Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Dari Mana Asal Penguin Kaisar?

waktu baca 3 menit
dari mana asal penguin kaisar, (Foto: okdigo)

Dari mana asal penguin kaisar, sains tekno sulawesitoday – Emperor penguin atau penguin kaisar ialah penguin paling tinggi dan paling besar dibanding spesies penguin yang lain.

Komunitas penguin kaisar ialah teritori Kutub Selatan, Antartika. Koloni penguin ini bisa diketemukan di Bumi selatan, menempati teritori yang semua permukaan atasnya tertutup susunan es padat di benua Antartika dan di sejauh garis pantai.

Seperti diambil dari AZ Animals, Senin (23/1/2023), tiap tahunnya, koloni penguin kaisar akan tiba ke dataran untuk berkembang biak.

Koloni penguin kaisar dapat tempuh jarak sampai 200 Km melewati es untuk cari koloni pembiakan saat sebelum kembali lagi ke laut terbuka untuk cari makan.

Berlainan dengan beberapa spesies penguin yang lain yang kemungkinan tempuh perjalanan ke arah benua Antartika dari hari ke hari.

Penguin kaisar atau Aptenodytes forsteri ini tidak lakukan migrasi ke arah utara, justru mereka akan habiskan selama setahun jauh di Samudra Selatan.

Selama ini, cuma dua dari 40 koloni penguin kaisar yang dijumpai berkembang biak di atas es yang tidak melekat di dataran Antartika.

Walau begitu, bersamaan dengan bertambahnya teror peralihan cuaca dan semua wujud pemanasan global, kehadiran koloni penguin kaisar semakin terimbas.

Komunitas penguin kaisar di benua terdingin Antartika makin lenyap. Pemanasan global mengakibatkan jumlah bongkahan es yang melingkari benua ini makin sedikit, dan makin pesatnya pencairan susunan es pada awal tahun.

Penguin kaisar ialah penguin paling besar dari tipe penguin yang ada. Pemanasan global membuat penguin ini rawan hadapi resiko teror seperti lenyapnya komunitas.

Walau dalam perincian IUCN, penguin kaisar terhitung dalam perincian spesies Paling Tidak Dicemaskan (Least Concern) dari kemusnahan di alam liar dalam kurun waktu dekat.

Kenyataannya, karakter penguin kaisar yang tinggal di selatan membuat mereka kemungkinan sekurang-kurangnya rawan dari 18 spesies penguin berlainan yang lain.

Diprediksi sekarang ini ada sekitaran 200.000 pasang penguin kaisar di Samudra Selatan.

Walau komunitas penguin kaisar masih tetap sehat dan stabul, tetapi mereka makin terserang imbas oleh es yang tetap mencait dan tingkat kegiatan manusia yang semakin tinggi disekitaran Antartika.

Menurut WWF.uk, kehadiran koloni penguin kaisar penting dalam sisi rantai makanan Antartika.

Karena makanan penguin kaisar ialah cumi-cumi dan ikan kecil, yang disebut sumber makanan penting untuk predator lain seperti anjing laut macan tutul dan hiu besar.

Dengan membuat perlindungan penguin kaisar, karena itu kita bisa menolong jaga wilayah laut, yang hendak berguna baik untuk semua satwa liaour yang tergantung pada burung tidak dapat terbang ini.

Selain artikel dari mana asal penguin kaisar, baca juga: Ternyata Berat Otak Paus Sperma Capai 9 Kg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *