Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Destinasi Wisata Rekomendasi Untuk Dikunjungi di Samarinda

waktu baca 5 menit

Destinasi Wisata Samarinda, ragam sulawesitoday Samarinda sebagai ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur. Kota ini jadi kota dengan Penduduk paling padat di Kalimantan. Sejauh ini Samarinda dikenali dengan kain tenunnya yang memiliki motif kotak-kotak dengan beragam warna. Kenyataannya, kota ini banyak memiliki potensi Pariwisata juga loh?

Bila dibanding dengan kota-kota lain di Indonesia, pariwisata Samarinda memasang sangat sedikit dikenal. Namun sebenarnya, kota ini banyak memiliki Destinasi wisata menjadi rekomendasi untuk dikunjungi.

Ingin tahu apa saja Wisata yang ada di Samarinda, baca di bawah ini:

 

  1. Wisata Pulau Kumala

Silahkan kita awali dengan lis pertama, Pulau Kumala. Sebetulnya tempat wisata satu ini tidak pas berada di Samarinda. Tetapi tempat wisata satu ini berada tidak jauh bila dilakukan dengan kendaraan, cuma 27 km dari Kota Samarinda. Pulau Kumala tercipta karena pengendapan lumpur Sungai Mahakam atau ilmiahnya disebutkan delta. Bila disaksikan cermat, pulau ini mempunyai wujud seperti perahu yang kebalik.

Sebagai salah satunya destinasi wisata, Pulau Kumala mempunyai taman wisata dengan lebih kurang 10 sarana permainan yang dapat sahabat coba seperti jet coaster, gokar, kereta menggantung, humor putar, dan kereta api mini untuk mengelilingi pulau sekalian nikmati panorama. Disamping itu sahabat bisa juga nikmati panorama Kota Tenggarong dari ketinggian dengan naiki Sky Tower yang membubung tinggi capai 750 desimeter!

Lokasinya: Jalan K.H. Ahmad Muksin, Tenggarong, Timbau, Tenggarong, Kalimantan Timur.

 

  1. Wisata Pulau Beras Basah

Tempat wisata referensi yang lain ialah Pulau Beras Basah. Seperti Pulau Kumala, pulau ini tidak berada pas di Kota Samarinda tetapi janjikan keelokan alam yang hebat. Untuk capai Pulau Beras Basah, saat yang dibutuhkan lumayan lama yakni sepanjang 3 jam dengan kendaraan.

Pulau ini ada di Selat Makassar, Bontang, Kalimantan timur. Keelokan pasir putih dan kejernihan air yang bercahaya kebiruan akan membuat sahabat lupa lelahnya perjalanan ke arah pulau ini.

Lokasinya: Selat Makassar, Bontang, Kalimantan Timur

 

  1. Wisata Air Terjun Pinang Seribu

Tempat wisata Samarinda satu ini ialah tempat wisata alam Air Terjun Pinang Seribu. Air terjun ini ada di Kelurahan Sempaja Utara, Samarinda Utara. Wujud yang unik seperti undakan pada anak tangga membuat air terjun ini dapat dinaiki. Sahabat dapat berkunjung air terjun ini saat bukan musim penghujan supaya saluran air terjun yang mengucur tidak begitu deras hingga relatif aman.

Lokasinya: Jalan Air Terjun, Sempaja Utara, Samarinda Utara, Kalimantan Timur

 

  1. Wisata Air Terjun Tanah Merah

Tempat Wisata Air Terjun Tanah Merah yang ada di Desa Purwosari, Samarida Utara ini mempunyai ketinggian 15 mtr. Uniknya, air yang mengucur di air terjun ini kelihatan jernih. Tetapi saat air telah ke arah hulu, warna air akan beralih menjadi kotor kemerahan. Ini karena dasar tanah hulu di sini sejenis gambut.

Lokasi: Jl. Muara Badak – Samarinda, Tanah Merah, Samarinda Utara, Kota Samarinda

 

  1. Wisata Kebun Raya Unmul

Nama kebun ini ialah ringkasan dari Kampus Mulawarman (Unmul). Ya, Kebun Raya Unmul Samarinda ini sebagai tempat wisata Samarinda yang dimiliki Kampus Mulawaman dan sudah terbuka untuk publik umum. Lama perjalanan ke Kebun Raya Unmul Samarinda lebih kurang 30 menit dari pusat kita Samarinda.

Di teritori Kebun Raya Unmul Samarinda ada danau besar yang sahabat dapat sewa sepeda air untuk berkeliling-keliling danau itu. Disamping itu di Kebun Raya Unmul ini ada juga kebun binatang mini dan museum kayu yang simpan beragam koleksi tipe kayu dari beragam pelosok Kalimantan.

Lokasinya: Jalan Kuaro, Gn. Kelua, Samarinda Ulu, Kota Samarinda

 

  1. Wisata Desa Budaya Pajang

Dusun Pajang adalah dusun budaya buat sahabat yang ingin ketahui mengenai budaya lokal di Samarinda. Tempat wisata Samarinda yang ditempati Suku Dayak Kenyah ini kerap didatangi oleh beberapa wisatawan karena memiliki kekhasan tertentu.

Tiap hari Minggu pada jam 13:00 – 15:00, diselenggarakan panggung seni di lamin atau balai tatap muka dusun. Gedung ini kelihatan unik dihias dengan ukir-pahatan ciri khas Suku dayak. Menariknya, di saat panggung seni jalan, semua masyarakat dusun akan kenakan pakaian adatnya.

Lokasinya: Jl. Dahlia No. 69, Sungai Siring, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

 

  1. Wisata Taman Lembah Hijau

Janganlah lupa untuk tiba ke Taman Wisata Lembah Hijau. Tempat wisata ini sebagai gabungan di antara wisata alam dan beragam hidangan pertunjukan menarik. Tidak kalah dari banyak tempat wisata populer yang lain di Kota Samarinda, Taman Wisata Lembah Hijau ini bisa juga menarik perhatian banyak wisatawan yang tiba ke kota ini. Disamping itu, di teritori tempat wisata Samarinda ini sahabat bisa juga nikmati sarana outbond.

Lokasinya: Jalan Kebun Raya, Lempake, Kota Samarinda, Kalimantan Timur

 

  1. Wisata Tepian Sungai Mahakam

Sungai Mahakam ialah aliran sungai yang melalui mayoritas daerah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Barat, dan Kota Samarinda.

Saat malam hari, sahabat bisa berkunjung dan nikmati jajan jagung bakar sambil menyaksikan panorama. Pinggiran Mahakam ada juga beberapa warung makan di sejauh bantaran buat sahabat berekreasi kulineran riang.

Lokasinya: Jalan Gajah Mada, Bugis, Samarinda Kota

 

  1. Wisata Penangkaran Buaya

Tempat Wisata Penangkaran Buaya Makroman Samarinda ialah tempat wisata yang memikat sekalian memicu adrenalin. Di tempat dengan luas lebih kurang 7 hektar ini, sahabat dapat menyaksikan sekalian berpose dengan 3 tipe buaya di Penangkaran Makroman: Buaya Siam, Buaya Muara, dan Buaya Sepit.

Lokasinya: Jl. Penangkaran Buaya Makroman, Kec. Sambutan, Kota Samarinda

 

  1. Tjiu’s Palace Samarinda

Tjius palace adalah tempat rekreasi Samarinda untuk keluarga yang banyak memiliki sarana selingan seperti kolam pemancingan ikan, sepeda air (kayuh dan mesin) dengan wujud yang unik dan lucu, dan ada banyak kembali. Disamping itu ada pula kereta api dan kolam khusus anak-anak. Buat sahabat yang mempunyai hoby memancing, tempat ini pasti kamu sukai!

Lokasinya: Jl. Sultan Sulaiman No.6, Kec. Sambutan, Samarinda, Kalimantan Timur. (WS)

Selain artikel Destinasi Wisata Rekomendasi Untuk Dikunjungi di Samarinda, baca juga:Wisata Bangka Belitung Dari Pantai Hingga Pulau Yang Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *