Dukcapil Parigi Moutong Siap Fasilitasi WABIN Lapas Parigi untuk Memiliki NIK

waktu baca 2 menit
Dukcapil Parigi Moutong Siap Fasilitasi WABIN Lapas Parigi untuk Memiliki NIK. (Foto: Dirjen Dukcapil)

Dukcapil Parigi Moutong siap fasilitasi WABIN Lapas Parigi untuk memiliki NIKDinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, berkomitmen untuk membantu Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Parigi dalam mendapatkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Pemberian NIK untuk WBP di Lapas Parigi bertujuan untuk memberikan identitas resmi yang dapat digunakan untuk keperluan administrasi dan kehidupan sehari-hari setelah mereka selesai menjalani masa hukuman.

Namun, proses pemberian NIK bagi WBP di Lapas Parigi memiliki beberapa kendala, di antaranya adalah minimnya data kependudukan WBP.

“Oleh karena itu, Dukcapil Parigi Moutong telah menyatakan kesiapan mereka untuk membantu proses pemberian NIK bagi WBP di Lapas Parigi,” ungkap Kepala Dinas Dukcapil Parimo, Asmadi, beberapa waktu lalu.

Dukcapil Parigi Moutong telah melakukan koordinasi dengan pihak Lapas Parigi dan Dinas Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Provinsi Sulawesi Tengah untuk memudahkan proses ini.

Sebelumnya, WBP di Lapas Parigi hanya memiliki nomor registrasi dalam sistem internal Lapas dan belum memiliki NIK resmi dari Dukcapil.

Dukcapil Parigi Moutong siap membantu dalam proses pembuatan NIK dengan memanfaatkan data kependudukan yang dimiliki oleh Dukcapil Parigi Moutong.

“Langkah ini diharapkan dapat mempermudah proses administrasi dan pembuatan dokumen bagi WBP setelah mereka keluar dari Lapas Parigi,” sebutnya.

Selain itu, pemberian NIK juga dapat membantu pemerintah dalam memantau keberadaan dan aktivitas WBP yang telah selesai menjalani masa hukuman.

Kesimpulannya, Dukcapil Parigi Moutong telah menyatakan kesiapan mereka untuk membantu proses pemberian NIK bagi WBP di Lapas Parigi.

Langkah ini diharapkan dapat memudahkan proses administrasi dan pembuatan dokumen bagi WBP setelah mereka selesai menjalani masa hukuman.

Selain itu, pemberian NIK juga dapat membantu pemerintah dalam memantau keberadaan dan aktivitas WBP yang telah selesai menjalani masa hukuman. (Rahman)

Baca juga lainnya: Identitas Kependudukan Digital: Pengganti KTP Fisik Efisien dan Mudah

Dukcapil Parigi Moutong Siap Fasilitasi WABIN Lapas Parigi untuk Memiliki NIK
Dukcapil Parigi Moutong Siap Fasilitasi WABIN Lapas Parigi untuk Memiliki NIK. (Foto: Dirjen Dukcapil)

Author Profile

Sulawesitoday
Sulawesitoday merupakan lulusan sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin yang sedang menetap di Kota Parigi. Selama beberapa tahun terakhir, ia mengeksplor jenjang karirnya sebagai penulis di sejumlah bidang, mulai dari perannya sebagai jurnalis media cetak, content writer, hingga co-author pada sejumlah buku. Hingga saat ini ia masih mendedikasikan hidupnya pada berbagai macam karya tulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *