Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Berapa Lama Buaya Bisa Bertahan Dalam Air?

waktu baca 2 menit
Berapa lama buaya bisa bertahan dalam air, (Foto: unsplash)

Berapa lama buaya bisa bertahan dalam air, sains sulawesitoday – Buaya sebagai reptil yang bisa hidup di air dan di darat. Tetapi, tidak seperti ikan, buaya tidak bernapas saat ada di dalam air.

Seperti manusia, buaya meredam napasnya saat menyelam di air. Tetapi, buaya mempunyai kekuatan meredam napas yang semakin kuat dibanding manusia.

Berapa lama buaya bisa bertahan dalam air?

Buaya bukan ikan, maka seperti reptil semi-akuatik yang lain, buaya bisa menyelam dan bertahan lama di bawah air, tapi selalu harus ada ke atas untuk memperoleh udara.

Dibanding manusia, buaya bisa menyelam lebih lama.

Dikutip dari AZ Animals, rerata, buaya bisa menyelam di air sepanjang 10 sampai 20 menit, tetapi buaya bisa istirahat di bawah air sampai dua jam dalam kondisi genting.

Selain itu, buaya tetap menyelam sampai 8 jam di dalam air yang paling dingin. Meskipun begitu, buaya jarang-jarang menyelam sepanjang itu, terkecuali mereka dalam bahaya atau brumat (jadi tidak aktif) saat cuaca dingin.

Memburu ialah argumen khusus buaya menyelam ke dalam air. Selain itu, santai di bawah air nampaknya membahagiakan untuk beberapa reptil.

Mengapa buaya tidak bisa bernapas di dalam air?

Sebagai reptil, buaya mempunyai paru-paru yang paling berlainan dengan manusia. Tapi, tidak seperti ikan, buaya tidak mempunyai insang.

Buaya tidak bisa bernapas di bawah air, jadi mereka cuma mempunyai kekuatan meredam napas yang kuat saat mereka menyelam dalam saat yang lama.

Karena paru-paru buaya memiliki kandungan semakin banyak nitrogen dibanding paru-paru manusia, mereka bisa bertahan di bawah air untuk saat yang lebih lama tanpa alami merasa sakit.

Walau terkadang buaya terlihat bernapas di bawah air, mereka cuma bisa bernapas saat lubang hidungnya bersinggungan dengan udara. Moncong buaya memungkinkannya mereka untuk nyaris seutuhnya menyelam saat lagi bernapas. (rahma)

Baca juga: Mengapa Gajah Takut pada Lebah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *