Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

DPRD: Momentum Dua Dekade Parigi Moutong Genjot Pembangunan

waktu baca 2 menit
Kabupaten Parigi Moutong

Berita parigi moutong, sulawesitoday.com – DPRD Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, mengatakan momentum dua dekade harus menggenjot pembangunan lebih optimal untuk kepentingan kesejahteraan warga.

Menurut dia, 20 tahun Parigi Moutong wewenang dari Pemerintahan Pusat jalankan otonomi wilayah. Pemda harus sanggup merealisasikan pembangunan secara cepat dan terus-menerus.

Itu sesuai misi Pemda yakni diwujudkannya kabupaten paling depan produktif, maju, aman, teratur dan memiliki daya saing tahun 2023.

Olehnya, berdasar patron arah pembangunan itu, karena itu eksekutif dan legislatif harus sanggup membuat kerjasama yang baik pada merealisasikan harapan Pemda Parigi Moutong.

“Support kami di DPRD merealisasikan pembangunan semakin maju pasti lewat lajur politik. Selanjutnya, eksekutif sebagai pelaksana eksekusi atau pengambil peraturan menerapkannya lewat beberapa program pro rakyat, karena pembangunan dilaksanakan tidak lain untuk kebutuhan warga,” katanya.

Selain berita DPRD Momentum Dua Dekade Parigi Moutong Genjot Pembangunan, baca juga: Sekda Zulfinasran: Perlu Genjot Kebutuhan Pangan Ibukota

Salah satunya contoh, pengentasan kemiskinan jadi kewajiban pemerintahan menyelesaikan sebagai mana instruksi konstitusi Undang-Undang Dasar 1954.

2021, jumlah warga miskin di Parigi Moutong 76,79 ribu jiwa, dengan prosentase 15,28 %, alami pengurangan dibandingkan tahun 2020. Dan sekarang ini ada di posisi ke-4 kemiskinan Sulteng sesudah Kabupaten Donggala dan Tojo Una-una dan Poso.

Dan Index Pembangunan Manusia memberikan angka positif yaitu 65,82 % atau bertambah sebesar 0,38. Dan bidang ekonomi Produk Lokal Regional Bruto (PDRB) ada di angka 42,44 tumbuh positif di pacu kontributor tiga lapangan usaha yaitu bidang pertanian 42,44 %, perdagangan 15,24 % dan bidang konstruksi 12,85 % (BPS 2021).

“Pertumbuhan-pertumbuhan semacam ini didorong agar tahun selanjutnya lebih bertambah dan warga lebih mempunyai kesempatan terhubung lapangan pekerjaan dan aktivitas yang lain,” ucapnya.

HUT Parigi Moutong ke-20 tahun pas pada 10 April 2022, yang dimekarkan 10 April 2002. (**)

Selain berita DPRD Momentum Dua Dekade Parigi Moutong Genjot Pembangunan, baca juga: Wabup: HUT ke 20 Parigi Moutong Jadi Momentum Evaluasi Diri

 

tags: kota parigi,kecamatan parigi,parimo,pantai parigi,parigi daerah mana,info parigi moutong,cpns parigi moutong,parigi moutong dimana,berita terkini parigi moutong,wisata parigi moutong,parigi moutong sulawesi tengah,kota parigi sulawesi tengah,jarak poso ke parigi,sejarah parigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.