Dinsos Fasilitasi Penyaluran BLT BBM di Sulteng, Ini Tujuannya

waktu baca 2 menit
Dinsos Fasilitasi Penyaluran BLT BBM di Sulteng, Ini Tujuannya

Berita Sulawesi Tengah, sulawesitoday – Dinas Sosial atau Dinsos Dinsos Fasilitasi Penyaluran BLT BBM kepada keluarga penerima manfaat di wilayah Sulawesi Tengah.

Dinsos Fasilitasi Penyaluran BLT BBM itu sebagai upaya pemerintah daerah untuk menjaga jaya beli masyarakat tetap stabil.

“Tercatat, 130.248 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Sulawesi Tengah berhak menerima BLT berdasarkan data dari Kementerian Sosial RI,” jelas Kepala Dinas Sosial Sulteng, Siti Hasbiah yang dihubungi di Kota Palu, Sabtu 3 September 2022.

Hasbiah sapaannya, menjelaskan, data KPM tersebut masih berproses sebab data yang siap secara nasional masih sekitar 12,7 juta KPM, sedangkan sasaran penerima 20,6 juta KPM.

Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan jumlah penerima akan bertambah, sehingga pihak pemerintah dalam hal ini DInsos akan mengambil langkah konkrit untuk memenuhi kebutuhan target penyaluran BLT BBM tersebut.

“Penyaluran bantuan sosial (Bansos) ini kami sudah koordinasikan dengan Pemerintah Daerah (Pemda) di 13 kabupaten/kota di Sulteng,” ujar Hasbiah.

BACA JUGA: Dikbud Parimo Ingatkan Kepsek Tolak Guru Non-Aktif di Dapodik

Dia mengatakan, sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat, nilai BLT BBM adalah Rp 150.000 per orang selama empat bulan dengan pendistribusian bertahap ke kantor pos di wilayahnya masing-masing.

Tahap pertama dibayar Rp 300 ribu untuk bulan September dan Oktober, kemudian tahap kedua dengan nilai yang sama untuk bulan November dan Desember.

“Distribusi pertama untuk Sulawesi Tengah di Palu yang diluncurkan pada Sabtu tanggal 9 Maret 2022, menyusul kabupaten lain dengan harapan bantuan tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan yang mendesak,” kata Hasbiah.

Sementara itu, Kadis Sosial Kota palu, Romy Sandi mengungkapkan, bahwa 10.109 KPM sudah menerima penyaluran tahap pertama tersebut.

BACA JUGA: Nelayan Parimo Hilang Sejak Rabu Ditemukan di Perairan Ampana

Disalurkan dengan metode pengiriman door to door ke rumah penerima manfaat oleh petugas kantor pos.

Penyaluran didampingi Pemerintah Kota (Pemkot) Palu dan Pemerintah Sulteng melalui Dinas Sosial.

“Dinas sosial bertugas memberikan pendampingan, serta memantau dan melakukan evaluasi program penyaluran BLT BBM tersbeut,” kata Romy. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published.