Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Empat Bomber Timnas Indonesia Pernah Jadi Top Scorer Piala AFF

waktu baca 3 menit
Empat Bomber Timnas Indonesia Pernah Jadi Top Scorer Piala AFF

Bomber Timnas Indonesia Top Scorer Piala AFF, sulawesitoday sports – Timnas Indonesia selama ini tidak pernah jadi juara di gelaran Piala AFF. Cuma enam gelar runner-up yang selama ini dapat dibanggakan Tim Merah-Putih.

Enam gelar runner-up itu tiba dari Piala AFF 2000, 2002, 2004, 2010. Selanjutnya pada edisi Piala AFF 2016 dan 2020.

Tetapi, di sejumlah edisi beberapa pemain Timnas Indonesia sanggup tampil jadi top scorer alias pembuat gol paling banyak.

Selama ini telah ada empat pemain Timnas Indonesia yang sanggup raih gelar itu. Mereka ialah Bambang Terakhir, Budi Sudarsono, Gemuk Doni Christiawan, dan Ilham Jayakesuma.

Delapan Gol Bepe pada 2002

Piala AFF 2002 jadi gelaran yang khusus untuk Bambang Terakhir. Pemain kelahiran, Salatiga, Jawa tengah itu sanggup raih gelar pembuat gol paling banyak dengan delapan gol.

Jumlah delapan gol itu sebagai yang paling banyak yang dapat dicatat pemain Timnas Indonesia pada sebuah gelaran Piala AFF.

Sayang, Bepe tidak berhasil akhiri Piala AFF 2002 dengan manis. Timnas Indonesia kalah melalui set beradu sepakan penalti dari Thailand di Stadion Gelanggang olahraga Bung Karno dalam putaran kedua laga final.

Budi Menjadi yang Paling akhir

Budi Sudarsono jadi top scorer Piala AFF 2008. Dia cetak empat gol waktu itu. Catatan gol Budi sama yang dicatat Agu Casmir (Singapura) dan Teerasil Dangda (Thailand).

Ketiganya juga jadi pembuat gol paling banyak bersama pada Piala AFF 2008. Sayang, Budi juga tidak dapat memberi titel juara untuk Indonesia pada Piala AFF 2008.

Waktu itu pergerakan Timnas Indonesia berhenti di set semi-final. Tim bimbingan Benny Dollo kalah atas Thailand dalam pertandingan dua leg.

Budi Sudarsono juga jadi pemain Indonesia paling akhir yang sanggup raih gelar top scorer di Piala AFF. Setalah itu pemain Thailand memimpin penghargaan itu.

Selain berita Bomber Timnas Indonesia Top Scorer Piala AFF, simak juga: Prospek Tiga Bek Muda Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Ilham Jaya Kesuma

Ilham Jaya Kesuma jadi unggulan di baris depan Timnas Indonesia di Piala AFF 2004, di mana dia berpasangan dengan Boaz Solossa yang waktu itu barusan perkuat Team Garuda.

Dalam empat laga, Ilham Jaya Kesuma sukses cetak tujuh gol yang membuat jadi top scorer di Piala AFF 2004, di mana dia cetak hattrick dalam kemenangan 8-0 atas Kamboja di babak group.

Sayang, kembali lagi Timnas Indonesia tidak berhasil lengkapi prestasi Ilham karena harus menjadi lagi runner-up sesudah kalah atas Singapura di partai final dengan agregat 2-5.

Gemuk Doni yang Pertama

Gemuk Doni Christiawan ialah penyerang pertama Timnas Indonesia yang sukses mencatat diri sebagai top scorer di Piala AFF. Gemuk yang memulai profesi di PSIS Semarang, sukses jadi top scorer di Piala AFF 2000 dengan catatan 5 gol.

Waktu itu, Gemuk Doni sukses bawa Team Garuda mengambil langkah sampai laga final, sesudah pada laga semi-final sukses cetak gol pahlawan kemenangan atas Vietnam yang dibikinnya pada set ekstra time.

Sayang, Team Garuda harus kalah atas Thailand di laga final, di mana itu pertama kali Timnas Indonesia menyikat predikat runner-up di Piala AFF yang dahulu dikenali dengan istilah Piala Tiger.

Jejeran Pemain Timnas Indonesia yang Jadi Top Scorer di Piala AFF

– Piala AFF 2000: Gemuk Doni Christiawan (5 gol)

– Piala AFF 2002: Bambang Terakhir (8 gol)

– Piala AFF 2004: Ilham Jayakesuma (7 gol)

– Piala AFF 2008: Budi Sudarsono (empat gol) (rf)

Selain berita Bomber Timnas Indonesia Top Scorer Piala AFF, simak juga: Pakai Kostum Tentara Salib, Fans Inggris Dilarang Masuk Stadion

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *