Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Berikut Lima Burung Terbesar di Dunia dan Fakta Uniknya

waktu baca 4 menit
Berikut Lima Burung Terbesar di Dunia dan Fakta Uniknya

Burung Terbesar di Dunia, sains tekno sulawesitoday – Burung terbesar di dunia yakni burung unta atau ostrich (Struthio camelus) dengan tinggi 2,1-2,7 mtr., dan berat sekitaran 99,7-159 kg. Burung ini berhabitat di Afrika.

Burung ialah barisan hewan vertebrata berdarah panas yang terhitung dalam kelas Aves. Ada beberapa tipe burung di dunia. Riset yang dipegang oleh American Museum of Alami History memperlihatkan jika ada sekitaran 18.000 spesies burung. Sementara keseluruhan jumlah burung di dunia diprediksi sekitaran 50 sampai 430 miliar, menurut National Geographic.

Tiap tipe burung mempunyai karakter dan ukuran yang lain. Burung paling kecil di dunia ialah Kolibri Lebah atau Bee Hummingbird (Mellisuga helenae). Panjangnya sekitaran 5 cm dengan berat sekitaran 2 gr.

Adapun burung terbesar di dunia yakni burung unta atau ostrich (Struthio camelus) dengan tinggi 2,1-2,7 mtr., dan beratnya sekitaran 99,7-159 kg. Selain burung unta, ada banyak burung besar yang lain.

Baca ulasan burung terbesar di dunia dan bukti antiknya di bawah ini.

  1. Burung Terbesar di Dunia, Burung Unta

Burung unta sebagai burung terbesar di dunia, menurut National Geographic. Burung ini mempunyai nama ilmiah Struthio camelus, tingginya 2,1-2,7 mtr., dan beratnya sekitaran 99,7-159 kg.

Burung unta datang dari Afrika dan hasilkan telur terbesar dari semua hewan darat yang hidup. Burung ini tidak bisa terbang. Meskipun begitu, mereka ialah pelari yang kuat. Kecepatannya capai 70 km /jam. Sayapnya bisa dipakai untuk ganti arah saat lari.

Kaki burung unta yang panjang bisa mengambil langkah sejumlah 16-26 mtr.. Kaki itu dapat dipakai sebagai senjata untuk serang. Satu ekor burung unta bisa menyepak dengan kemampuan sekitaran 141 kg per cm persegi.

Baik burung unta lokal atau liar dijumpai bisa serang manusia dengan sikap agresifnya secara perasaanah. Mereka dapat serang saat membuat perlindungan anaknya atau menjaga daerah.

Bahkan juga, dalam jurnal Annals of Medicine and Surgery disebut, saat burung unta serang seorang, mereka menyepak dengan kakinya yang kuat dan cakar panjang yang sanggup keluarkan isi perut atau membunuh seorang pada sebuah pukulan.

  1. Burung Terbesar di Dunia, Emu

Emu (Dromaius novaehollandiae) ialah burung terbesar ke-2 sesudah burung unta. Spesies ini epidemik di Australia dan bisa tumbuh sampai 1,75 mtr.. Emu mempunyai bulu-bulu lembut halus dengan macam warna abu-abu dan coklat, dan bulu-bulu hitam pada tangkai dan ujung bulu-bulu.

Emu mempunyai dua set kelopak mata, satu untuk berkedip-kedip dan yang lain untuk menahan debu masuk. Emu jantan mempunyai berat 50 sampai 55 kg dan betina mempunyai berat sekitaran 5 kg semakin banyak dibanding jantan.

Walau emu umumnya jinak dan relatif tenang, bila mereka berasa terhasut atau atau terancam, mereka dapat beresiko. Emu benar-benar agresif saat membuat perlindungan bayi mereka. Dengan kaki dan cakar yang kuat, mereka dapat serang dan mengakibatkan cidera serius.

  1. Burung Terbesar di Dunia, Kasuari

Kasuari (Casuarius) sebagai burung besar yang tidak dapat terbang. Spesies ini berkaitan dengan burung emu, unta, rhea, dan kiwi. Merilis National Geographic, ada tiga spesies kasuari yang berhabitat di Papua Nugini, Australia, dan beberapa pulau paling dekatnya.

Kasuari mempunyai bulu-bulu badan hitam dengan bulu-bulu biru ceria di bagian leher dan kepala. Tinggi kasuari dapat capai dua mtr. dan berat sampai 60 kg. Kaki kasuari yang kuat menolong mereka lari sampai kecepatan 50 km /jam.

Merilis Scientific American, kasuari populer beresiko dan bisa membunuh manusia. Kasuari benar-benar siaga pada manusia. Bila dihasut, mereka sanggup mengakibatkan cidera serius, bahkan juga fatal. Kasuari bisa membunuh manusia dengan tebasan kaki dan cakar yang tajam seperti belati.

  1. Burung Terbesar di Dunia, Rhea

Rhea (Rhea americana) ialah burung asli Amerika Selatan dan serumpun dengan burung unta dan emu. Burung besar ini berhabitat di pampas terbuka dan rimba di Argentina dan Brasil.

Rhea memakai kaki mereka yang panjang dan kuat untuk lari sampai kecepatan 70 km /jam. Walau sayapnya yang besar tidak bermanfaat untuk terbang, mereka memakainya untuk kesetimbangan dan mengganti arah saat lari.

Rhea jantan dewasa bisa tumbuh sampai 1,34-1,70 mtr. dan berat 26-36 kg. Dan rhea betina rerata mempunyai tinggi 1,35 mtr. dan berat sekitaran 32 kg. Walau rhea jantan bersaing saat musim kawin, rhea bukan burung yang agresif.

  1. Burung Terbesar di Dunia, Penguin Kaisar

Menurut World Wildlife Fund (WWF), penguin kaisar ialah tipe terbesar dari semua 18 spesies penguin yang ada. Tingginya capai 1,14 mtr. dan beratnya 40 kg. Tipe burung yang tidak dapat terbang ini memakai kantung lemak untuk menghangatkan tubuh dari temperatur berlebihan.

Mempunyai nama ilmiah Aptenodytes forsteri, burung ini bisa diketemukan di Antartika. Mereka hidup bergerombol untuk menghindar angin dan menghangatkan tubuh. Penguin kaisar betina bisa bertelur pada keadaan berlebihan. Kemudian, penguin kaisar jantan akan jaga telur sementara betina akan memburu ikan, cumi-cumi, dan krill di laut.

Penguin kaisar bisa menyelam sampai 457 mtr. dan bertahan lebih dari 20 menit. Saat menyelam, badan mereka mentolerir tingkat oksigen yang paling rendah pada darah. Ini menolong dalam mengurus oksigen secara efektif dan berperan pada kekuatan menyelam dan memburu makanan. (rf)

Selain artikel Burung Terbesar di Dunia, simak juga: Apakah Benar Ular Takut pada Kucing?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *