Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

DPRD: Parigi Moutong Perlu Siapkan SDM Jadi Penyangga IKN

waktu baca 2 menit
DPRD: Parigi Moutong Perlu Siapkan SDM Jadi Penyangga IKN

Berita parigi moutong, sulawesitoday.com – Wakil rakyat sebut kesiapan sumber daya manusia diperlukan guna mendukung Parigi Moutong jadi daerah penyangga ibu Kota negara (IKN).

“Selain produk ditawari untuk penuhi beberapa keperluan pangan IKN kelak, pasti harus didukung dengan persiapan SDM,” ungkapkan Ketua DPRD Parigi Moutong, Sayutin Budianto, Senin 11 April 2022.

Menurutnya, persiapan SDM dan komoditas sebagai target untuk IKN harus berkaitan, karena keperluan di ibu negara kelak tentu memerlukan suplai pangan lumayan besar.

Maka dari itu, sejak awal kali pemerintahan di tempat harusnya mempersiapkan dan membuat rencana vital buat merealisasikan gagasan itu.

Seperti hasil pendekatan Pemda Parigi Moutong dengan beberapa Pemda di Kalimantan Timur baru saja ini. Itu hasilkan persetujuan supply logistik yang dikerjasamakan. Salah satunya, produk pertanian dan perkebunan berbentuk beras dan durian montong.

“Kerja-sama ini benar-benar positif, kami mengharap bisa diwujudkan dan memberi kontributor yang sama-sama memberikan keuntungan,” sebut Sayutin.

Selain berita DPRD: Parigi Moutong Perlu Siapkan SDM Jadi Penyangga IKN, baca juga: Anggota DPRD Parimo Tidak Hadiri Paripurna, BK Akan Surati DPC

Lalu, dari bidang UMKM dipersiapkan empat produk favorit wilayah di tempat yaitu bawang goreng dalam paket, gula aren ciri khas wilayah, VCO atau minyak kepala daerah dan olahan kelor seperti sudah dilirik Pemerintahan Kota Samarinda dan Kabupaten Bontang, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Yang mana, khusus produk berbentuk olahan diatasi Dinas Koperasi dan UMKM sebagai lembaga tehnis.

“Tentu saja untuk bersedia keinginan wilayah arah, bagaimana pemerintahan di tempat mempersiapkan SDM pertanian dan UMKM, dalam masalah ini petani dan aktor upayanya,” tutur Sayutin.

Sebagai instansi legislatif, ucapnya, pihaknya benar-benar memberikan dukungan usaha Pemda Parigi Moutong ingin berperan serta jadi wilayah pemasok keperluan pangan nasional.

Maka dari itu, DPRD di tempat menanti document rencana Pemda Parigi Moutong untuk dimatangkan bersama, karena kerja sama ini dibuat tidak lain untuk kebutuhan periode panjang.

“Kita perlu menyaksikan seberapa banyak keperluan wilayah arah, lalu dibanding dengan konsumsi perkapita /tahun wilayah ini. Dari sana akan terlihat seberapa banyak komoditas yang perlu dibuat untuk keperluan mereka dan keperluan wilayah sendiri,” tutupnya. (**)

Selain berita DPRD: Parigi Moutong Perlu Siapkan SDM Jadi Penyangga IKN, baca juga: Parigi Moutong Jajaki Kerjasama dengan Kota Samarinda

 

tags: kapan pembangunan ikn,ikn 2021,otorita ikn adalah,lokasi ikn,ikn go id,ikn baru,dana ikn,ikn kalimantan

Leave a Reply

Your email address will not be published.