Demo Kenaikan Harga BBM di Mamuju: Pendemo Sempat Duduki SPBU

waktu baca 2 menit
Demo Kenaikan Harga BBM di Mamuju: Pendemo Sempat Duduki SPBU

Demo kenaikan harga BBM di Mamuju, berita sulawesitoday – Aksi demonstrasi dilakukan ratusan mahasiswa di Mamuju, Sulawesi Barat, tidak lama berselang adanya informasi pemerintah menaikkan harga BBM pada Sabtu 3 September 2022.

Aksi mahasiswa itu juga dilakukan dengan menduduki sebuah SPBU.

BACA JUGA: Fransesco Bagnaia Teror Quartararo di Puncak

Ratusan mahasiswa datang dari Front Perjuangan Pemuda Indonesia (FPPI) Kabupaten Mamuju, Gerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Mamuju, dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Mamuju. Mereka melangsungkan aksi demonstrasi di jalan Simpang Lima Kali Kota Mamuju.

Selanjutnya beberapa demonstran bergerak ke arah Jalan Juanda dan duduki sebuah SPBU di daerah itu, sebagai wujud penolakan kenaikan harga BBM. Banner tertulis “Penilaian kepemimpinan Presiden Jokowi” mereka rentangkan di tempat itu.

“Kenaikan BBM mencederai hati warga di tengah keadaan ekonomi yang belum sembuh karena imbas wabah Covid-19, malah kenaikan BBM akan bawa imbas besar atas kenaikan bahan dasar,” tegas Ketua PMII Cabang Mamuju, Syamsuddin, Sabtu 3 September 2022.

Selain berita demo kenaikan harga BBM di Mamuju, baca juga: Mahasiswa Tuntut DPRD Kawal Dugaan Pelanggaran HAM di Parigi Moutong

“Hajat hidup banyak orang akan lebih buruk dan akan tingkatkan banyaknya orang miskin di Indonesia, dengan kenaikan BBM ini,” paparnya.

Menurut Syamsuddin, putaran roda ekonomi warga akan terusik dan terbeban dengan kenaikan BBM.

Semestinya pemerintahan memberantas penyimpangan yang menerima faedah BBM bersubsidi dan memberantas mafia BBM, bukan malah meningkatkan harga.

Dalam pada itu, Jurubicara FPPI Mamuju, Irfan Nur Herianto menambahkan, pemerintahan harus tunda kenaikan BBM, karena rakyat belum siap dengan semua resiko ekonomi yang ditemui.

“Pemerintahan diminta tunda kenaikan BBM dan seharusnya pemerintahan zaman Presiden Jokowi harus konsentrasi bangun ekonomi bangsa di semua bidang untuk penambahan kesejahteraan rakyat,” ucapnya.

Selesai lakukan aksinya, mahasiswa bubarkan diri dengan teratur di bawah pengamanan ketat aparatur kepolisian setempat. (rf)

Selain berita demo kenaikan harga BBM di Mamuju, baca juga: Polisi Gagalkan Penyelundupan 7 Ton BBM Solar di Banggai, Sulawesi Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published.