Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Cara Mencari Channel Siaran Piala Dunia 2022 di TV dengan Simpel

waktu baca 5 menit
Cara Mencari Channel Siaran Piala Dunia 2022 di TV dengan Simpel

Cara Mencari Channel Siaran Piala Dunia 2022, sains tekno sulawesitoday – Piala Dunia 2022 (World Cup 2022) di Qatar mulai berguling semenjak 20 November kemarin. Dalam persaingan besar sepak bola antara negara ini, keseluruhan ada 64 laga yang hendak diadakan dari set group sampai final di 18 Desember kedepan.

Untuk ikut ikuti perubahan kompetisinya, lalu Piala Dunia 2022 dapat dilihat di mana? Fans sepak bola di tanah air pada intinya dapat menonton Piala Dunia 2022 melalui siaran dari beberapa channel TV.

Lalu, Piala Dunia 2022 ditayangkan di channel apa? Untuk dipahami, Piala Dunia 2022 ditayangkan lewat empat channel pemegang hak siar sah di Indonesia dari EMTEK Grup, yang mencakup SCTV, Indosiar, Moji, dan Mentari TV.

Keempat channel Piala Dunia 2022 itu dapat dijangkau di TV tak perlu keluarkan dana berlangganan dan akses internet. Piala Dunia 2022 disiarkan di TV lewat siaran digital secara Free-to-Air atau cuma-cuma.

Melalui siaran digital, siaran Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, Moji dan Mentari TV mempunyai kualitas gambar dan suara yang lebih bagus dibanding siaran analog. Jika akan menonton dari siaran digital, lantas bagaimanakah cara mencari channel Piala Dunia 2022 di TV?

Mencari channel Piala Dunia 2022 di TV dari siaran digital dan siaran analog sebenarnya sama. Tetapi, bila ingin menonton Piala Dunia 2022 di TV dari siaran digital, yakinkan sudah mempunyai piranti yang memberikan dukungan lebih dulu.

Ada dua jenis piranti yang dapat digunakan buat menonton Piala Dunia 2022 di TV dari siaran digital, yaitu pertama, piranti TV digital yang sudah disokong dengan feature bawaan DVB-T2 (Digital Video Broadcasting-Second Generation Terrestrial).

Kedua, piranti TV analog lama, seperti TV tabung, yang telah terpasangkan dengan piranti tambahan Set Hebat Box (STB). STB berperan untuk terima dan mengonversi siaran digital Piala Dunia 2022 agar bisa tampil di TV analog.

Baik TV digital atau TV analog dengan STB, keduanya perlu disambungkan dengan antena agar bisa tangkap signal siaran digital. Andaikan piranti itu telah dipunyai karena itu channel Piala Dunia 2022 selekasnya dapat dicari.

Adapun keterangan berkenaan cara mencari channel Piala Dunia 2022 di TV dari siaran digital ialah seperti berikut.

Selain Cara Mencari Channel Siaran Piala Dunia 2022 di TV dengan Simpel, simak juga: Berikut Prediksi Uruguay vs Korea Selatan Grup H Piala Dunia 2022

Cara mencari channel Piala Dunia 2022 di TV dari siaran digital

Mencari channel Piala Dunia 2022 di TV digital

Yakinkan TV sudah terhubung dengan antena penangkap signal.

Hidupkan TV dan silahkan membuka menu penataan.

Lalu, membuka pilihan penataan channel atau penataan broadcasting.

Seterusnya, click pilihan bertema “Auto Scan”, “Auto Tuning” atau “Penelusuran automatis”.

Sesudah mengetok pilihan itu, TV digital mulai akan lakukan penyekenan channel.

Paling akhir, jika penyekenan usai karena itu akan ada daftar channel siaran digital yang ada di daerah domisili.

Mencari channel Piala Dunia 2022 di TV analog

Yakinkan antena, STB, dan TV analog sudah terhubung semua,

Sesudah terhubung semua, silahkan hidupkan STB dan TV analog.

Selanjutnya, masuk pada menu penataan TV analog, tentukan model output penampilan AV atau HDMI (sama sesuai kabel penyambung yang digunakan di STB dan TV) dan menu penataan STB akan ada.

Sesudah penataan menu STB ada, tentukan pilihan penelusuran aliran. Di pilihan ini, pada beberapa STB, kadang ada penataan code pos. Jika penataan itu ada, silahkan isi code pos sama sesuai daerah domisili.

Selanjutnya, silahkan pencet pilihan “Penelusuran Automatis”. STB akan secara automatis mencari signal siaran TV digital yang ada disekitaran daerah domisili.

Saat proses penyekenan usai, daftar channel siaran digital yang ada akan ada di TV analog.

Dari daftar channel siaran digital yang ada, yakinkan didalamnya ada channel SCTV, Indosiar, Mentari TV, dan Moji untuk melihat Piala Dunia 2022. Jika salah satunya atau semua channel itu tidak ada, coba untuk check capaian sinyalnya di daerah domisili.

Selain Cara Mencari Channel Siaran Piala Dunia 2022 di TV dengan Simpel, simak juga: Prospek Tiga Bek Muda Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Cara check capaian signal siaran digital

Untuk check capaian signal siaran TV digital di daerah domisili, triknya dapat memakai program SinyalTVDigital. Program ini dapat didownload lewat Google Play Toko (untuk handphone Android) atau App Toko (untuk iPhone).

Di program ini, pemakai dapat mendapat info instansi penayangan multipleksing (mux) yang mencapai di daerah itu. Lantas, slik “see mux detil” untuk menyaksikan info detil berkenaan signal TV Digital yang ada.

Info itu umumnya meliputi kemampuan signal, tipe service, operator mux, frekwensi/channel, dan yang lain. Program ini dapat juga tampilkan daftar channel siaran TV digital yang bisa dijangkau di daerah domisili.

Keterangan cara check siaran TV digital yang ada dapat dibaca lebih komplet di artikel ini “Cara Check Channel TV Digital melalui Handphone”.

Selain itu, pada program SinyalTVDigital, ada juga peta yang memperlihatkan info atau legenda kemampuan signal siaran TV digital dalam suatu daerah.

Bila daerah itu mempunyai signal yang kuat maka diikuti dengan legenda warna merah di peta. Bila legenda warna hijau-kuning karena itu kemampuan signal sedang, dan abu-abu atau biru mendefinisikan signal kurang kuat.

Jika tidak mendapatkan channel SCTV, Indosiar, Mentari TV, atau Moji, coba untuk ganti status antena ke daerah dengan keadaan signal digital yang semakin kuat, sama sesuai info di peta program SinyalTVDigital.

Lumayan gampang bukan cara mencari channel Piala Dunia 2022 di TV dari siaran digital? Sebagai info tambahan, tidak seluruhnya laga Piala Dunia 2022 ditayangkan secara serentak atau bertepatan di SCTV, Indosiar, Mentari TV, dan Moji.

Untuk menyaksikan agenda laga Piala Dunia 20222 dan pembagian channel TV yang menyiarkannya, silahkan saksikan di link ini. Demikian keterangan sekitar cara mencari channel Piala Dunia 2022 di TV dari siaran digital, mudah-mudahan berguna. (rf)

Selain Cara Mencari Channel Siaran Piala Dunia 2022 di TV dengan Simpel, simak juga: Berikut Prediksi Belanda Vs Ekuador di Piala Dunia 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *