Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

10 Destinasi Wisata Paling Rekomendasi di Sulawesi

waktu baca 6 menit
10 Destinasi Wisata Paling Rekomendasi di Sulawesi

Destinasi Wisata Rekomendasi di Sulawesi, ragam sulawesitoday Pulau Sulawesi sebagai pulau keempat paling besar di Indonesia, ada enam Provinsi di Pulau Sulawesi yaitu Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Gorontalo.

Bila Anda menyenangi wisata alam, karena itu pulau ini benar-benar paling rekomendasi untuk sahabat datangi, ingin ketahui wisata alam apa yang populer di Sulawesi?

Berikut ada 10 destinasi wisata yang mungkin bisa sahabat kunjungi jika jalanan ke Sulawesi, saat hari libur bersama keluarga.

Yang pertama kita mulai dari bagian utara ya sahabat?

  1. Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken, berada di Provinsi Sulawesi Utara, tepatnya di Kota Menado. Rasanya tidak komplet jika liburan ke provinsi itu tidak berkunjung ke Bunaken yang luasnya sekitar 8,08 km².

Nah, taman laut Bunaken memiliki Keelokan ekosistem lautnya yang dapat menghipnotis para pencinta diving dan snorkeling dari penjuru dunia untuk melihat sendiri surga di permukaan laut Bunaken.

Di taman Bunaken terdapat 29 spot untuk bisa diselami. Di setiap spot terdapat bermacam biota laut yang hebat seperti 70 karang yang lain, lima spesies penyu. Dan banyak spesies ikan dan beberapa duyung yang hampir musnah bahkan juga hiu putih dan karang hitam, dan barracuda serta buaya air asin!

  1. Bukit Kasih Kanonang

Jangan dulu beranjang sahabat, kita masih di bagian utara Pulau Sulawesi, destinasi yang satu ini yaitu Bukit kasih Kanonang terletak di Kecamatan Temangkoan Kabupaten Minahasa.

Bukit Kasih Kanonang itu sebagai tempat wisata yang menyimbolkan kerukunan antara umat bergama di Propinsi Sulawesi Utara.

Di sini bakal ada semua tempat beribadah umat bergama. Bila dari Kota Manado, diperlukan sekitaran 90 menit untuk sampai di lokasi. Kebayang kan, untuk kesana.

  1. Taman Nasional Lore Lindu

Mengarah ke bagian Tengah Pulau Sulawesi ada destinasi Wisata mengalitik namanya Taman Nasional Lore Lindu atau TNLL. Di sana, jika sahabat berkunjung akan mendapatkan pengalaman, karena terdapat peninggalan sejarah orang – orang terdahulu.

TNLL berada sekitaran 60 km Selatan Kota Palu dan berada di antara 119°90′ – 120°16’BT dan 1°8′ – 1°3’LS. Berada di lokasi itu sahabat akan mendapati utan rimba yang belum ditelusuri yang kaya dengan flora dan fauna endemik.

Uniknya lagi, di TNLL terdapat 55 hewan kelelawar dan lebih dari 230 burung, jika beruntung sahabat akan dapat menyaksikannya diantaranta Burung Enggang Benbuncak disebutkan Rangkong atau burung allo merupakan penghuni TNLL. Kemudian serangga aneh dan elok bisa disaksikan disekitaran taman itu, seperti kupu-kupu warna menonjol yang terbang disekitaran taman atau sejauh jalan setapak dan aliran sungai.

  1. Kepulauan Togean

Destinasi Wisata lain yang rekomendasi yaitu Kepulauan Togean yang dijuluki untaian permata cantik di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah. Pulau Togean berad tepat di Kabupaten Tojo Una-una.

Kelebihan dari destinasi wisata itu dapat menarik daya tarik ialah bawah lautnya. Terumbu karang yang masih subur, hingga jadi rumah dambaan beberapa ratus spesies ikan. Untuk wisata menyelam, snorkling, mancing, atau sekadar rileks nikmati pantai pasir putih yang alami sangat rekomendasi.

Kepulauan Togean turut menjadi lokasi beberapa periset yang tertarik dengan banyaknya jenis terumbu karang baru. Terlebih memikat pada beberapa ratus spesies ikan, seperti Pracheilinus togeanensis dan Ecsenius sp yang cuma di dapatkan di Kepulauan Togean. Kepulauan Togean sendiri jadi surganya beberapa periset kekayaan bawah laut.

  1. Wakatobi

Selanjutnya kita ke bagian Sulawesi Tenggara ya sahabat. Destinasi yang paling rekomendasi yaitu Pulau Wakatobi. Di Wakatobi terbagi dalam beberapa pulau yang mengagumkan.

Bahkan juga banyak yang memiliki pendapat jika taman nasional wakatobi sebagai salah satunya surga bawah laut terindah dari muka bumi.

Para penyelam menyebutkan, Pulau Wakatobi salah satu spot menyelam terindah di dunia. Sebuah ekspedisi dari Inggris di tahun 2005 mendapati jika 750 dari 850 spesies koral dunia ada di Wakatobi. Dapat anda pikirkan bagaimana kekayaan laut Wilayah ini.

  1. Tana Toraja

Tana Toraja, Sulawesi Selatan populer dengan budayanya yang unik, ritual dan makam kunonya. Salah satunya adat yang selalu menarik pelancong asing ialah adat penyemayaman Toraja. Penyemayaman Toraja benar-benar ciri khas, dan cuma dilaksanakan oleh kelompok bangsawan.

Adat penyemayaman Toraja berjalan sepanjang beberapa hari, dan salah satunya ritual didalamnya ialah penyembelihan kerbau. Karena kekhasan budayannya, oleh karena itu Tana Toraja menjadi satu diantara tempat Wisata di Sulawesi yang populer sampai ke penjuru dunia.

Spot wisata yang mungkin bisa dikunjungi seperti rumah tongkonan, negeri di atas To’ tombi, serta Patung Yesus Buntu Burake yang sudah diperlengkapi jembatan kaca. Dengan panjang sekitaran 100 meter dari ketinggian pucuk bukit Buntu Burake pada 1.700 mdpl, pengunjung dapat memicu adrenalin sekalian nikmati keelokan alam Tana Toraja.

  1. Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira berada di Wilayah Sulawesi Selatan. Lokasi terutamanya ialah Kabupaten Bulukumba yang jaraknya benar-benar jauh, sekitaran 200 km dari pusat ibu-kota Makassar.

Hingga tanjung bira dapat disebutkan berada di ujung selatan dataran Sulawesi Selatan.

Pantai Tanjung bira tawarkan matahari keluar dan tenggelam langsung disaksikan dan terbenam ke arah lautan terlepas.

Karena laut di tanjung bira sebagai lepas pantai. Keelokan ini tidak didapat di lain tempat, khususnya pada bagian lain di Indonesia.

Keunikan yang khusus yang lain Tanjung Bira mempunyai pasir pantai yang paling lembut, bahkan juga benar-benar kecil hingga berasa seperti tepung. Banyak pantai dan laut yang sudah pasti tidak mempunyai keunikan semacam ini.

  1. Taman Laut Taka Bonerate

Berada di Kepulauan Selayar, Taman Laut Takabonerate merupakan surga bagi penyelam untuk menikmati keindahan bawah laut. Ada sekitar lima belas buah pulau di Taman Nasional Taka Bonerate, hingga benar-benar baik untuk aktivitas menyelam, selam permukaan, dan rekreasi bahari yang lain.

Topography teritori benar-benar unik dan menarik, di mana atol yang terbagi dalam rangkaian beberapa pulau gosong karang dan rataan terumbu yang luas dan terbenam, membuat beberapa pulau dalam jumlah yang lumayan banyak.

Antara beberapa pulau gosong karang, ada selat-selat sempit yang dalam dan curam. Dan di bagian permukaan rataan terumbu, terdapat banyak kolam kecil yang dalam dan dikitari oleh terumbu karang. Di saat air kering paling rendah, kelihatan secara jelas dataran kering dan diselipin kubangan air yang membuat kolam-kolam kecil.

  1. Taman Nasional Bantimurung – Bulusaraung

Taman Nasional Bantimurung terletak di Kabupaten Maros atau 45 km dari pusat Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Taman Nasiona ini sangat terkenal mempunyai beragam kekhasan, yakni karst, gua-gua dengan stalaknit dan stalakmit yang cantik, dan yang paling dikenali ialah kupu-kupu. Bahkan juga disebut sebagai The Kingdom of Butterfly (Kerajaan Kupu-kupu).

Dengan luas sebesar 43.750 ha, di lokasi taman ini ada sekitar 250 spesies kupu-kupu. Taman nasional ini ditujukan sebagai tujuan rekreasi yang menyajikan alam berbentuk lembah bukit kapur yang terjal dengan vegetasi tropis, dan air terjun, yang disebut komunitas bermacam spesies epidemik.

  1. Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu adalah salah satu wisata sejarah di Sulawesi Selatan.

Benteng ini di bawah naungan Dinas pariwisata Pemda Kabupaten Gowa.

Benteng Somba Opu ialah benteng warisan Kesultanan Gowa yang dibuat oleh Raja Gowa kesembilan Daeng Matanre Karaeng Tumapa’risi’ Kallonna pada era ke-16. Benteng ini berada di Jalan Daeng Tata, Kelurahan Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa.

Sekarang, Benteng Somba Opu sudah jadi sebuah tempat wisata monumental karena didalamnya ada banyak bangunan tempat tinggal tradisi Sulawesi Selatan. Bukan hanya hanya itu, tempat ini mempunyai sebuah meriam dengan panjang 9 mtr. dan berat sekitaran 9.500 kg, dan ada sebuah museum yang berisi benda- benda monumental warisan Kesultanan Gowa. (WS)

Bagaimana sahabat, apakah kalian tertarik untuk berkunjung ke sana?

Selain artikel 10 Destinasi Wisata Rekomendasi di Sulawesi, baca juga: Tujuan Wisata Sulawesi Tengah, Situs Megalitikum hingga Pulau Eksotik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *