Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Berikut Sejarah Nuzulul Qur’an dan Amalan Terbaik Bisa Dilakukan

waktu baca 5 menit
Sejarah Nuzulul Qur'an dan Amalan Terbaik Bisa Dilakukan

Features, sulawesitoday.com – Berikut sejarah nuzulul Quran dan amalan terbaik bisa dilakukan di bulan suci Ramadhan.

Nuzulul Qur’an merupakan salah satu peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam. Di Indonesia, Nuzulul Qur’an diperingati setiap tanggal 17 Ramadhan.

Nuzulul Qur’an Malam selalu diisi dengan doa, ceramah atau kajian khusus tentang Nuzulul Qur’an. Nuzulul Qur’an juga diperingati dalam bentuk acara seperti asidah, pentas seni dan acara syukuran.

Nuzulul Qur’an adalah peristiwa yang berkaitan dengan turunnya Al Qur’an. Pada malam Nuzulul Qur’an, umat Islam berlomba-lomba mencari berkah dengan amal saleh. Nuzulul Qur’an merupakan momen penting bagi umat Islam.

Nuzulul Quran memiliki makna dan sejarah peristiwa penting yang  diketahui seluruh umat Islam.Selain Sholat Nuzulul Qur’an, amalan lain seperti Bacaan Al Qur’an, Sholat, dll.

Peristiwa Nuzulul Qur’an

Nuzulul Qur’an merupakan peristiwa diturunkannya Al Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW. Peristiwa Nuzulul Qur’an  tertulis  dalam Surah AlBaqarah Ayat 185:

Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi umat manusia dan penjelasan tentang petunjuk itu dan perbedaannya (antara kebaikan dan kejahatan)”.

Ketika wahyu berupa Al-Qur’an diturunkan oleh Nabi Muhammad SAW, di Gua Hira, ketika tiba-tiba datang Malaikat Jibril untuk menyampaikan wahyu tersebut. Wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad adalah ayat Surah Al Alaq 15. Para ulama memberikan dua kemungkinan: Jibril menjelma menjadi manusia, atau sebaliknya.

Mengenai waktu dan tanggal pasti terjadinya peristiwa tersebut, terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama, ada yang berpendapat bahwa peristiwa itu terjadi pada bulan Rabiul Awal pada tanggal 8 atau 18 (18 menurut riwayat Ibnu Umar), yang lain di bulan Rajab pada tanggal 17 atau 27 menurut riwayat Abu Hurairah, dan yang lainnya  pada bulan Ramadhan pada tanggal 17 (AlBara ‘bin Azib), 21 (Syekh AlMubarakfuriy) dan 24 (Aisyah, Jabir dan Watsilah bin Asqo’).

Selain artikel Sejarah Nuzulul Qur’an dan Amalan Terbaik Bisa Dilakukan, baca juga: Tim Inafis Polda dan Polres Palu Diturunkan ke Lokasi Kebakaran Pasar Inpres Manonda

Teori Wahyu Al-Qur’an

Istilah Nuzulul Qur’an biasanya diperingati pada malam  17 Ramadhan, sebagai malam  pertama Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad di Gua Hira oleh malaikat Jibril. Satu ternyata penuh. Inilah teorinya:

Teori pertama

Pada malam lilatul qadar, Al-Qur’an dalam bentuk lengkap dan lengkap dikirim ke langit dunia. Setelah itu, dari langit dunia, Al-Qur’an diturunkan ke bumi secara bertahap sesuai kebutuhan selama periode 20/23/25 tahun.

Teori Kedua

Makna Nuzulul Qur’an juga dijelaskan  bahwa Al Qur’an diturunkan ke langit dunia selama 20 malam lailatul qadar dalam 20 tahun (lailatul qadar turun hanya setahun sekali). itu dibacakan kepada Nabi Muhammad SAW sesuai kebutuhan.

Teori Ketiga

Al-Qur’an pertama kali diturunkan pada malam lailatul qadar.Selain itu, Al-Qur’an diturunkan ke bumi pada tahap dan waktu yang berbeda.

Perbedaan Lailatulqadar dan Nuzulul Qur’an

Tidak jarang Nuzulul Qur’an  disamakan dengan Lailatulqadar Meskipun keduanya terkait dengan turunnya Al-Qur’an, keduanya merupakan peristiwa yang berbeda.

Nuzulul Qur’an adalah peristiwa ketika Jibril menurunkan wahyu berupa Al-Qur’an dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. ilahiyah) yang kemudian secara bertahap dibawa dari Jibril  kepada Rasulullah SAW. Karena itu, malam lailatul qadar, hanya Allah SWT yang tahu.

Keistimewaan Nuzulul Qur’an

Keistimewaan Nuzulul Qur’an yang pertama adalah peristiwa ini  menguatkan hati Nabi dan para sahabatnya untuk terus berjuang dalam dakwah dan menyebarkan Islam kepada semua. , hinaan dan  siksaan oleh musuh-musuh Islam.

Keistimewaan selanjutnya adalah Nuzulul Qur’an merupakan  tantangan dan pertolongan dari Allah agar umat Islam tetap berjuang di jalan Allah dan mengharap keridhaan Allah.Nuzulul Qur’an juga memiliki keistimewaan ketika datang ke acara turunnya wahyu Allah dalam bentuk Al Qur’an sebagai pedoman hidup dan menjawab semua pertanyaan manusia mengenai berbagai topik mulai dari fiqh, hukum hingga hal-hal lain yang sangat penting.

Amalan yang bisa dilakukan saat Nuzulul Qur’an

Diriwayatkan dalam Bukhari Hadits,

“Dulu, Malaikat Jibril bertemu dengan Rasulullah setiap malam Ramadhan lalu membaca Al-Qur’an bersamanya.”

Amalan yang bisa dilakukan pada malam pertama nuzulul-qur’an adalah istikomah dengan membaca Al-Qur’an, setidaknya berusahalah untuk menyelesaikan bacaan Al-Qur’an satu kali selama bulan Ramadhan ini.

Selanjutnya, amalan yang dilakukan pada malam Nuzulul Qur’an adalah melakukan I’tikaf atau berdiam diri di masjid pada malam hari. Melakukan I’tikaf sebagai amalan yang dilakukan pada malam Nuzulul Quran tidak hanya berarti berdiam diri dan tidur  di masjid tetapi mengisi malam, bisa dilakukan dengan mengingat Allah SWT atau membaca Al Quran. Nanti juga bisa  mengisi malam  quran dengan nuzulul dengan memperbanyak sholat malam dan sholat. Amalan yang dilakukan pada malam nuzulul quran ini dapat membuat anda semakin menghargai betapa sakral dan pentingnya acara turunnya quran. Muslim adalah.

Sholat Nuzulul Quran

Ada banyak Sholat Nuzulul Quran yang bisa diamalkan. Mulai dari berdzikir hingga menyanyikan ayat-ayat Alquran. Berikut ini contoh Sholat Nuzulul Quran:

Allahumma nawwir quluubanaa bi tilawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur aan, wa hassin a’maalanaa bi dzikril qur aan, wa najkhinaa minan faa’til bi syao.

“Ya Allah, cerahkan hati kami dengan membaca Al-Qur’an, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Al-Qur’an, tingkatkan amalan kami dengan dzikir melalui Al-Qur’an, peliharalah kami dari api neraka karena kemuliaan Al-Qur’an, di antara kami  dalam surga dengan syafaat Al-Qur’an.” (**)

Selain artikel Sejarah Nuzulul Qur’an dan Amalan Terbaik Bisa Dilakukan, baca juga: MUI Sesali Peristiwa Penumpukan Minyak Goreng di Palu

 

tags: nuzulul qur’an,al qur an diturunkan pada tanggal,al quran diturunkan pada tanggal,alquran diturunkan pada tanggal,peristiwa turunnya al quran disebut,peristiwa turunnya al-qur’an disebut,berapa lama al quran diturunkan,berapa lama alquran diturunkan,al qur’an diturunkan pada bulan,al quran diturunkan pada bulan,al-qur’an diturunkan pada bulan,alquran diturunkan pada bulan,nuzulul quran artinya,nuzulul quran tanggal, nuzulul qur’an,al qur an diturunkan pada tanggal,al quran diturunkan pada tanggal,alquran diturunkan pada tanggal,peristiwa turunnya al quran disebut,peristiwa turunnya al-qur’an disebut,berapa lama al quran diturunkan,berapa lama alquran diturunkan,al qur’an diturunkan pada bulan,al quran diturunkan pada bulan,al-qur’an diturunkan pada bulan,alquran diturunkan pada bulan,nuzulul quran artinya,nuzulul quran tanggal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.