Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Empat Tips Batasi Penggunaan Medsos, Untuk Jadi Produktif

waktu baca 3 menit
Empat Tips Batasi Penggunaan Medsos, Untuk Jadi Produktif. (Foto: iStock)

Batasi Penggunaan Medsos, ragam sulawesitoday Rutinitas menggulirkan monitor smartphone tanpa arah yang tidak jelas bisa mengakibatkan depresi dan kecapekan psikis. Disamping itu, rutinitas ini dapat habiskan beberapa waktu yang sebetulnya dapat dipakai untuk lakukan beberapa hal yang lebih berguna.

Mindless scrolling ialah rutinitas menggulir secara terus-terusan di Media Sosial (Medsos) atau website tanpa arah yang terang. Beberapa orang terjerat dalam rutinitas ini sebab menganggap jemu, tidak tahu apakah yang harus dilaksanakan, atau cuma cari destruksi sebentar.

Walau rutinitas ini kemungkinan kelihatan tidak beresiko, rupanya dapat mempunyai imbas negatif pada kesehatan psikis dan keproduktifan seorang, lho!

Yuk sama – sama kita dapat mengaplikasikan empat tips kurangi atau bahkan juga hentikan rutinitas scrolling Medsos di bawah ini:

 

  1. Membuat Daftar Pekerjaan

Membuat daftar pekerjaan, akan sebegitu membantu sahabat kurangi sikap stimulanif saat bermain Medsos.

Dengan membuat daftar pekerjaan yang terorganisir dan konsentrasi, sahabat bisa jadi muda terhindar dari mindless scrolling Medsos, hingga bisa tingkatkan keproduktifan dan efektivitas sahabat dalam menuntaskan tugas.

Nah, untuk membuat daftar pekerjaan yang efisien, pertama kali sahabat perlu tentukan arah dan mengategorikan beberapa tugas sesuai fokus. Selanjutnya, tambah tanggal sasaran untuk menuntaskan tiap pekerjaan dan tetapkan waktu yang hendak dipakai untuk menyelesaikannya.

 

  1. Kerjakan Detoks Medsos

Untuk sahabat yang susah terlepas dari ketagihan handphone selama seharian, sahabat pasti kesusahan jadi orang yang produktif sekalinya sahabat usaha payah mengeyahkan penglihatan dari monitor. Ini bisa jadi muncul karena produksi hormon dopamin yang terlalu berlebih, terlebih cuma didapat dengan sentuhan jemari.

Asal sahabat ketahui saja, beberapa penemuan telah memberikan laporan jika penggunaan medsos periode panjang pungkas akan menghancurkan sudut pandang dan bikin rugi psikis.

Oleh karenanya, sahabat perlu lakukan penangkalan supaya tidak terlarut dalam ketagihan gawai, triknya dengan cari tempat di dalam rumah atau di kantor di mana sahabat terang tidak bawa handphone, seperti ruang tidur atau kamar makan.

Detoks medsos bermakna hentikan semua rutinitas bermain medsos secara utuh, ini akan membantu sahabat agar semakin konsentrasi pada aktivitas yang dilaksanakan tanpa gampang terdistraksi.

 

  1. Batasi Penggunaan Waktu Bermain

Bila sahabat masih kesusahan lakukan detoks awal mula, minimal sahabat bisa perlahan-lahan kurangi waktu bermain Medsos. Bila sebelumnya sahabat dapat habiskan 4-6 jam setiap hari buka beragam Medsos, sahabat bisa kurangi waktu itu dengan hapus beberapa Medsos.

Nah, diharap sahabat dapat buka Medsos seminim mungkin atau seperlunya saja. Disarankan setiap hari sahabat dapat memasangkan sasaran waktu cuma 2-3 jam saja. Disamping itu, sahabat bisa mematikan pemberitahuan atau notofikasi yang akan membuat sahabat tertarik kembali lagi ke dalamnya.

 

  1. Pakai Tehnik Pomodoro

Nah, saat sahabat telah cukup mulai terlatih kurangi ketagihan Medsos. Ini waktunya sahabat mulai dapat lakukan aktivitas yang lebih produktif apa yang hendak membantu sahabat berkembang dan tumbuh tiap hari.

Kemudian, supaya sahabat dapat lebih mengatur rutinitas main medsos, sahabat perlu mengaplikasikan tehnik pomodoro saat lakukan beberapa kegiatan tertentu diantaranya tehnik pomodoro? Tehnik ini memakai timer untuk membagikan tugas dan waktu istirahat.

Secara umum, tehnik ini memiliki durasi 2 jam yang dibagi jadi 4 sesion, setiap 25 menit dipakai untuk lakukan aktivitas tertentu dan 5 menit untuk istirahat sesaat. Waktu istirahat 5 menit bisa sahabat pakai untuk bermain medsos, janganlah sampai lewat! (WS)

Selain artikel Empat Tips Batasi Penggunaan Medsos, Untuk Jadi Produktif, baca juga:Tips Tenang Saat Menghadapi Tekanan Pekerjaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *