Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Berikut Niat dan Keutamaan Zakat Fitrah

waktu baca 4 menit
Ini Niat dan Keutamaan Zakat Fitrah

Berita sulawesitoday.com – Zakat fitrah adalah sifatnya wajib untuk laki-laki ataupun perempuan Muslim pada bulan Ramadan menjelang Idul Fitri. Berikut niat dan keutamaan zakat fitrah.

Hukum wajib zakat fitrah sesuai dengan sabda Rasulullah SAW dalam salah satu haditsnya:

“Rasulullah telah mewajibkan mengeluarkan Zakat Fitrah (pada bulan Ramadhan kepada setiap manusia).” (HR. Bukhari – Muslim).

Adapun beberapa macam zakat fitrah memakai makanan atau keperluan primer dari satu daerah berkaitan seperti beras, gandum, kurma, susu dan lain-lain. Menurut sebagian besar opini ulama jika zakat fitrah dikeluarkan dengan kandungan ukuran 1 sha atau sekitaran 2,5 sampai 3,0 kg.

Zakat fitrah mempunyai kelebihan dan faedah, satu diantaranya bisa hilangkan kejelekan yang ada di diri manusia. Disamping itu, ada banyak kelebihan zakat fitrah yang lain yang harus tahu umat Muslim.

Berikut bacaan niat zakat fitrahuntuk diri kita dan bagian keluarga yang lain dan kelebihan zakat fitrah yang:

Selain artikel Ini Niat dan Keutamaan Zakat Fitrah, baca juga: 1,6 Miliar Rupiah Dana Zakat 2021 Terkumpul di BAZNAS Parigi Moutong

Kelebihan Zakat Fitrah

Ada banyak kelebihan zakat fitrah yang didapat seorang muslim bila ingin menjalankannya. Berikut sejumlah kelebihan zakat fitrah yang perlu untuk dipahami, salah satunya:

Diampuni Kekeliruan dan Dosa-Dosanya

Seorang muslim yang bayar zakat, karena itu kekeliruan dan dosa-dosanya akan diampuni oleh Allah SWT. Tidak itu saja, Allah SWT sudah jamin untuk tiap muslim yang membangun shalat dan menjalankan zakat akan ditanggung masuk surga. Seperti dalam Al-Quran Surat Al-Maidah: 12, Allah SWT berfirman:

“Dan Sesungguhnya Allah telah mengambil Perjanjian (dari) Bani Israil dan telah Kami angkat diantara mereka orang pemimpin dan Allah berfirman:

“Sesungguhnya aku beserta kamu, Sesungguhnya jika kamu mendirikan shalat dan menunaikan zakat serta beriman kepada rasul-rasul-Ku dan kamu bantu mereka dan kamu pinjamkan kepada Allah pinjaman yang baik Sesungguhnya aku akan menutupi dosa-dosamu. dan Sesungguhnya kamu akan Kumasukkan ke dalam surga yang mengalir air didalamnya sungai-sungai. Maka Barangsiapa yang kafir di antaramu sesudah itu, Sesungguhnya ia telah tersesat dari jalan yang lurus.” (QS. Al-Maidah: 12).

Harta Jadi Lebih Berberkah

Kelebihan zakat fitrah seterusnya, yakni bisa jadikan harta yang dipunyai jadi lebih karunia. Hingga tiap muslim yang menjalankan zakat karena itu harta yang dipunyainya akan barakah. Seperti hadits berikut, Rasulullah SAW bersabda: “Sedekah (zakat) tidak akan mengurangi harta” (HR. Muslim).

Adapun tujuan hadits di atas adalah jika zakat seorang tidak kurangi hartanya sedikitpun. Walau harta seorang menyusut, namun sesudah dizakati karena itu harta seorang jadi lebih karunia. Seperti yang diterangkan oleh imam an-Nawawi dalam kitab Syrah an-Nawawi ala-ala muslim, maknanya:

“Di dalam hadits di atas ulama menyebutkan dua sisi. Satu, hartanya akan diberkahi, dijauhkan dari bahaya-bahaya kemudian kekurangan hartanya ditutupi dengan berkah yang samar. Hal ini terlihat nyata dan terbukti secara adat. Kedua, meskipun kelihatannya berkurang sebab dizakatkan, namun hartanya berada di dalam pahala yang akan menutupi kekurangan hartanya tersebut dan akan mendatangkan tambahan lipat ganda” (an-Nawawi, Syarh an-Nawawi ‘ala Muslim, Beirut, Dar Ihya’ at-Turats al-‘Arabi, cetakan kedua, 2003, jilid XVI halaman 141)

Menghapuskan Kekeliruan

Kelebihan zakat fitrah seterusnya, yakni menghapuskan kekeliruan. Seorang muslim yang bayar zakat akan dibukakan pintu rejeki dan dihapus kekeliruannya. Ini seperti yang disebut dalam salah satunya hadits berikut, maknanya: “Sedekah dapat memadamkan kesalahan sebagaimana air dapat memadamkan api.” (HR. Tirmidzi no. 609)

Bacaan Niat Zakat Fitrah

Saat melakukan zakat fitrah, disarankan untuk kaum muslim untuk membaca doa berniat zakat fitrah. Ini enam doa berniat zakat fitrah harus dijumpai:

  1. Doa niat zakat fitrah untuk diri sendiri;

ﻧَﻮَﻳْﺖُ أَﻥْ أُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْسيْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an nafsi fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri fardhu karena Allah Taala.”

  1. Doa niat zakat fitrah untuk diri dan keluarga;

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَنِّيْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُنِيْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri anni wa an jami’i ma yalzimuniy nafaqatuhum syar’an fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku fardhu karena Allah Taala.”

  1. Doa niat zakat fitrah untuk anak perempuan;

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺑِﻨْﺘِﻲْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an binti fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak perempuanku ……(sebutkan nama), fardhu karena Allah Taala.”

  1. Doa niat zakat fitrah untuk anak laki-laki;

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻭَﻟَﺪِﻱْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an waladi fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-lakiku ……(sebutkan nama), fardhu karena Allah Taala.”

  1. Doa niat zakat fitrah untuk orang yang diwakilkan;

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ (..…) ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an (……) fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk……..(sebutkan nama spesifik), fardhu karena Allah Taala.”

  1. Doa niat zakat fitrah untuk istri;

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺯَﻭْﺟَﺘِﻲْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an zaujati fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk istriku fardhu karena Allah Taala.” (**)

Selain artikel Berikut Niat dan Keutamaan Zakat Fitrah, baca juga: 53 Ton Minyak Goreng Sitaan di Sulteng Dialokasikan ke Pasar

Leave a Reply

Your email address will not be published.