Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Bentuk Bumi Bulat atau Datar? Ini Keterangan dalam Alquran

waktu baca 3 menit
Bentuk Bumi Bulat atau Datar? Ini Keterangan dalam Alquran

Bentuk bumi bulat atau datar, ragam sulawesitoday – Astronot Arab, Hazza Al Mansouri baru-baru ini pulang dari stasiun luar angkasa International Ruang Station (ISS). Ia perlihatkan tidak ada bentuk bumi datar. Ia menyaksikan sendiri kalau bumi bulat.

Di 3 Oktober lalu, astronot ini kembali pada Kazakhstan seusai 8 hari ada pada stasiun luar angkasa International Ruang Station (ISS). Dia jadi orang pertama dari Uni Emirat Arab yang menelusuri antariksa.

Dalam pertemuan persnya, Hazza lihat sendiri serta memberikan keyakinan kalau tidak ada bumi datar sama yang diakui beberapa orang. “Dia (Bumi-red) bulat, saya udah menyaksikan sendiri dengan mata saya maka dari itu saya bisa mengucapkannya di Anda,” terang Hazza.

BACA JUGA: Bentuk Bumi Bulat atau Datar? Ini Keterangan dalam Alquran

Berkaitan bentuk bumi bulat udah lama diperjelas dalam Alquran. Salah satunya sains Alquran yang pastikan bentuk bumi bulat yakni mengenai berlangsungnya malam serta siang. Dalam buku dengan judul “40 Sumpah Terdahsyat Dalam Alquran: Mengutarakan Rahasia Ayat-ayat sumpah oleh Muhammad Hatta al-Fattah, Lc. MA mengatakan kenyataannya transisi siang dan malam di belahan bumi secara terus-terusan adalah lambang atas bentuk bumi.

Jika bumi tak bulat pastinya fenomena-fenomena itu tak hendak terjadi dan bukti amat simple merupakan perubahan malam dan siang. Data ilmiah ini udah disyaratkan Alquran lebih dari pada 14 era lalu, di saat manusia masih berpikiran bumi datar, sekalinya sejumlah ulama abad dahulu udah mempunyai pikiran maju.

Bila bumi datar atau tidak bulat serta tidak berputar-putar dan tersebar mengorbit matahari, karena itu tidak ada berlangsungnya pertukarang siang serta malam. Salah satunya bukti yang memperlihatkan bumi berupa bulat ada pada surat Az-Zumar ayat 5:

خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ بِالْحَقِّ ۖ يُكَوِّرُ اللَّيْلَ عَلَى النَّهَارِ وَيُكَوِّرُ النَّهَارَ عَلَى اللَّيْلِ ۖ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ ۖ كُلٌّ يَجْرِي لِأَجَلٍ مُسَمًّى ۗ أَلَا هُوَ الْعَزِيزُ الْغَفَّارُ

Berarti: Ia membikin langit serta bumi dengan (arah) yang betul, Ia menutupkan malam atas siang serta menutupkan siang atas malam dan tundukkan matahari serta bulan, masing-masing jalan menurut jam yang dipastikan. Pikirlah Dia Yang Maha Superior kembali Maha Pemberi ampun.

Selain artikel bentuk bumi bulat atau datar, baca juga: Wisata Malam Jakarta, Ini 18 Tempat Favorite Melepaskan Penat

Disamping itu, beberapa ayat Alquran mengenai bumi bulat pun mengibaratkan bumi sebagai malam serta siang, sama dalam ayat:

“Dan Dia-lah yang sudah membikin malam serta siang, matahari serta bulan. Semasing dari ke-2 nya itu tersebar dalam garis edarnya.” (QS: al-Anbiyaa’ 21:33)

Alquran udah terlebih dahulu memperjelas dasar ilmiah ini semenjak 14 masa lalu, seperti dalam firman Allah:

“Dan satu pertanda (kekuasaan Allah yang besar) buat mereka merupakan malam, Kami tanggalkan siang dari malam itu, jadi dengan serentak mereka ada dalam kegelapan.” (QS: Yaasiin 36: 37).

Ayat-ayat yang memperjelas terkait malam serta siang pula sebagai kode kalau bumi jaman dulu di awalnya pembuatan pernah menyinari beberapa peristiwa alam, seperti pada firman Allah:

“Dan Kami buat jadi malam dan siang selaku dua pertanda, lalu Kami hapuskan pertanda malam dan Kami bikin jadi pertanda siang itu jelas, supaya kamu cari anugerah dari Tuhanmu, serta biar kamu mengenal bilangan beberapa tahun dan kalkulasi serta segala hal udah Kami jelaskan secara jelas.” (QS. al-Israa’ (17): 12).

Tidaklah ada bumi datar, Alquran udah memperjelas jika bentuk bumi bulat. (rf)

Selain artikel bentuk bumi bulat atau datar, baca juga: Jelajah Pesawat Ruang Angkasa Capstone NASA Capai 951.908 Mil

Leave a Reply

Your email address will not be published.