Ini 10 Cara Menurunkan Kadar Gula Secara Alami, Mudah dan Ampuh

waktu baca 5 menit
Ini 10 Cara Menurunkan Kadar Gula Secara Alami, Mudah dan Ampuh

Cara Menurunkan Kadar Gula, ragam sulawesitoday Gula darah tinggi (hiperglikemia) sebagai kondisi badan yang tidak dapat bawa gula dari darah ke sel secara efisien.

Umumnya, keadaan ini sebagai pertanda penyakit diabetes atau penyakit gula akut yang berjalan panjang.

Adapun tingginya gula darah dapat disebabkan karena masalah insulin. Tapi ada pula karena konsumsi minuman dan makanan yang kurang sehat.

Seperti, kerap konsumsi minuman dengan pemanis bikinan atau makanan dengan tinggi karbohidrat dan rendah serat menjadi penyebab.

Untuk menghindar hiperglikemia ini, harus mulai hidup sehat dan memerhatikan konsumsi minuman dan makanan. Disamping itu, ada banyak cara alami yang dapat kamu kerjakan untuk kurangi gula darah, check secara lengkap berikut ini.

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah secara Alami

Ada banyak cara yang dapat dilaksanakan untuk menahan peningkatan gula darah terlalu berlebih. Yok, cari info cara menurunkan gula darah dengan alami yang telah bisa dibuktikan secara ilmiah berikut:

  1. Cara Menurunkan Kadar Gula, Masih tetap Olahraga

Berat badan yang berlebih sebagai salah satunya penyebab gula darah tinggi. Dengan rajin olahraga, kamu dapat menurunkan berat dan tingkatkan sensitivitas badan pada insulin. Saat olahraga, otot kita memakai gula darah untuk sumber energi. Akhirnya, gula darah akan turun dengan alami.

Tak perlu olahraga berat, kamu dapat dimulai dari kegiatan yang enteng seperti jalan rileks untuk menurunkan gula darah. Yok, olahraga saat ini !

  1. Cara Menurunkan Kadar Gula, Jauhi Depresi

Di zaman ini, sering mendapati orang yang stress apa saja pemicunya. Depresi sebagai penyebab beragam permasalahan kesehatan, satu diantaranya gula darah tinggi.

Meditasi adalah cara menurunkan gula darah dengan hilangkan depresi. Pinggirkan waktu untuk kosongkan pemikiran dari semua beban, belajar bernapas yang betul, dan badan kamu akan berasa lebih fresh dan lega.

Tentu saja, ada beberapa cara lain untuk hilangkan depresi. Tetapi, tidak ada kelirunya coba meditasi di waktu senggang kan?

  1. Cara Menurunkan Kadar Gula, Lihat Konsumsi Karbohidrat

Untuk pasien diabetes, tentunya pernah dengar imbas negatif karbohidrat ya. Badan kita merusak karbohidrat jadi gula dan glukosa, lalu insulin bekerja mengalihkan gula ke sel. Tentu saja kerja insulin ada batasannya.

Saat kamu konsumsi karbohidrat kebanyakan, insulin tidak berhasil mengalihkan gula hingga kadar gula darah naik.

Mulai untuk mengonsumsi makanan low glycemic-index (GI) atau index glikemik rendah dari sekarang ini. Misalnya seperti beras merah, sayur, buah, kacang, dan yogurt. Tipe makanan ini dapat menolong memantapkan gula darah.

  1. Cara Menurunkan Kadar Gula, Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Makanan yang memiliki serat tinggi perlambat peresapan karbohidrat dan gula pada tubuh. Ini menahan gula darah naik naik secara cepat. Selainnya memantapkan gula darah, makanan tinggi serat bisa juga meredam selera makan. Pas untuk konsumsi tiap hari.

Beberapa makanan tinggi serat yang dapat kamu tentukan seperti buah-buahan, sayur, oatmeal, makanan dari gandum, dan kacang-kacangan. Berhati-hati, ada beberapa produk tinggi serat yang dibarengi dengan gula. Untuk menurunkan gula darah, kamu tentu saja harus menghindar dari gula.

  1. Cara Menurunkan Kadar Gula, Minum Banyak Air

Tahukah kamu, salah satunya cara alami badan untuk menurunkan gula darah ialah lewat buang air kecil? Gula yang terlalu berlebih dibuang lewat urin supaya kadar gula darah masih tetap konstan. Dalam kata lain, Jika badan kekurangan cairan, gula akan condong lebih susah dikeluarkan dan tinggal pada tubuh kita. Ini mengakibatkan gula darah yang tinggi.

Karenanya, janganlah lupa minum air sekitar delapan gelas memiliki ukuran 230 ml setiap hari atau keseluruhan 2 ltr. Sama ini kamu tidak dehidrasi dan kadar gula jadi konstan.

  1. Cara Menurunkan Kadar Gula, Konsumsi Elektrolit dan Suplemen Magnesium

Saat kita kerap buang air kecil karena gula darah tinggi, badan kita akan kehilangan cairan dan elektrolit. Elektrolit seperti magnesium, potassium, sodium, dan fosfat dibutuhkan supaya badan masih tetap terhidrasi dan organ berperan secara baik.

Untuk kembalikan elektrolit, kamu minum sports drink rendah gula seperti Pocari Sweat atau susu rendah lemak. Menurut study, magnesium mempunyai peranan penting dalam kurangi gula darah. Umumnya pasien diabetes disarankan konsumsi magnesium sekitar 250-350 mg.

Magnesium dapat kamu bisa lewat makanan diantaranya pisang, ubi, dan kacang-kacangan. Atau dapat didapat dari suplemen magnesium yang lebih ringkas.

  1. Cara Menurunkan Kadar Gula, Lihat Jumlah Konsumsi Jatah

Jatah makanan sebagai aspek khusus untuk menurunkan gula darah. Mengatur jatah dapat menolong menurunkan berat tubuh dan jaga kenaikan gula darah.

Beberapa cara gampang untuk mengatur jatah makan seperti belajar hitung kalori, pakai ukuran piring lebih kecil, dan makan lebih lamban, dapat menolong kamu kuasai diri.

  1. Cara Menurunkan Kadar Gula, Tidur yang Cukup

Tidur ialah cara menurunkan gula darah paling simpel dan gampang. Asam lemak pada tubuh dengan alami turun saat tidur pada malam hari. Asam lemak ini berperanan penting dalam atur insulin dan menahan gula darah tinggi. Disamping itu, kamu tendensi lebih gampang stress dan cepat lapar jika kurang tidur.

Saat tidur, kamu harus lihat jumlah dan kualitas tidur. Dianjurkan untuk tidur minimal 7 jam. Tambahkan kualitas tidur dengan cara seperti menghindar cafein beberapa saat saat sebelum tidur, tidak boleh kelamaan tidur siang, atau konsumsi suplemen melatonin.

  1. Cara Menurunkan Kadar Gula, Konsumsi Suplemen Vitamin D

Dalam sebuah study, orang yang konsumsi vitamin D dengan teratur mempunyai kadar gula darah yang lebih konstan. Vitamin D ini berguna tingkatkan kerja sel pankreas dalam menghasilkan insulin.

Suplemen Vitamin D benar-benar direferensikan untuk diabetes type 2. Tetapi, seharusnya tanya dokter lebih dulu karena suplemen ini dapat memengaruhi beberapa macam obat.

  1. Cara Menurunkan Kadar Gula, Konsumsi Cuka Apel

Cuka apel atau apple cider vinegar (ACV) bisa dibuktikan memiliki kandungan banyak manfaat untuk kesehatan, dari kulit, pencernaan, sampai gula darah. Dalam sebuah riset, orang yang teratur konsumsi cuka apel mempunyai kadar gula darah yang lebih rendah.

Tambah cuka apel ke diet setiap hari mu, baik sebagai salad dressing atau bumbu masak. Kamu bisa juga membuat ramuan cuka apel. Campur 2 sdt cuka apel dan sedikit bubuk kayu manis ke satu gelas air. Minum ramuan ini dengan teratur supaya berasa faedahnya. (WS)

Selain artikel Cara Menurunkan Kadar Gula, baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat Menurut Pakar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *