Berikut Cara Cek Battery Health Ponsel untuk Kamu Ketahui

waktu baca 6 menit
Berikut Cara Cek Battery Health Ponsel untuk Kamu Ketahui

Cara cek battery health ponsel, ragam sulawesitoday – Mengirit battery gadget buat kesibukan harian lebih penting. Dengan mengirit battery, kamu jadi tak perlu charge atau isikan daya piranti beberapa kali dalam satu hari.

Tidak hanya itu, ada satu soal lain kembali yang sesungguhnya penting buat battery ponsel kamu. Hal itu adalah lifespan battery. Bertambah sehat satu battery, mobile-phone kamu akan berperan secara bagus.

Baca Juga: Gary Neville Kritik Ten Hag: Salah Pilih Line Up Lawan Brentford

Terdapat beberapa tanda-tandanya tidak sehatnya sebuah battery. Satu diantaranya, waktu pengisian daya yang tak sekencang umumnya. Tidak hanya itu, battery “bocor” pun adalah tanda-tanda battery ponsel kamu telah kurang sehat.

Kamu kemungkinan terasa kesusahan dalam mengetes kesehatan suatu battery. Untungnya, ada beberapa program di Android yang dapat melaksanakan pemeriksaan kesehatan battery. Antara lainnya yaitu Akibattery.

Apakah yang dimaksud Battery Health?

Banyak orang dekat dengan ide “ketahanan battery”. Ini yakni jumlah waktu battery bisa memberikan daya di fitur saat sebelum penting diisi ulangi.

Namun yang tidak tersadari banyak orang-orang yaitu kalau ketahanan battery lebih dari semata-mata lama waktunya saat yang bisa dipakai saat sebelum perlu diisi daya. Ada suatu yang disebutkan “kesehatan battery” atau battery health.

Battery Health yaitu ukuran berapa baik battery sanggup membatasi muatan serta berapakah lama battery akan bertahan saat sebelum butuh ditukar.

Ada faktor-faktor yang bisa mempengaruhi kesehatan battery, seperti umur, jumlah pengisian daya, serta situasi penyimpanan.

Cara cek kesehatan battery HP Android

Mencoba battery health HP Android gunakan Akibattery

Argumen pentingnya, Akibattery dapat memonitoring performa battery ponsel Android dengan baik sekali.

Diluar itu, program ini bakal memberinya pengenalan singkat terkait manfaatnya, tergolong pengamatan sekitar lifespan battery.

Satu diantaranya, menurut Akibattery, isikan daya battery sampai optimal 80% nyatanya lebih bagus dibanding dengan 100%.

Dengan isikan daya sampai 80%, ketahanan battery disebutkan bakal lebih bagus dibanding isi penuh sampai 100%.

Satu diantaranya argumen lain kenapa mesti memakai Akibattery, program ini dapat didownload  dengan gratis!

Bagaimana cara cek battery health ponsel gunakan Akibattery?

Pada awal pemakaian, terapan ini dapat kerjakan kalibrasi lebih dulu. Selanjutnya, buat mendapati hasil pengetesan, kamu hanya butuh memanfaatkan fitur kamu seperti kebanyakan.

Sehabis beberapa saat, Akibattery bakal kumpulkan info mengenai battery ponsel Android (serta pemakaiannya), lantas programn akan memperlihatkan statusnya.

Status itu bakal tampak seusai pemanfaatan waktu satu atau 2 hari, tapi laporannya bakal makin baik sesudah dipakai sepanjang beberapa minggu atau bulan.

Buat mengecheck kesehatan battery, silakan click tab “Health”. Di, tab itu, kamu dapat tinjau kapabilitas battery serta membandingkan memiliki performa battery baru.

Selainnya AkiBattery, ada banyak terapan yang dapat kamu pakai untuk cara cek battery health ponsel. Salah satunya yaitu Battery Doctor, Kaspersky Battery Life: Saver serta Booster, dan DU Battery Saver.

Apa Android mempunyai spesifikasi cara cek battery health ponsel?

Sayang, OS Android tidak dilengkapi dengan spek atau program bawaan buat melihat ulang kesehatan battery. Walaupun demikian, kamu bisa memandang data dasar battery HP.

Cara cek battery health ponsel itu ringan dengan memandang info dasar itu. Kamu tinggal datang sisi Seting, lalu putuskan Battery (Battery). Dari sana, click simbol titik tiga yang berada di atas kanan monitor dan click saja Battery Usage.

Beberapa HP, seperti Xiaomi, bahkan juga langsung tunjukkan info masalah pemakaian battery itu.  Ya, kamu tak perlu cari Battery Usage buat kepentingan itu di HP tertentu.

Dari sisi itu, kamu dapat menyaksikan, program apa yang “makan” daya battery pada jumlah banyak. Memang kamu tak dapat mengecheck kesehatan battery, namun kamu jadi dapat mengenali terapan apa yang gunakan daya battery yang besar.

Dapatkah battery health HP Android dibalikkan ke 100 prosen?

Jawabnya yaitu tidak. Sesungguhnya, kesehatan battery tetap akan jadi menurun dan tak dapat bertambah. Kesehatan battery dapat turun antara lainnya dipicu jumlah pengisian daya udah melewati standard.

Bila kamu menjaga battery secara baik, battery bakal bertahan makin lama dan berkemampuan lebih bagus. Akan tetapi, pada akhirannya, semuanya battery butuh ditukar. Kalau memahami kalau fitur kehilangan daya lebih bisa cepat dari kebanyakan atau tidak bisa isikan daya sebagus umumnya, kemungkinan sekarang saatnya buat menukar battery.

Cara mempertahankan kesehatan battery HP Android

Kamu pengen supaya battery handphone kamu tak mudah anjlok? Turuti tehnik berikut ini:

  1. Siaga battery di temperatur ekstrim

Kerap ada dalam suhu ekstrim? Panas yang terlampau dingin atau panas yang terlampau dingin. Perihal ini amatlah bahaya untuk kamu pemakai battery lithium. Temperatur ekstrim begitu mengubah daya battery. So, tidak boleh hanya perhatian di situasi fisik gadget-mu namun simak pun situasi battery lithium-nya. Terlepas dari handphone, pisah apabila kamu tengah berada dalam suhu ekstrim.

Berkaitan dengan temperatur, semestinya jauhkan HP dari daerah yang panas, seperti di mobil saat keadaan sedang terik. Menyimpan HP di atas notebook gaming atau PC yang tengah bekerja penuh  tidak diperbolehkan. Begitu halnya bawa HP ke saunda. Dipercaya temperatur lebih kurang pada situasi itu membikin battery jadi “sakit”.

Isi daya dengan sistem wireless cas  kurang begitu direkomendasikan sebab bisa beresiko buat kesehatan battery.

  1. Pengisian daya

Berasa tak sabar menanti pengisian daya hingga sampai 100 %? Lumrah sich, serta sebenarnya battery lithium lebih efisien di range 40-90 prosen . Maka kamu tak perlu kerja keras tunggu hingga sampai 100 %. Apabila kurang atau melampaui itu malahan bakal berimbas jelek buat keadaan korosi battery kamu pada sisi dalam.

Battery masa dahulu memang memori based . Sehingga jika kamu charge tak ampe full, mungkin battery kamu turun dalam waktu cepat.

Nach, battery jaman saat ini tidak berbasiskan ingatan kembali. Walau demikian, bila kamu paksa untuk terus ada pada atas 90% atau di bawah 20%, battery kamu dapat depresi. Hasilnya battery jadi kurang sehat.

Menurut riset, battery di atas 20% dan di bawah 90% sebagai tingkat paling aman. Battery pada tingkat 50% justru dikira amat serasi buat battery HP kamu.

  1. Jauhi charge sepanjang malam

Tidak ada yang keliru dengan kebiasan main hp saat sebelum tidur, tapi yang keliru yakni waktu meng-charge handphone terus kamu tinggal tidur. Masuknya daya yang berlebihan, dapat sebabkan rusaknya ion lithum dalam battery. Apabila sering, battery bisa menjadi ‘gendut’ dan tidak menerpan daya listrik dengan bagus . Sehingga, pintar dalam mengeset waktu charge ya.

Namun, HP waktu ini udah lebih modern ketimbang waktu lalu. Maka dari itu, menurut riset terakhir, charge HP sepanjang malam nyatanya tidak demikian beresiko kepada kesehatan battery. Malah yang dapat berpengaruh kepada kesehatan battery merupakan membebaskan daya battery turun dan langsung isi energinya.

Selain artikel cara cek battery health ponsel, baca juga: Cara Melacak HP Hilang dalam Keadaan Mati

Leave a Reply

Your email address will not be published.