Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Empat Tips Simpel Menjaga Kesehatan Mental

waktu baca 3 menit
Empat Tips Simpel Menjaga Kesehatan Mental. (Foto: iStock)

Menjaga Kesehatan Mental, ragam sulawesitoday Banyak orang yang memutuskan target atau resolusi saat menyongsong tahun yang baru. Beberapa target itu, salah satunya mengoreksi diri, menambahkan pengetahuan, tingkatkan usaha, menabung, profesi dan beberapa hal positif yang lain.

Namun, selain resolusi itu, seharusnya juga jadi perhatian kesehatan mental. Ini perlu dilakukan supaya Sahabat lebih siap hadapi rintangan mendatang pada tahun ini.

Supaya Sahabat dapat semakin terbantu dalam menjaga kesehatan mental, baca di bawah ini tips simpelnya:

 

  1. Berlaku Baik Pada Diri Sendiri

Di tahun baru, Sahabat harus coba lebih pahami dan berlaku baik ke diri kita. Tidak boleh terlampau keras ke diri kita, atau memaksa target sampai Sahabat lupa nikmati hidup. Karena, hal tersebut dapat memacu depresi.

Jika Sahabat pernah melakukan perbuatan salah bukan sebuah permasalahan, karenanya menjadi proses evaluasi hidup dan pembaruan diri untuk yang akan datang. Mengatur rasio fokus yang searah dengan arah hidup yang ingin Sahabat raih.

Disamping itu, sering-seringlah memberikan afirmasi positif pada diri kita, untuk menambahkan semangat jalani hari. Tetapi, di antara aktivitasmu, seharusnya masih tetap menyempatkan diri untuk istirahatkan pemikiran atau menjaga diri. Janganlah lupa pada perolehan yang telah Sahabat capai dan beberapa orang di sekitar yang mengasihimu.

 

  1. Teratur Olahraga dan Rileksasi

Olahraga teratur dan latihan rileksasi dapat berpengaruh besar untuk kesehatan mental. Karena olahraga dapat menurunkan depresi, tingkatkan ketahanan badan dan membuat tidur lebih pulas. Untuk Sahabat yang tidak terlatih olahraga, coba dengan kegiatan yang enteng, seperti jogging pada pagi hari, renang atau yoga.

Kerjakan olahraga minimal 30 menit tiap hari, buat mendapatkan faedah yang optimal. Disamping itu, imbangi dengan mengonsumsi makanan yang bergizi serta sehat. Saat banyak tugas yang mengambil alih pemikiran Sahabat, lakukan rileksasi dengan atur pernafasan untuk menyingkirkan depresi. Pejamkan mata dan ambil napas dalam-dalam dengan perlahan-lahan dan buang perlahan-lahan, selanjutnya ulang seringkali sampai kamu berasa semakin tenang.

 

  1. Meluapkan Isi Hati

Saat Sahabat sedang mendapatkan permasalahan dan alami depresi, kadang Sahabat memerlukan seseorang sebagai tempat narasi. Tidak boleh sangsi untuk share narasi dan keluhan ke orang paling dekat yang Sahabat percayai.

Karena, hal tersebut akan membuat Sahabat lebih lega. Menceritakan ke orang lain masalah permasalahan yang Sahabat rasakan, juga dapat membuat kamu berpikiran positif, dan memperoleh anjuran dan Sahabat semakin lebih mengenali diri kita.

Jika suatu hal yang Sahabat temui berasa semakin berat dan berasa tidak sanggup menanganinya, selekasnya minta kontribusi keluarga, teman dekat, rekan, atau professional kesehatan mental.

 

  1. Tidur Yang Cukup Setiap Hari

Jadwal tidur mempunyai dampak yang besar sekali pada kesehatan mental. Masalahnya bila keadaan kekurangan tidur, badan akan berasa kecapekan fisik dan mental, dan tingkatkan resiko terserang penyakit kerena ketahanan tubuh menurun.

Menurut The National Sleep, untuk orang dewasa, dianjurkan tidur sepanjang 7-9 jam setiap hari untuk kesehatan yang maksimal. Karenanya, Sahabat dapat untuk coba transisi waktu tidur cukup yang teratur tiap hari, untuk menjaga kesehatan mental. (WS)

Selain artikel Empat Tips Simpel Menjaga Kesehatan Mental, baca juga:Ini Pengaruh Tidur Siang untuk Kesehatan Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *