Dikbud Parigi Moutong Dampingi Sekolah Penerima DAK Fisik

waktu baca 2 menit
Dikbud Parigi Moutong Dampingi Sekolah Penerima DAK Fisik

Sekolah Penerima DAK Fisik, berita parigi moutong – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong, Propinsi Sulawesi Tengah melakukan pendampingan pengaturan pertanggungjawaban untuk sekolah penerima dana peruntukan khusus 2022.

Pendampingan itu dibarengi bimbingan tehnis baik TK PAUD, SKB, SD atau SMP dilaksanakan secara bertepatan di Lantai dua Disdikbud Parimo.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dikbud Parigi Moutong, Ibrahim, menjelaskan, penerapan bimtek dan pendampingan mempunyai tujuan untuk mengatur administrasi dalam pengendalian keuangan yang dipakai.

“Dijumpai bersama untuk tahun ini DAK Fisik memiliki sifat swakelola, hingga pembuatan LPJ tidak demikian sulit karena sekolah, telah pahami bagaimana membuat pertanggungjawaban melalui dana BOS,” ungkapnya saat dijumpai Rabu 12 Oktober 2022.

Selain berita Sekolah Penerima DAK Fisik, baca juga: DKP Verifikasi Kelompok Penerima Bantuan Nelayan Parigi Moutong

Harus diingat, pengelolaan dana bos dan DAK ada perbedaan dari proses. Untuk dana Bos dialirkan dari pusat ke KPPN langsung ditransfer ke rekening sekolah, untuk DAK pusat ke KPPK masuk di rekening daerah, selanjutnya Disdikbud membuat SPUM dan SP2D keluar baru masuk ke rekening sekolah.

Dia menerangkan, banyak keluh kesah ditingkat sekolah karena terlampau lama waktunya dana DAK masuk di rekening baik tahapan satu dan dua, hingga beberapa pertanyaan dari luar karena terhentinya tugas.

“Jadi kami berikan dana tahap satu,¬†pekerjaannya baru sampai disana, untuk tahapan kedua menanti proses pencarian dahulu, itu semestinya yang penting dimengerti,” terangnya.

Dia menambah, pihaknya tengah menilai perkembangan tugas tahapan satu.

Bahkan juga dalam bimtek mengikutsertakan pihak Inspektorat untuk memberi pengetahuan mengenai penertiban aset untuk sekolah, dalam soal penertiban gedung yang direhab, bedah keseluruhan.

“Hingga mana barang- barang bisa dipakai menjadi aset sekolah yang tidak dapat sembarangan diambil, namun tetap bisa untuk pembangunan sekolah,” ujarnya. (rf)

Selain berita Sekolah Penerima DAK Fisik, baca juga: Dinsos: 214 Ribu Orang akan Terima BLT BBM Sulawesi Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *