Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

DLH: Tambang Galian C di Parigi Moutong Wajib Miliki Izin

waktu baca 3 menit
DLH: Tambang Galian C di Parigi Moutong Wajib Miliki Izin (Foto: Illustrasi)

Berita parigi moutong, sulawesitoday.comDinas Lingkungan Hidup (DLH) menyebut aktivitas tambang galian c di Parigi Moutong wajib miliki izin.

“Tambang itu beroperasi tanpa sepengetahuan pemerintah,” ungkap Kepala Bidang Penataan Lingkungan DLH Parigi Moutong, Idrus, saat dihubungi, Selasa 22 Februari 2022.

Ia mengatakan, pihaknya di tahun 2022 belum ada menerima pengusulan izin untuk galian c. DLH akan optimalkan pengawasan usaha tambang galian c tanpa izin operasi dari pemerintah.

Untuk usaha tambang wajib memenuhi sejumlah ketentuan diatur pemerintah. Olehnya, aktivitas tambang galian c di Parigi Moutong wajib miliki izin.

“Salah satu ketentuan dari pemerintah yaitu izin yang menyangkut lingkungan supaya dalam kegiatan pengelolaan tidak menimbulkan dampak,” tuturnya.

Baca juga: Walhi Nilai Tepat Kebijakan Cabut Izin Konsesi Hutan di Sulteng

Dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 tahun 2010 mengatur tentang pelaksanaan kegiatan usaha pertambangan mineral dan batubara.

Kategori tambang bebatuan yang masuk aktivitas galian C antara lain tanah urug, kerikil galian dari bukit, andesit, tanah liat, kerikil sungai dan pasir uruk.

“Pemda mengeluarkan rekomendasi sebelum pemerintah pusat mengeluarkan izin,” sebutnya.

Ia menyebut, usaha kegaiatan pertambangan wajib ditunjang berbagai dokumen perizinan.

Guna memastikan kebenaran laporan warga kata dia, pihaknya segera meninjau ke lokasi itu. Jika ditemukan, akan ada langkah-langkah kongkret.

“Baru dua pertambangan bebatuan beroperasi di Parigi Moutong sepanjang 2021. Titiknya di Kecamatan Sausu,” ucapnya.

Ia mengeluhkan tidak adanya anggaran perjalanan dinas tahun ini khusus melakukan pengawasan lapangan. Meskipun pihaknya mempunyai kewenangan melakukan pengawasan.

Dengan minimnya anggaran kata dia, akan membuat turunnya kinerja pengawasan di lapangan.

Ia menambahkan, akan melakukan peninjauan lapangan, termasuk peninjauan pembuatan tambak yang melangkah tata kelola lingkungan di Desa Pinotu.

“Kami kewalahan dalam pengawasan. Kalau pengawasan aksesnya dekat, bisa dijangkau, bagaimana kalau tempatnya jauh hingga ke perbatasan Provinsi Gorontalo, tentu kami kewalahan,” tutupnya. (**)

Baca juga: 11 Bisnis Terlaris di Sulawesi Tengah

 

Tags :

lokasi tambang emas di kasimbar, pt. trio kencana tambang emas, tambang emas Parigi,  profil pt trio kencana, amdal pt. trio kencana, pemilik pt trio kencana, tambang emas rakyat, tambang emas tradisional, pertambangan emas di papua, 10 tambang emas terbesar di indonesia, daerah penambangan emas dan perak di indonesia kecuali, hasil tambang amerika serikat, persebaran emas, pulau penghasil emas terbesar di indonesia, tambang emas terbesar di indonesia terdapat di wilayah, wilayah amerika serikat yang menghasilkan emas kecuali, tambang emas terbaru di indonesia, emas di papua, cara mengolah emas secara tradisional, emas dan perak terdapat di daerah, alat pertambangan, daerah penambangan emas yang terkenal di indonesia adalah di daerah, lokasi tambang emas, negara penghasil emas, negara penghasil tambang terbesar di dunia, sumber daya alam emas, tambang emas terbesar di indonesia, tambang emas di papua, tambang emas terbesar di dunia, emas adalah sumber daya alam yang berasal dari bidang, tambang emas di indonesia, tambang emas papua, berikut kota di indonesia yang memiliki cadangan emas terbesar di dunia adalah, penambangan emas, tambang emas dan perak banyak ditemukan di, negara penghasil emas terbesar di dunia, tuliskan lima sumber daya tambang di indonesia, tambang di papua, perusahaan tambang emas di indonesia, freeport papua adalah wilayah yang menghasilkan tambang jenis, penambangan tembaga di indonesia terdapat di, perusahaan tambang emas di papua, alat tambang, emas terbesar, emas terbesar di dunia, hasil tambang di papua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.