Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

BPBD Segera Turun ke Lokasi Banjir Desa Olaya, Parigi Moutong

waktu baca 3 menit
BPBD Segera Turun ke Lokasi Banjir Desa Olaya, Parigi Moutong

Berita parigi moutong, sulawesitoday – BPBD Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, segera turun ke lokasi banjir di Desa Olaya, Kecamatan Parigi.

“Kami ingin melakukan kajian teknis. Karena dengan kondisi hujan lebat durasi lama, selalu menjadi langganan banjir,” ungkap Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Parigi Moutong, Amiruddin, saat dikonfirmasi, Selasa 17 Mei 2022.

Dari hasil kajian itu kata dia, nanti bisa diambil kesimpulan. Mencatat poin-poin penting pengambilan tindakan, termasuk normalisasi sungai.

Selain itu, jalur koordinasi dengan Balai Wilayah Sungai Sulawesi III (BWSS III) terkait normalisasi sungai, terus ditingkatkan.

“Pemantauan kondisi cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga dilakukan. Pada penanganan bencana hidrometeorologi, Pemkab Parigi Moutong juga segera meninjau wilayah-wilayah sebelumnya sempat tergenang,” tuturnya.

Sejak subuh hingga pagi kata dia, hujan lebat mengguyur wilayah Parigi. Itu memicu adanya genangan di Dusun IV Desa Olaya.

Ia menjelaskan, banjir terjadi di Desa Olaya diakibatkan tanggul sungai jebol sehingga air meluap pemukiman warga, yang mana di laporkan kurang lebih 11 rumah warga terdampak genangan.

Pemukiman terdampak genangan merupakan rumah nelayan, yang mana genangan itu membawa material lumpur.

“Banyak warga mengamankan barang berharga miliknya ke tempat lebih aman,” ucapnya.

Selain berita BPBD Segera Turun ke Lokasi Banjir Desa Olaya, Parigi Moutong, baca juga: Puluhan Rumah Terdampak Banjir di Desa Olaya, Parigi Moutong

BPBD Segera Turun ke Lokasi Banjir Desa Olaya, Parigi Moutong

Banjir juga terjadi di Torue

Sebelumnya, Sebanyak 84 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir di Torue, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Menurut data BPBD Parigi Moutong, banjir akibat hujan intensitas sedang pada Sabtu 14 Mei 2022 itu menggenangi dusun IV hingga VI di Torue.

“Hujan terjadi 11.30 – 15.00 Wita,” rilis resmi BPBD Parigi Moutong, Sabtu 14 Mei 2022.

Akibat dari banjir itu sejumlah fasilitas umum mengalami kerusakan. Deucker di Dusun IV rusak dan jalan penghubung antara dusun Dusun V dan VI di Desa Tanalanto terputus.

Sementara untuk rumah warga tidak mengalami kerusakan ringan ataupun berat.

Kondisi terkini di Desa Tanalanto, warga yang rumahnya terendam banjir telah melakukan pembersihan.

Warga meminta perlunya normalisasi sungai menggunakan alat berat. Dan juga membutuhkan bantuan logistik.

Saat ini, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD tengah berkoordinasi dengan aparat desa setempat dan melakukan kaji cepat. (**/rf)

Selain berita BPBD Segera Turun ke Lokasi Banjir Desa Olaya, Parigi Moutong, baca juga: 84 KK Terdampak Banjir di Torue, Parigi Moutong

 

tags: banjir hari ini,banjir bandang,penyebab banjir,berita banjir,banjir adalah,berita banjir hari ini,banjir rob,pengertian banjir,apa penyebab banjir,info banjir hari ini,banjir rob adalah,bencana banjir,info banjir,banjir 2022,banjir rob adalah salah satu dampak dari pemanasan global yang disebabkan oleh,penyebab terjadinya banjir,berita tentang banjir,info banjir terkini,banjir bandang hari ini,bagaimana terjadi nya banjir,bagaimana terjadinya banjir,banjir bandang adalah,kapan terjadi banjir,kapan terjadinya banjir,apa itu banjir,bencana alam banjir,arti banjir rob,banjir hari ini,banjir bandang,penyebab banjir,berita banjir,banjir adalah,berita banjir hari ini,banjir rob,pengertian banjir,apa penyebab banjir,info banjir hari ini,banjir rob adalah,bencana banjir,info banjir,banjir 2022,banjir rob adalah salah satu dampak dari pemanasan global yang disebabkan oleh,penyebab terjadinya banjir,berita tentang banjir,info banjir terkini,banjir bandang hari ini,bagaimana terjadi nya banjir,bagaimana terjadinya banjir,banjir bandang adalah,kapan terjadi banjir,kapan terjadinya banjir,apa itu banjir,bencana alam banjir,arti banjir rob.

Leave a Reply

Your email address will not be published.