Kumpulan Doa Ziarah Kubur Orang Tua Lengkap dengan Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya

waktu baca 6 menit
Foto: tangkap layar twitter. Kumpulan Doa Ziarah Kubur Lengkap dengan Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahannya.

Doa ziarah kubur orang tua – Doa ziarah kubur merupakan salah satu amalan penting dalam agama Islam. Selain memohon perlindungan kepada Allah SWT, doa ini juga menjadi sarana untuk mendoakan orang-orang yang telah meninggal dunia. Namun, tidak semua umat Islam memahami betul doa itu beserta bahasa Arab, Latin, dan terjemahannya.

Oleh karena itu, akan dibagikan kumpulan doa ziarah kubur lengkap dengan bahasa Arab, Latin, dan terjemahannya yang patut teman-teman pelajari.

Doa Ziarah Kubur orang tua

Dari laman MUI, berikut daftar doa ziarah kubur beserta bahasa Arab, Latin, dan terjemahannya:

  1. Doa Ziarah Kubur orang tua I

Bahasa Arab: السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُسْلِمِيْنَ، وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَاحِقُوْنَ، نَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

Latin: Assalamu ‘alaikum ahla aldiyari minal mu’minina wal muslimin, wa inna in sha Allah bikum lahiqun, nas’alullaha lana walakumu al ‘afiyah

Terjemahan: Salam sejahtera atas kalian penghuni rumah dari kalangan orang beriman dan muslim, kami akan mengikuti kalian suatu saat nanti, semoga Allah memberikan kesehatan kepada kami dan kalian.

  1. Doa Ziarah Kubur orang tua II

Selain doa-doa yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat juga doa lain yang biasa dibaca ketika ziarah kubur.

Doa tersebut adalah:

“اللّهُـمَّ اغْفِـرْ لَـهُ وَارْحَمْـهُ، وَعَافِـهِ وَاعْفُ عَـنْهُ، وَأَكْـرِمْ نُزُلَـهُ، وَوَسِّـعْ مُدْخَلَـهُ، وَاغْسِلْـهُ بِالْمَـاءِ وَالثَّـلْجِ وَالْبَـرَدِ، وَنَقِّـهِ مِنَ الْخَطَـايَا كَماَ يُـنَقَّى الثَّـوْبُ الأَبْيَـضُ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْـهُ دَاراً خَـيْراً مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلـاً خَـيْراً مِنْ أَهْلِـهِ، وَزَوْجَـاً خَـيْراً مِنْ زَوْجِـهِ، وَأَدْخِـلْهُ الْجَـنَّةَ، وَأَعِـذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَـبْرِ وَعَذَابِ النَّـارِ”

Artinya:

“Ya Allah, ampunilah dia dan berikanlah rahmat kepadanya, berikanlah kesembuhan kepadanya, maafkanlah dosanya, muliakanlah tempatnya di dalam kuburnya, luaskanlah kuburnya, cuci lah dia dengan air, salju, dan hujan es, bersihkanlah dia dari segala dosa seperti pakaian putih yang dibersihkan dari kotoran, berikanlah dia rumah yang lebih baik dari rumahnya, keluarga yang lebih baik dari keluarganya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya, masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dia dari siksa kubur dan siksa neraka.”

Doa ini biasanya dibaca ketika berada di dekat kubur seseorang yang telah meninggal dunia. Selain itu, doa ini juga bisa dibaca kapan saja sebagai bentuk penghormatan dan doa untuk orang yang telah meninggal dunia.

Hadits tentang doa ziarah kubur tua

Hadits tentang doa ziarah kubur adalah salah satu hadits yang sering disebutkan dalam agama Islam. Hadits ini mengajarkan umat Islam untuk selalu berdoa ketika melakukan ziarah kubur.

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai hadits tentang doa ziarah kubur:

Hadits ini disebutkan dalam kitab Sahih Muslim, Abu Dawud, dan Tirmidzi. Berikut adalah teks hadits dalam bahasa Arab:

عَنْ بُرَيْدَةَ رضي الله عنه قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم : إِذَا دَخَلْتُمُ الْقُبُورَ فَصَلُّوا عَلَى أَهْلِهَا السَّلَامَ فَإِنَّهَا تَذْهَبُ بِالتَّحِيَّةِ مِنَ الْمَيِّتِ إِلَى الْمَيِّتِ

Artinya: Dari Buraidah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila kalian masuk ke kubur, maka ucapkanlah salam kepada penghuninya, karena salam tersebut akan sampai kepada orang yang telah mati.”

Hadits ini mengajarkan umat Islam untuk memberikan salam kepada orang yang telah meninggal dunia ketika melakukan ziarah kubur. Selain itu, hadits ini juga mengajarkan umat Islam untuk berdoa bagi arwah orang yang telah meninggal dunia.

Keutamaan ziarah kubur orang tua

Ziarah kubur adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Selain sebagai bentuk penghormatan kepada orang yang telah meninggal dunia, ziarah kubur juga memiliki keutamaan-keutamaan yang sangat besar.

