Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Bupati Minta Titik Rawan Banjir Parigi Moutong Bisa Diatasi

waktu baca 4 menit
Bupati Minta Titik Rawan Banjir Parigi Moutong Bisa Diatasi

Berita parigi moutong, sulawesitoday – Bupati H Samsurizal Tombolotutu minta seluruh titik rawan banjir di selatan Parigi Moutong bisa diatasi.

“Keluhan warga harus disahuti,” ungkap Bupati Parigi Moutong, H Samsurizal Tombolotutu, dalam rilis resmi Diskominfo Parigi Moutong, Rabu 18 Mei 2022.

Bupati meninjau wilayah lokasi Torue dan Sausu untuk menindaklanjuti keluhan warga akibat banjir belum lama ini di beberapa titik.

Saat meninjau, ia didampingi salah satu Anggota DPRD Parigi Moutong, Lely Pariani dan sejumlah pejabat lainnya.

Ada beberapa titik rawan banjir di wilayah selatan seperti Dusun IV dan Dusun V, Desa Tanahlanto, Kecamatan Torue, Sungai Tindaki, Sungai Torue, Sungai Dolago dan lainnya.

Berkaitan hal itu, Bupati perintahkan Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Parigi Moutong, Idran untuk terus berkoordinasi dan menyiapkan anggaran menyikapi banjir.

11 Rumah Terimbas Banjir di Desa Olaya

Beberapa puluh rumah masyarakat terimbas banjir di desa Olaya, Parigi Moutong, Sulawesi tengah.

“Banjir disebabkan jebolnya tanggul sungai,” ungkapkan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Parigi Moutong, Amiruddin, saat dijumpai Selasa 17 Mei 2022.

Dia menyebutkan, hujan deras semenjak pagi hari sampai pagi di daerah Parigi. Itu menjadi penyebab jebolnya tanggul sungai.

Air melimpah ke permukiman masyarakat di Desa IV, desa Olaya. Disitu sebagai muara sungai, jadi ada 11 rumah masyarakat terimbas.

Permukiman terimbas banjir katanya, sebagai sebagian besar rumah nelayan. Kelihatan, kubangan banjir bawa material lumpur.

Karena banjir, masyarakat di tempat mau tak mau simpan beberapa barang bernilai mereka ke arah tempat semakin aman.

Selain berita Bupati Minta Titik Rawan Banjir Parigi Moutong Bisa Diatasi, baca juga: Puluhan Rumah Terdampak Banjir di Desa Olaya, Parigi Moutong

Bupati Minta Titik Rawan Banjir Parigi Moutong Bisa Diatasi

“Kami selekasnya mengevaluasi lokasi banjir desa Olaya,” katanya.

BPBD Parigi Moutong akan lakukan pengkajian tehnis. Karena, tiap hujan deras durasi waktu lama, selalu menyebabkan air melimpah. Bahkan juga jadi berlangganan banjir.

Hasil dari pengkajian kelak katanya, baru dapat diambil kesimpulan poin utama untuk selekasnya dilaksanakan. Terhitung normalisasi sungai.

“Berkaitan normalisasi sungai, kami akan berbicara dengan Balai Wilayah Sungai Sulawesi III (BWSS III),” ucapnya.

Disamping itu, BPBD sedang konsentrasi mengawasi keadaan cuaca yang dikatakan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Pada pengatasan musibah hidrometeorologi, Pemda Parigi Moutong selekasnya mengevaluasi daerah-daerah awalnya sempat tergenangi.

Sementara itu, Asli Asis, masyarakat Desa empat desa Olaya menjelaskan, banjir menerpa daerah itu ada hubungannya dengan aktivitas tambang emas ilegal di desa Kayuboko, karena muara sungai desa itu pas ada di Olaya.

Dia menerangkan, awalnya jalur sungai di desa Olaya terutamanya sisi muara kecil, tetapi kedatangan tambang emas terjadi pengikisan dinding sungai sampai lebar.

“Jika hujan deras dengan durasi waktu lama, daerah kami selalu terjadi kubangan karena air sungai melimpah, dan kami di daerah hilir selalu terima efeknya,” tutur Asli.

Dia mengharap, Pemerintahan desa, dan Pemerintahan Daerah (Pemda) di tempat perlu lakukan cara nyata, agar keadaan itu tak lagi berulang-ulang.

“Sekiranya Pemda perlu lakukan normalisasi dan memasangkan bronjong agar dapat meredam debet air yang banyak saat musim penghujan terjadi,” tutup Asli. (**/rf)

Selain berita Bupati Minta Titik Rawan Banjir Parigi Moutong Bisa Diatasi, baca juga: BPBD Segera Turun ke Lokasi Banjir Desa Olaya, Parigi Moutong

 

tags: banjir hari ini,banjir bandang,penyebab banjir,berita banjir,banjir adalah,berita banjir hari ini,banjir rob,pengertian banjir,apa penyebab banjir,info banjir hari ini,banjir rob adalah,bencana banjir,info banjir,banjir 2022,banjir rob adalah salah satu dampak dari pemanasan global yang disebabkan oleh,penyebab terjadinya banjir,berita tentang banjir,info banjir terkini,banjir bandang hari ini,bagaimana terjadi nya banjir,bagaimana terjadinya banjir,banjir bandang adalah,kapan terjadi banjir,kapan terjadinya banjir,apa itu banjir,bencana alam banjir,arti banjir rob,banjir hari ini,banjir bandang,penyebab banjir,berita banjir,banjir adalah,berita banjir hari ini,banjir rob,pengertian banjir,apa penyebab banjir,info banjir hari ini,banjir rob adalah,bencana banjir,info banjir,banjir 2022,banjir rob adalah salah satu dampak dari pemanasan global yang disebabkan oleh,penyebab terjadinya banjir,berita tentang banjir,info banjir terkini,banjir bandang hari ini,bagaimana terjadi nya banjir,bagaimana terjadinya banjir,banjir bandang adalah,kapan terjadi banjir,kapan terjadinya banjir,apa itu banjir,bencana alam banjir,arti banjir rob.

Leave a Reply

Your email address will not be published.