Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Cara Mengqodho Sholat Dzuhur di Waktu Ashar, Ini Penjelasannya

waktu baca 6 menit
Cara Mengqodho Sholat Dzuhur di Waktu Ashar, Ini Penjelasannya

Cara mengqodho sholat dzuhur di waktu ashar, feature sulawesitoday – Mengqodho sholat perlu dilaksanakan selekasnya sesudah terjaga dari tidur atau saat sadar belum melakukan sholat.

Mengqodho sholat fardhu sebagai kemudahan yang diberi Allah SWT ke kaum muslim yang tidak menyengaja tinggalkan sholat.

Saat seorang muslim ketiduran dan belum kerjakan sholat fardhu sampai waktunya terlewatkan, karena itu dia bisa mengqodho sholat yang ditinggalnya selekasnya selesai terjaga.

Sebagian besar ulama mengatakan saat seorang muslim lupa kerjakan sholat ketika waktunya karena itu seharusnya dia membayar dengan cara mengqodho sholat fardhu itu selekasnya mungkin.

Salah satunya misalnya ialah mengqodho sholat dzuhur di waktu ashar. Cara mengqodho sholat dzuhur di waktu ashar harus dilaksanakan selekasnya mungkin.

Lalu bagaimanakah cara mengqodho sholat dzuhur di waktu ashar? Baca pembahasan secara lengkap di bawah ini.

Hadis mengenai Qodho Sholat

Cara mengqodho sholat dzuhur di waktu ashar dilaksanakan berdasharkan hadis Rasulullah SAW berikut:

” Sebenarnya ketiduran bukan terhitung sia-siakan sholat. Yang disebutkan sia-siakan sholat ialah mereka yang tunda sholat, sampai masuk waktu sholat selanjutnya. Siapakah yang ketiduran sampai terlambat sholat karena itu sebaiknya ia melakukannya saat bangun.” (HR. Muslim).

Tetapi harus diingat ya, Teman dekat Dream, arti dari hadis itu tidak berlaku untuk mereka yang menyengaja tidur saat tiba waktu sholat, dan tidak bangun sampai waktu sholat habis.

Cara Mengqodho Sholat Dzuhur di Waktu Ashar, Ini Penjelasannya
Cara Mengqodho Shalat Dzuhur di Waktu Ashar, Ini Penjelasannya

Bacaan Niat Qodho Sholat Dzuhur di Waktu Asar

Niat sebagai hal yang penting dilaksanakan tiap akan melakukan beribadah. Niat dapat diucapkan atau cuma dibaca di dalam hati. Tetapi dengan mengeja bacaan niat umumnya akan membuat makin mantab dalam melakukan sholat.

Cara mengqodho sholat dzuhur di waktu ashar didului dengan membaca niat. Berikut bacaan niat cara mengqodho sholat dzuhur di waktu ashar:

Ushollii fardhal dzuhri arba’a raka’aatin mustaqbilal qiblati qodho’an lilaahi ta’aalaa.

Maknanya: Saya (punya niat) kerjakan sholat fardhu dzuhur sekitar empat raka’at dengan menghadap kiblat, qodho karena Allah Ta’ala.

Cara Mengqodho Sholat Dzuhur di Waktu Asar

Cara mengqodho sholat dzuhur di waktu ashar sama dengan cara mengqodho sholat fardhu yang lain, dimulai dari pergerakan, bacaan, dan persyaratan-syaratnya. Bedanya berada pada niat dan waktunya.

Cara sholat dzuhur di waktu ashar dilaksanakan saat orang lupa jalankan sholat dzuhur dan baru terpikir saat telah masuk waktu sholat ashar. Karena itu ia harus mengqodho sholat dzuhur yang ditinggalnya di waktu ashar.

Cara mengqodho sholat dzuhur di waktu ashar booleh dilaksanakan dengan memutuskan untuk memprioritaskan sholat qodho atau sholat ada’. Dalam tata cara mengqodho sholat dzuhur di waktu ashar bisa dilaksanakan dengan jalankan sholat magrib tiga rakaat lebih dulu, baru selanjutnya sholat ashar empat rakaat. Bisa dengan memprioritaskan sholat qodho dzuhur dulu, baru selanjutnya sholat ashar.

Jika memutuskan untuk jalankan sholat dzuhur lebih dulu di saat masuk waktu sholat ashar, karena itu harus ditegaskan jika kelak saat jalankan sholat ashar masih ada dalam waktu sholat yang serupa yakni waktu ashar.

Tetapi jika Teman dekat Dream cemas karena telah minim waktu ashar ke waktu magrib, karena itu seharusnya jalankan sholat ashar lebih dulu.

Hal itu sesuai yang tertera dalam Kitab Tuhfatu al-Thullab cerita Imam Zakariya Al-Anshari berikut:

” Seorang harus meng-qodho sholat (fardlu) yang sudah terlewatkan waktunya saat dia sudah ingat dan memungkinkannya untuk melakukannya, terkecuali bila dicemaskan terlintasinya jalankan sholat ada’ (pada waktunya), karena itu dia harus memprioritaskan sholat ada’ lebih dulu.”

Posisi Cara Mengqodho Sholat Dzuhur di Waktu Asar

Seperti sudah diterangkan awalnya, cara mengqodho sholat dzuhur di waktu ashar sama dengan pergerakan sholat aslinya yakni dikerjakan sekitar 4 rakaat. Untuk memperjelasnya, berikut cara mengqodho sholat dzuhur di waktu ashar yang penting kamu kenali:

Cara Mengqodho Sholat Dzuhur di Waktu Ashar, Ini Penjelasannya
Cara Mengqodho Shalat Dzuhur di Waktu Ashar, Ini Penjelasannya

Membaca niat qodho sholat dzuhur.

Takbiratul ihram.

Membaca Doa Iftitah.

Membaca Surat Al-fatihah.

Membaca Surat Pendek.

Ruku’ dengan Tuma’ninah.

I’tidal dengan Tuma’ninah.

Sujud dengan Tuma’ninah.

Duduk di Di antara Dua Sujud dengan Tuma’ninah.

Sujud ke-2 dengan Tuma’ninah.

Lalu berdiri meneruskan rakaat ke-2 dengan pergerakan yang serupa.

Sesudah sujud yang ke-2 lakukan pergerakan duduk tasyahud awalnya dengan membaca doanya.

Selanjutnya berdiri kembali meneruskan rakaat ke-3 sampai ke-4.

Duduk Tasyahud Akhir pada rakaat ke-4 atau paling akhir.

Mengucapkan salam dengan melihat ke kiri dan ke kanan.

Itu cara mengqodho shalat dzuhur di waktu ashar yang penting kamu kenali dan bacaan niat dan hadisnya.

Akan tetapi upayakan kamu tidak tinggalkan sholat fardhu, terhitung tidak tidur apabila sudah masuk waktu sholat. Hingga tidak ada argumen tinggalkan waktu sholat karena argumen ketiduran. (**)

Baca juga: Tata Cara Sholat Hajat serta Doa Mustajabnya

tags: niat shalat qodho dhuhur diwaktu ashar,niat shalat qodho dhuhur dan ashar di waktu ashar,metode shalat qodho dhuhur diwaktu ashar,shalat qodho dhuhur diwaktu ashar,tata metode shalat qodho dhuhur diwaktu ashar,bacaan niat shalat qodho dhuhur diwaktu ashar,niat shalat qodho dhuhur dan ashar di waktu dhuhur,niat mengqodho shalat maghrib di waktu isya,niat mengqodho shalat dzuhur di waktu ashar,niat shalat mengqodho shalat dzuhur di waktu ashar,niat dan metode mengqodho shalat dzuhur di waktu ashar,metode dan niat mengqodho shalat dzuhur di waktu ashar,mengqodho shalat ashar di waktu maghrib,niat qodho maghrib di waktu isya,niat qodho shalat ashar di waktu maghrib,niat qodho shalat maghrib di waktu isya,qodho maghrib di waktu isya,metode mengqodho shalat dzuhur dan ashar di waktu maghrib,metode qodho shalat dzuhur di waktu ashar,metode shalat qodho dzuhur dan ashar,metode qodho shalat dzuhur dan ashar,tata metode qodho shalat dzuhur di waktu ashar,metode qodho shalat dzuhur ke ashar,metode qodho shalat dzuhur di ashar,tata metode shalat qodho dzuhur dan ashar,metode qodho shalat dzuhur ashar,metode mengqodho shalat dzuhur,metode mengqodho shalat dzuhur dan ashar,metode mengqodho shalat subuh di waktu dzuhur,metode mengqodho shalat dzuhur ke ashar,metode mengqodho shalat dzuhur sama ashar,metode mengqodho shalat dhuhur di waktu ashar,tata metode mengqodho shalat dzuhur di waktu ashar,metode mengqodho shalat dhuhur ke asar,metode mengqodho shalat dzuhur di ashar,metode mengqodho shalat dzuhur dengan ashar,qodho shalat dzuhur,niat qodho shalat dzuhur di waktu ashar,qodho shalat dzuhur di waktu ashar,niat shalat qodho dzuhur ke ashar,qodho shalat subuh di waktu dzuhur,niat qodho shalat dzuhur dan ashar,qodho shalat dzuhur ke ashar,shalat dzuhur di qodho dgn ashar,niat qodho shalat dzuhur ke ashar,shalat qodho dzuhur,qodho shalat dzuhur dan ashar,doa qodho shalat dzuhur ke ashar,qodho shalat dzuhur di ashar,waktu qodho shalat ashar,shalat qodho dzuhur dan ashar, : niat shalat qodho dhuhur diwaktu ashar,niat shalat qodho dhuhur dan ashar di waktu ashar,metode shalat qodho dhuhur diwaktu ashar,shalat qodho dhuhur diwaktu ashar,tata metode shalat qodho dhuhur diwaktu ashar,bacaan niat shalat qodho dhuhur diwaktu ashar,niat shalat qodho dhuhur dan ashar di waktu dhuhur,niat mengqodho shalat maghrib di waktu isya,niat mengqodho shalat dzuhur di waktu ashar,niat shalat mengqodho shalat dzuhur di waktu ashar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.