puas dengan menutup jarak dengan pemimpin klasemen Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP).

Ini merupakan kali kedua di musim MotoGP 2022 El Diablo tidak finis (Did Not Finish/DNF). Pemimpin klasemen sementara pebalap MotoGP itu pun pulang tanpa poin di GP Belanda pada 26 Juni mendatang.

Pada lap yang sama, Marquez terlibat insiden lain, kali ini dengan sesama pebalap Honda Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu). Saat hendak memasuki Tikungan 8, keduanya bertabrakan dan Nakagami terjatuh.

Setelah dua insiden ini, Marquez harus pensiun setelah komponen sepedanya terlepas.

Menyusul drama tersebut, Bagnaia diremukkan Bastianini di lap 9. Sebelum itu, Bastianini menyalip Jack Miller untuk P2. Miller kemudian kehilangan finis kedua dari Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing).

Komposisi tiga besar: Bagnaia, Bastanini dan Binder terus memimpin hingga lima lap menjelang akhir. Namun sebelum dua lap terakhir, Aleix Espargaró (Aprilia Racing) berhasil merebut P3 dari Binder.

Bencana Pecco Bagnaia juga terjadi di lap terakhir, lap 23. Enea Bastianini berhasil mengalahkan Bagnaia dari sudut kanan dalam dan tetap memimpin hingga akhir.

Baca: Dewan Pers Tunggu Kabar Kepulangan Azyumardi Azra

Hasil 2-1 Enea Bastianini dan Francesco Bagnaia juga memastikan Ducati menjuarai Kejuaraan Dunia Konstruktor MotoGP 2022.

Sementara itu, peluang Aleix Espargaró untuk melanjutkan perebutan gelar masih terbuka lebar setelah ia berhasil finis ketiga di podium MotoGP Aragón. Ini adalah pertama kalinya Espargaro kembali ke podium, setelah terakhir kali melakukannya pada 29 Mei di Mugello, GP Italia.

Terima kasih juga kepada Brad Binder. Mulai dari posisi kesepuluh di grid, pembalap Afrika Selatan itu mampu finis P4 di MotorLand Aragon. Jack Miller melengkapi Top 5 di lomba MotoGP Aragon. (*/Ikh)

Baca: MotoGP Aragon 2022: Comeback Marquez Makan Korban

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.