Berikut adalah penjelasan mengenai keutamaan ziarah kubur dalam agama Islam:

  1. Mengingat kematian

Ziarah kubur dapat membantu umat Islam untuk mengingat kematian dan akhirat. Dalam Islam, kematian bukanlah akhir dari segalanya, melainkan awal dari kehidupan yang kekal di akhirat. Dengan mengingat kematian, umat Islam diingatkan untuk selalu memperbanyak amal kebaikan dan berusaha untuk meraih keberkahan di akhirat.

  1. Memperoleh pahala

Ziarah kubur juga dapat memberikan pahala yang besar bagi umat Islam. Ketika seseorang melakukan ziarah kubur, ia berdoa dan memberikan sedekah untuk arwah orang yang telah meninggal dunia. Dalam Islam, sedekah untuk arwah orang yang telah meninggal dunia dapat memberikan pahala yang besar bagi pemberi sedekah.

  1. Mendapatkan syafaat

Ziarah kubur juga dapat memberikan kesempatan bagi umat Islam untuk mendapatkan syafaat dari orang yang telah meninggal dunia. Dalam Islam, syafaat adalah permohonan pertolongan kepada Allah SWT melalui orang yang telah diijinkan oleh Allah SWT untuk memberikan syafaat.

  1. Meningkatkan keimanan

Melakukan ziarah kubur juga dapat membantu meningkatkan keimanan umat Islam. Dengan melihat kuburan dan mengingat kematian, umat Islam diingatkan akan kebesaran Allah SWT dan kekuasaan-Nya. Hal ini dapat membantu umat Islam untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperbanyak amal kebaikan.

Waktu ziarah kubur

ada beberapa waktu yang dianjurkan untuk melakukan ziarah kubur, antara lain:

  1. Hari Jumat

Hari Jumat adalah hari yang sangat dianjurkan untuk melakukan ziarah kubur. Hal ini disebabkan karena pada hari Jumat, doa-doa yang dipanjatkan akan lebih cepat dikabulkan oleh Allah SWT.

  1. Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan juga merupakan waktu yang sangat dianjurkan untuk melakukan ziarah kubur. Hal ini disebabkan karena pada bulan Ramadhan, pahala dari amal kebaikan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

  1. Setelah shalat Jumat

Setelah melaksanakan shalat Jumat, disunnahkan untuk melakukan ziarah kubur. Hal ini dapat memberikan banyak manfaat, antara lain untuk mengingat kematian dan berdoa untuk arwah orang yang telah meninggal dunia.

  1. Setelah shalat Idul Fitri dan Idul Adha

Setelah melaksanakan shalat Idul Fitri dan Idul Adha, juga disunnahkan untuk melakukan ziarah kubur. Hal ini dapat menjadi wujud syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT dan juga untuk memberikan doa untuk arwah orang yang telah meninggal dunia.

  1. Kapan saja diperlukan

Selain waktu-waktu yang disebutkan di atas, ziarah kubur dapat dilakukan kapan saja diperlukan. Namun, perlu diingat bahwa ziarah kubur sebaiknya dilakukan dengan niat yang ikhlas dan tidak dilakukan hanya sekadar tradisi atau budaya semata.

FAQs Doa Ziarah Kubur orang tua

Baik, berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang beberapa pertanyaan umum mengenai Doa Ziarah Kubur:

  1. Apa itu Doa Ziarah Kubur?

Doa itu adalah doa yang dibaca saat mengunjungi makam atau kuburan, sebagai bentuk penghormatan dan permohonan ampun bagi arwah orang yang telah meninggal dunia.

  1. Apa tujuan dibaca Doa Ziarah Kubur?

Tujuan dibacanya Doa itu adalah untuk mendoakan dan memohon ampun bagi orang yang telah meninggal dunia, serta menunjukkan rasa hormat dan penghormatan terhadap arwah tersebut.

  1. Kapan sebaiknya membaca Doa Ziarah Kubur?

Doa itu biasanya dibaca saat mengunjungi kuburan atau makam, seperti saat melakukan ziarah kubur atau pada hari-hari tertentu seperti Idul Fitri dan Hari Raya Qurban.

  1. Apakah ada waktu yang tepat untuk membaca Doa Ziarah Kubur?

Tidak ada waktu yang tepat atau khusus untuk membaca Doa itu. Namun, biasanya doa ini dibaca pada siang atau malam hari, tergantung pada situasi dan kondisi. (Rahman)

Sumber: https://mui.or.id/bimbingan-syariah/tuntunan-ibadah/51369/doa-untuk-ziarah-kubur-dan-tata-cara-melafazkannya/

Baca juga: Ini Cara Mengirim Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal

Kumpulan Doa Ziarah Kubur Lengkap dengan Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahannya
Foto: tangkap layar twitter. Kumpulan Doa Ziarah Kubur Orang tua Lengkap dengan Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahannya.

Author Profile

Sulawesitoday
Sulawesitoday merupakan lulusan sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin yang sedang menetap di Kota Parigi. Selama beberapa tahun terakhir, ia mengeksplor jenjang karirnya sebagai penulis di sejumlah bidang, mulai dari perannya sebagai jurnalis media cetak, content writer, hingga co-author pada sejumlah buku. Hingga saat ini ia masih mendedikasikan hidupnya pada berbagai macam karya tulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *