Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Cara Membuat Lampion dari Kertas, Antik serta Menginspirasi

waktu baca 3 menit
Cara Membuat Lampion dari Kertas, Antik serta Menginspirasi

Cara membuat lampion, ragam sulawesitoday – Lampion sebagai semacam lampu yang telah ada sejak mulai abad Dinasti Xi Han lebih kurang 1800 tahun lalu.

Lampion mulanya dibuat dari kain, kulit binatang, sampai bordiran-bordiran kain sutra. Tapi semenjak ditemukan tehnik pembikinan kertas oleh Cailun di jaman Dinasti Han Timur tahun 25-220 Masehi, lampion banyak mulai dibentuk dari kertas.

Lampion acapkali diakui sebagai ikon kebahagiaan serta keinginan. Umumnya lampion berupa bundar dengan rangka bambu.

Lampion tidak cuman dipakai buat menyongsong satu perayaan besar atau beberapa moment spesial. Lampion dapat jadi hiasan rumah yang antik atau dapat kamu taruh di kamar tidurmu.

Tidak perlu beli lampion, kamu dapat mengirit dengan cara membuat sendiri dalam rumah dengan beberapa bahan simple yang secara mudah dapat kamu temukan di pasar.

Cara Membuat Lampion dari Kertas Minyak

Cara membuat lampion dari kertas yang pertama yaitu dengan manfaatkan kertas minyak. Akan halnya alat serta bahan dan beberapa langkahnya berikut:

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

Kertas minyak

Kapas

Kawat

Lem

Gunting

Etanol atau minyak tanah

Tang

Cutter

Bambu

Langkah-Langkanya:

Potong bambu dengan lebar lebih kurang 1 cm dengan memakai cutter. Lalu kumpulkan seginya maka dari itu membuat lingkaran. Buat 2 biji

Ikat kawat di bagian bambu yang berupa lingkaran barusan maka dari itu membuat tabung

Wujud kertas minyak jadi segi panjang memanfaatkan gunting sama ukuran yang panjangnya sesuai sama rangka bambu serta kawat barusan

Buat tutup menjadi alas tutup lampion

Tempel kertas dengan memakai lem selaku tubuh lampion

Tuangkan etanol pada kapas

Kapas yang ada etanol itu taruh di bagian dalam lampion kertas

Tuntas.

Di cara membuat lampion dari kertas satu ini kamu gak penting membuat penutup pada bagian atas lampion. Masalah ini lantaran memakai etanol atau minyak tanah yang dihidupkan maka sumber sinar berawal dari api. Lampion ini secara umum dipakai untuk lampion terbang . Maka kamu dapat terbangkan lampion ini saat cuaca lagi ceria.

Cara Membuat Lampion dari Kertas yang Digambar

Cara membuat lampion dari kertas selanjutnya yakni dengan cara melukis kertas itu.  Tentang hal alat serta bahan yang dibutuhkan dan beberapa langkahnya yakni berikut:

Alat serta bahan:

Kertas kosong

Kertas karton

Lem

Selotip bening

Gunting

Spidol berwarna-warni

Tali atau benang untuk menggantung lampion

Lilin electronic yang mempunyai ukuran kecil

Beberapa langkahnya:

Cara pertama, kamu bikin beberapa gambar pada kertas kosong yang sudah dipersiapkan. Gambar sesuai impianmu memanfaatkan spidol bermacam warna supaya makin menarik. Mengusahakan agar pakai kertas putih polos biar sinar lilin bisa menyalak dengan jelas.

Kemudian, lipat kertas yang sudah kamu gambar dengan skema seperti kamu membuat kipas. Lipat secara vertikal dengan status awalan ada di atas selanjutnya lipatan sesudah itu ada pada bawahnya.

Kumpulkan ujung-ujung kertas maka membuat tabung. Lantas tempatkan kertas karton yang udah digunting berwujud lingkaran. Tempel kertas karton di segi dasar kertas polos yang membuat tabung barusan. Yakinkan bila lemnya kuat. Kamu dapat pakai lem kertas dengan ditambah lagi selotip bolak-balik.

Selanjutnya, buat lubang kecil di sisi tubuh lampion untuk menyimpulkan tali menjadi penggantungnya. Kamu butuh cermat biar 2 lubang yang ada dalam tubuh lampion sejajar. Maka dari itu waktu digantung, lampion tak miring.

Ikatkan tali di lubang yang sudah kamu bikin barusan. Tali ini berperan selaku gantungan lampionmu.

Lalu tutup lampionmu dengan kertas karton yang udah kamu gunting berwujud lingkaran sama dengan diameter lampionmu. Pada tutup lampion, berikan lubang di tengahnya supaya tali dapat menembusnya hingga dapat digantung. Kamu dapat berikan lem di tutup lampion biar tidak simpel terlepas tetapi tidak boleh sangat rapat biar lilin masih tetap berpijar.

Lalu masukan lilin electronic ke dalam lampion.

Usai, usahan selalu berwaspada apabila kamu menukar lilin dengan lilin biasa. (rf/**)

Baca juga: Rumus Keliling Persegi Panjang Dan Contoh Soal untuk Kamu Pelajari

Leave a Reply

Your email address will not be published.