Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Mengenal Budaya Minangkabau, Cek Infonya

waktu baca 2 menit
Mengenal Budaya Minangkabau, Cek Infonya

Budaya Minangkabau, edukasi sulawesitoday – Suku Minangkabau sebagai suku bangsa yang tinggal di Pulau Sumatera, persisnya ada di Propinsi Sumatera Barat.

Keunikan dari Suku Minangkabau ialah bahasa yang dipakai ialah bahasa Minang, berdasar cara penuturannya.

Bahasa Minang serupa bahasa Melayu. Selain bahasa ada keunikan yang lain yang membandingkan suku Minang dengan suku yang lain yang berada di Nusantara. Beberapa ciri kebudayaan Suku Minangkabau, diantaranya:

baca juga: Berikut Tiga Bentuk Fungsi Kuadrat

Adat Suku Minangkabau

Beberapa adat Suku Minangkabau, yakni:

Upacara Turun Mandi

Upacara turun mandi sebagai adat yang dikerjakan Suku Minangkabau. Arah dari upacara ini sebagai wujud rasa sukur ke Tuhan karena lahirnya seorang anak. Selain itu, untuk mengenalkan jika telah lahir seorang anak dari sebuah suku.

Dalam penyiapan upacara turun mandi itu perlu dilaksanakan beragam peralatan. Seterusnya, arak-arakan ke arah sungai tempat dilakukannya upacara Turun Mandi. Upacara itu cuma bisa dikerjakan di sungai.

baca juga: Penggunaan Produk Dalam Negeri Tembus Rp547 Triliun

Batagak Pangulu

Warga etnis Minangkabau hidup dalam budaya bersuku dan berkaum. Tiap suku umumnya mempunyai seorang penghulu suku. Saat sebuah suku atau golongan mengusung pimpinan kaumnya yang baru karena itu diselenggarakan upacara Batagak Pangulu.

Adapun keterangan upacara Batagak Pangulu ialah upacara besar sebagai adat warga Minangkabau. Acara ini umumnya diselenggarakan dengan menyembelih kerbau dan melangsungkan pesta acara sepanjang tiga hari bahkan satu minggu lama waktunya.

Selain artikel Budaya Minangkabau, simak juga: Ini Provinsi di Indonesia dan Ibukotanya

Upacara Batagak

Kudo-Kudo Upacara Batagak Kudo-Kudo sebagai adat yang berada di Minangkabau. Upacara ini sebagai sisi dari warga Minangkabau di saat membuat rumah.

Upacara Batagak Kudo-Kudo dilaksanakan saat sebuah rumah akan terpasang kuda-kuda. Dalam upacara ini lebih banyak mengundang orang daerah dan saudara dekat. Hadiah yang diusung tamu undangan umumnya ialah seng atau atap untuk rumah.

Keyakinan Suku Minangkabau

Warga yang tinggal di Minangkabau terhitung beragama Islam dengan patuh. Semua aturan kehidupan warga banyak dikuasai dan berdasar agama Islam.

Dalam aktivitas keagamaan, pelajaran agama dan aktivitas mengajar-belajar dilaksanakan dengan seorang Syekh atau Kyai.

Sistem kekeluargaan Suku Minangkabau

Sistem kekeluargaan yang berjalan pada warga di Suku Minangkabau ialah berpedoman mekanisme kekeluargaan matrilineal.

Dalam mekanisme kekeluargaan itu beberapa hal penting berdasar dengan turunan garis ibu atau pihak wanita. Maka, untuk anak wanita yang bisa mewariskan nama atau marga dari keluarga besarnya.

Selain artikel Budaya Minangkabau, simak juga: Apa Itu Sarkas dan Contohnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *