Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Berlibur ke Destinasi Wisata Kalimantan Selatan

waktu baca 6 menit
Berlibur ke Destinasi Wisata Kalimantan Selatan. (Foto: Via Zerie)

Wisata Kalimantan Selatan, wisata sulawesitoday – Provinsi yang terletak pada bagian paling selatan dari Pulau Kalimantan ini mempunyai banyak daya magnet yang jangan dilewati sedikitpun oleh beberapa pelacak keelokan Indonesia.

Ingin opsi spot wisata apakah yang Sahabat harapkan, Kalimantan Selatan nyaris mempunyai semua. Mau pulau dan pantai yang kece, atau daratan tinggi yang istimewa, tinggal tentukan dan datang saja, karena semua siap menanti Sahabat.

Berikut Destinasi Wisata Kalimantas Selatan:

1. Pasar Terapung Lok Baintan

Pasar Terapung Lok Baintan ialah tempat yang wajib Sahabat datangi jika bertsahabatng ke Kalimantan Selatan. Di mana Sahabat dapat mendapati pasar terapung yang demikian iconic, dengan sistem transaksi bisnis yang tradisionil.

Banyak beberapa spot bagus yang dapat Sahabat peroleh, juga begitu dengan aktivitas masyarakatnya. Tetapi, Sahabat tidak dapat asal-asalan tiba kesini lho ya.

Untuk memperoleh kesan dan pengalaman terbaik di Lok Baintan, tips-nya ialah tiba dengan memakai perahu klotok dari pusat Kota Banjarmasin setelah waktu sholat Subuh, cicipi makan pagi pagi ciri khas Kalsel dan yang paling penting, jangan sampai buang sampah di sungai!

2. Danau Biru Pengaron

Berada di Kabupaten Banjar, danau ini tampilkan keelokan yang alami. Airnya warna biru, dengan beberapa tebing hasil kerukan alat berat melingkari danau tersebut.

Kombinasi warna air yang biru dan struktur tanah yang berwarna-warna munculkan keelokan tertentu. Belum juga semburat warna hijau dari pohon-pohonan dan rumput dan ilalang yang berada di pucuk bukit, seolah menambahkan eksotisme tempat ini.

Beberapa spot memikat buat jadi latar belakang berpose Sahabat. Tetapi, teguran keras tidak untuk berenang di sini, karena susunan tanah yang labil dan beresiko.

3. Waduk Riam Kanan

Lepas dari pro-kontra itu, panorama dan pemsahabatngan di waduk tersebut memang cantik. Situasi yang tenang dan syahdu, alam bukit-bukit yang hijau, menambahkan keelokan dan keasrian Waduk Riam Kanan.

Pengunjung bisa juga berenang, atau bahkan juga lakukan snorkeling, tetapi warga lokal tidak sediakan alat dan kelengkapan untuk kegiatan itu.

Yang memikat ialah situasi yang menentramkan di danau itu. Panoramanya yang asri menambahkan nilai untuk berekreasi pada tempat ini.

4. Rimba Pinus Mentaos

Bagaimana tidak, selainnya atmosfernya yang dingin, Rimba Pinus Mentaos cozy sekali untuk santai.

Di beberapa pojok, ada payung-payung menggantung ber beragam warna yang diatur rapi dan menjadi latar belakang keren untuk beberapa foto.

Ada pula pojok hammock yang tidak kalah asyik. Santai sekalian bergelantung juga bisa juga hebat, kan?

Ingin sekalian olahraga? Dapat. Ada jogging trek antara 119 tipe tanaman yang demikian bermacam yang hebat. Dan luar biasanya kembali, semuanya dapat dicicipi gratis.

5. Rumah Pohon Cempaka

Tidak gampang untuk mendapati tempat ini. Selainnya tempatnya yang terselinap, kurang sekali petunjuk jalan untuk dapat sampai ke arah.

Tetapi sesampai di salah satunya wisata unggulan di Dusun Untung Jaya ini, Sahabat tentu ingin langsung selekasnya melakukan aktivitas di situ.

Dengan ide wisata alam outbound, Rumah Pohon Cempaka sediakan beberapa sarana yang asyik, terhitung salah satunya beberapa spot rumah pohon untuk berswafoto.

Ada juga jembatan menggantung yang tetap bergoyang saat Sahabat lalui. Situasi yang dingin menambahkan keasikan habiskan waktu di sini.

Namun, ada beberapa hal yang harus dibenahi, khususnya menambahkan sarana umum seperti tempat makan. Karenanya , jalan masuk kesini belum juga diambil ongkos. Gratis… tis!

6. Guntung Nyaru

Beberapa hal yang eksotik selalu memikat buat didatangi, khususnya yang terbentuk secara alami. Guntung Nyaru di Bungkukan terhitung salah satunya.

Spot ini sebagai kolam alami antara batu-batuan, bukit-bukit dan lanscape tanah yang terselinap. Karena keadaan itu , Guntung Nyaru terbangun keasrian dan kealamiannya.

Sesudah datang pada tempat ini, Sahabat seolah diundang untuk langsung habiskan waktu dengan merendam. Tetapi masih tetap siaga ya dengan keadaan perairan di danau kecil yang cukup dalam ini.

Yang jadikan Guntung Nyaru khusus ialah lokasinya yang terselinap, dan lanscape bukit-bukit yang berada di sekitar lokasi. Ditanggung tiap spot yang ada akan membuat hasil photo Sahabat berasa eksotis.

7. Taman Rimba Rakyat Sultan Adam

Dari lokasi yang dikenal juga sebagai Tahura Mandiangin ini Sahabat dapat nikmati bukit-bukit hijau di daerah Banjar. Disamping itu, dari terlalu jauh, Sahabat bisa juga melihat luasnya Waduk Riam Kanan.

Ke arah pucuk bukit, Sahabat pun disajikan bermacam lokasi yang hebat, mulai dar kolam dan puing bangunan benteng Belsahabat sampai alam pegunungan dan bukit-bukit yang asri.

Di satu segi bukit, Sahabat bisa juga menemui penangkaran rusa Sikat. Bila ingin, Sahabat dapat memberi hewan-hewan jinak ini makan, atau berpose.

Tidak cuma hanya itu, bila tiba di saat dan di lokasi yang pas, Sahabat bisa juga melihat awan yang bergerak perlahan-lahan tutup lanscape bumi di atas. Sangat indah!

8. Bukit Masak Kaladan

Dari pucuk bukit yang ada di Kecamatan Aranio, Banjar ini, Sahabat dapat melihat Waduk Riam Kanan dari pojok yang seutuhnya berlainan. Tidak boleh bertanya kembali keelokan yang dijajakan.

Namun, diperlukan usaha sangat keras untuk dapat sampai ke pucuk. Jalur yang naik dengan lereng bukit yang tajam jadi lajur yang perlu dilakukan.

Tetapi, Sahabat dapat habiskan waktu sebanyak-banyaknya setelah tiba di arah. Ada pula beberapa spot yang memikat buat berpose dengan view, yang pasti mengundang banyak ‘like’ untuk account Instagram Sahabat.

9. Pulau Samber Gelap

Namanya memang gahar, tetapi pulau tropis di ujung Kalimantan Selatan ini jadi surga untuk beberapa penyelam karena keelokan bawah lautnya.

Dengan kualitas air yang jernih dan terumbu karang yang bermacam dengan struktur yang cantik, snorkeling dan diving jadi aktivitas yang wajib Sahabat kerjakan bila liburan di Pulau Samber Gelap ini.

Tidak dapat berenang, atau takut air? Tidak perlu cemas, alam dan pemsahabatngan di pulau Samber Gelap juga cantik. Bermain di pantai dengan pasirnya yang putih juga hebat.

Sahabat bisa juga turut mengambil sisi dalam aktivitas pelestarian penyu di pulau ini. Atau Sahabat juga bisa salurkan hoby memancing, dengan ikan sasaran intinya ialah Tengiri.

10. Pantai Birahbirahan

Tidak dapat dipungkuri, bertsahabatng ke beberapa pulau eksotik di Kalimantan Selatan jadi aktivitas yang mengagumkan.

Bagaimana tidak, Sahabat dapat memperoleh beberapa hal pada sebuah lawatan. Bertsahabatng ke pulau Birahbirahan misalkan, di mana Sahabat dapat nikmati alam bawah laut, pulau dan salurkan hoby, sekalian melihat pemsahabatngan alam yang mengagumkan cuma di satu tempat.

Untuk nikmati alam bawah laut, Pantai Birahbirahan mempunyai keadaan air yang bagus. Untuk snorkeling dan diving, keadaan airnya jernih, dan terumbu karangnya variasi dan cantik.

Ingin salurkan hoby memancing? Bisa juga. Ada bermacam ikan kecil yang dapat Sahabat peroleh, atau bahkan juga hiu dan ikan pari. Bila untung, Sahabat bisa juga melihat lumba-lumba, lho!

Sementara untuk nikmati pemsahabatngan sunset, Sahabat tidak perlu harus tinggalkan pantai karena lokasinya cocok sekali untuk memperoleh kesannya. Seru sekali! (WS)

Selain artikel Berlibur ke Destinasi Wisata Kalimantan Selatan, baca juga:Destinasi Wisata Rekomendasi Untuk Dikunjungi di Samarinda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *